Logo Bee Web

Contoh Studi Kelayakan Bisnis dan Penjelasannya

Contoh Studi Kelayakan Bisnis sebenarnya harus diketahui oleh seluruh pengusaha sebelum membangun sebuah perusahaan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 9 May 2023

Contoh Studi Kelayakan Bisnis sebenarnya harus diketahui oleh seluruh pengusaha sebelum membangun sebuah perusahaan. Bisnis ini sebenarnya merupakan salah satu keputusan yang paling umum dilakukan oleh seseorang untuk bisa mencapai kesuksesan finansial.

Apabila saat ini Anda berencana untuk membangun sebuah perusahaan yang baru, sebenarnya ide saja tidak cukup untuk mendapatkan kesuksesan. Ada berbagai macam faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memulainya.

Mengenal Apa Itu Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Pada umumnya, memang studi kelayakan ini sangat penting untuk memulai suatu bisnis. Namun, kenyataanya masih banyak pengusaha yang sering mengabaikannya dan tidak peduli. Hal ini tentu saja akan berakibat fatal pada bisnis itu sendiri.

Pada dasarnya, sebagian besar usaha yang perencanaan tidak matang akan mengalami kegagalan dan tidak mungkin berhasil. Oleh karena itu, dibutuhkan sekali yang namanya Studi kelayakan bisnis.

Umumnya, studi kelayakan ini seringkali disebut dengan studi profitabilitas yang merupakan salah satu kriteria paling penting ketika seseorang ingin memulai suatu usaha. Anda harus bisa lebih berhati-hati saat memulai suatu bisnis.

Jadi jangan sampai produk yang dijual malah tidak dibutuhkan oleh konsumen. Secara sederhana, studi kelayakan ini merupakan sebuah studi yang dapat dilakukan oleh seseorang, hal ini untuk bisa menentukan apakah sebuah usaha layak atau tidak dijalankan.

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

Ilustrasi studi kelayakan bisnis (Credit: Freepik)

Contoh Studi Kelayakan Bisnis ini berfungsi untuk bisa memperkuat proses pengambilan keputusan dari sebuah perusahaan yang akan dibuat nantinya. Sebuah studi kelayakan bisnis biasanya dilakukan dengan cara meneliti, dan menganalisis.

Selain itu juga akan mengkaji apakah usaha tersebut menguntungkan atau tidak. Studi kelayakan juga akan membantu Anda dan pengusaha lainnya, khususnya pengusaha pemula untuk membuat keputusan yang tepat.

Dimana keputusan ini dilakukan untuk masa depan sebuah perusahaan. Studi kelayakan ini juga akan dapat meminimalisir resiko kerugian yang bisa terjadi ketika bisnis sudah lama berjalan.

Dengan kata lain, studi kelayakan selalu berhubungan erat dengan kegiatan mengidentifikasi masalah, peluang bisnis, menetapkan tujuan. Selain itu, juga berhubungan dengan melihat situasi dan mengevaluasi biaya serta manfaat perencanaan perusahaan.

Jadi apabila ditemukan masalah dalam bisnis, maka akan lebih mudah untuk menyelesaikannya. Bagi seorang pengusaha, tentunya studi kelayakan bisnis ini dapat membantu membuat keputusan tentang bisnis.

Untuk para calon pengusaha, studi ini penting sekali dilakukan pada awal perencanaan bisnis. Hal ini karena studi kelayakan bisa membantu menghindari terjadinya kerugian.

Langkah-Langkah dalam Melakukan Studi Kelayakan Bisnis yang Benar

Sebenarnya untuk bisa membuat studi kelayakan bisnis ini sangatlah mudah jika tahu langkah-langkahnya. Berikut ini adalah penjelasan terkait langkah dalam membuat contoh Studi Kelayakan Bisnis, antara lain:

1. Menciptakan Ide yang Menarik

Hal yang paling penting dan perlu dipersiapkan oleh seorang pengusaha atau calon pengusaha terlebih dahulu yaitu menemukan ide bisnis yang bagus. Melalui ide yang menarik para pengusaha akan mampu bersaing di pasar.

Munculnya ide ini tentunya membutuhkan penelitian yang terorganisir dengan baik. Selain itu, perlu dukungan sumber daya yang potensial dari perusahaan.

Pengusaha juga diharapkan bisa mendapatkan ide usaha yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Dengan begini, ide yang didapatkan tidak akan sia-sia begitu saja.

2. Riset Ide Bisnis

Sebagai seorang entrepreneur atau calon entrepreneur, tentunya harus melakukan riset untuk mengetahui kelayakan dari ide yang didapat pada langkah yang pertama. Proses penelitian ini biasanya akan meliputi beberapa hal.

Adapun hal tersebut seperti pengumpulan dan pengolahan data, analisis serta interpretasi hasil analisis. Terakhir bisa menghasilkan kesimpulan dan laporan ide bisnis.

Ide bisnis nantinya akan ditinjau dan dieksplorasi berdasarkan seluruh aspek dari studi kelayakan. Hal ini tentunya untuk bisa mendapatkan semua informasi yang diperlukan pada perusahaan.

3. Melakukan Evaluasi

Langkah membuat contoh Studi Kelayakan Bisnis selanjutnya, pengusaha atau calon pengusaha harus bisa mengevaluasi dan mempertimbangkan aspek penelitian. Hal ini dilakukan untuk bisa memutuskan ide bisnis mana yang akan diterapkan.

Dalam melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan, perlu dilakukan analisis yang teliti dan mendalam untuk mengevaluasi semua aspek yang terkait. Termasuk dalam pembuatan laporan keuangan.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Sebab, dari laporan keuangan ini juga laporan pertanggungjawaban secara lebih terperinci, bisnispun bisa dievalasi. Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud. Memanajemen bisnis kini tidak hanya pakai kiraan namun berdasarkan angka.

Dari hasil evaluasi tersebut dapat diambil kesimpulan dan rekomendasi untuk perbaikan di masa yang akan datang.

4. Keputusan

Langkah selanjutnya, jika sudah berhasil mengevaluasi beberapa ide bisnis, maka pengusaha perlu memilih ide bisnis yang memiliki nilai paling positif dibandingkan dengan ide lainnya. Hal ini harus bisa dipikirkan secara matang agar tidak terjadi kesalahan.

5. Rencana Pelaksanaan

Apabila ide bisnis sudah ada, maka langkah selanjutnya yaitu perencanaan dan persiapan. Persiapan nantinya bisa dimulai dari menentukan jenis pekerjaan, manajemen, ketersediaan dana, kualifikasi karyawan, dan lain sebagainya.

6. Pelaksanaan Bisnis

Langkah terakhir yaitu pelaksanaan dari ide bisnis yang akan dijalankan oleh pengusaha. Pengusaha harus bisa memulai bisnis sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Jadi apabila bisnis yang berjalan menemukan hambatan dan resiko, maka pengusaha bisa lebih cepat memperbaiki usaha tersebut. Kemudian, juga bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada dengan bisnis.

Pengusaha harus selalu ingat untuk mengevaluasi bisnis secara teratur meski sudah berjalan. Hal ini dilakukan agar usaha yang dijalankan tetap lancar dan memberikan banyak keuntungan.

Contoh Studi Kelayakan Bisnis Makanan

Pada dasarnya, contoh dari studi kelayakan bisnis sendiri sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari makanan, minuman, properti dan lainnya, namun di bawah ini akan dijelaskan tentang contoh studi kelayakan mie gacoan dan mixue.

1. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Mie Gacoan

Makanan dikenal sebagai salah satu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat dan tidak bisa dipungkiri menghadirkan peluang bisnis cukup besar. Khususnya mie gacoan yang saat ini sedang viral.

Mie Gacoan sendiri merupakan salah satu jenis mie pedas yang sedang banyak diminati belakangan ini, khususnya di kalangan anak muda. Meski tidak menjual banyak menu, namun restoran ini tetap bisa sukses.

Mie Gacoan

Restoran mie gacoan (Credit: Visiting Jogja)

Restoran mie gacoan (Credit: Visiting Jogja)

Hidangan mie yang biasanya disajikan di restoran ini sangat enak dan mempunyai cita rasa pedas. Selain itu, Mie Gacoan juga telah menawarkan menu dim sum dan pilihan es krim yang tidak kalah enak.

Bahkan, minuman manis ini bisa menjadi pelengkap berbagai macam hidangan pasta yang lezat. Memang sejak awal Mie Gacoan mencoba menghadirkan restoran yang nyaman dan mempunyai tempat makan luas.

Pengunjung tetap dapat bersantai meskipun restoran ini ramai sepanjang hari. Selain variasi menu yang menarik, Mie Gacoan juga telah menawarkan harga cukup terjangkau.

Selain itu, kemasan yang dimilikinya cukup elegan dan simpel. Untuk metode [enjualannya biasanya dilakukan dengan cara offline dan online.

Marketing juga menggunakan media sosial untuk memudahkan menjangkau target pasar yang diinginkan. Hal inilah yang membuat restoran ini jumlahnya semakin bertambah hingga puluhan di seluruh Indonesia.

2. Contoh Studi Kelayakan Bisnis Mixue

Saat ini usaha es krim juga sedang viral dan hanya membutuhkan modal awal Rp 800 juta seperti Mixue. Mixue merupakan salah satu brand franchise minuman China yang pertama kali berdiri 2017.

Pada tahun 2020, Mixue telah memasuki pasar Indonesia dengan cabang pertamanya di Bandung. Sementara itu, waralaba ini diperluas ke beberapa kota besar yang ada di Indonesia dengan total 300 toko.

Mixue telah menawarkan harga yang terjangkau mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 30.000. Selain es, Mixue umumnya berbahan dasar teh dengan berbagai macam rasa buah.

Keunikan menu inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Mixue. Banyaknya varian rasa dapat disesuaikan dengan selera pelanggan.

Sementara itu, bahan baku yang dipilih diproses dengan cara yang higienis. Bahkan, para karyawan sudah dilatih dalam memproduksi minuman secara profesional.

Pemasaran produk minuman ini menggunakan berbagai macam cara promosi melalui media sosial, brosur, web, marketplace, dan lain sebagainya. Mempertimbangkan semua aspek yang ada, dapat disimpulkan bisnis minuman Mixue sangat berpeluang mendapatkan keuntungan tinggi.

Kesimpulan

Salah satu hal penting jika ingin memulai usaha yaitu melakukan studi kelayakan bisnis. Hal ini tentunya untuk menghindari semua kemungkinan buruk.

Studi kelayakan ini akan menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Jadi bagi calon pengusaha sudah seharusnya mencari tahu Contoh Studi Kelayakan Bisnis ini.

Contoh Surat Keterangan Usaha dan Cara Pengajuannya
Surat keterangan usaha memegang peran sentral dalam mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan berbagai jenis bisnis.Di indonesia sendiri setiap badan usaha wajib
Baca Juga
Pialang adalah: Jenis, Tips Memilih dan Contoh Perusahaannya
Istilah pialang adalah hal yang umum di antara para pebisnis, yang jika diartikan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia pialang adalah
Baca Juga
Contoh Usaha Ekstraktif, Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Contoh usaha ekstraktif mencakup berbagai sektor, mulai dari perikanan, pertambangan, kehutanan, hingga pertanian. Usaha ini juga menjadi salah satu sektor
Baca Juga
12 Cara Membangun Motivasi Bisnis Paling Efektif 2023
Membangun motivasi bisnis merupakan suatu semangat yang tidak hanya penting dimiliki oleh pemula, tetapi juga wajib dirasakan oleh pebisnis berpengalaman.
Baca Juga
VUCA Adalah: Jenis, Langkah dan Dampaknya bagi Bisnis
VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity, mencerminkan sebuah kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami ‘kesulitan’. Terutama pasca pandemi
Baca Juga
Mengenal Material Requirements Planning (MRP) & Fungsinya
Material Requirements Planning atau bisa disingkat MRP adalah metode perencanaan produksi dan persediaan yang membantu perusahaan dalam mengelola persediaan barang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu