🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Dibuka, UMKM Bisa Bergabung

Pendaftaran ASEAN Business Awards (ABA) 2023 dibuka pendaftarannya pada 29 Mei 2023 - 14 juli 2023, pebisnis individu dan UMKM bisa bergabung
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 1 June 2023

Bee.id - ASEAN Business Awards (ABA) 2023 telah dibuka pendaftarannya pada 29 Mei 2023 lalu dan ditutup pada 14 juli 2023, bisa diikuti oleh UMKM dan individual.

Ajang ini bisa menjadi bentuk pengakuan serta perayaan keberhasilan inovasi bisnis di ASEAN, mengutip dari Antaranews Arsjad Rasjid Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) sekaligus ketua umum kadin Indonesia mempersilahkan seluruh kalangan pebisnis untuk turut berpartisipasi.

Mulai dari perusahaan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga individu., hal ini menjadi bagian internal dalam pertumbuhan ekonomi ASEAN yang inklusif.

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online 2023 Gratis Lengkap Serta Syaratnya

“ABA 2023 bukan sekedar ajang penghargaan, tapi juga menjadi ekspresi konkret komitmen dan dukungan industri, UMKM serta individu terhadap kemajuan, inovasi juga visi inklusivitas, sentralitas dan pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini,” ungkap Arsjad Rasjin (Selasa, 30 Mei 2023)

Total kategori penghargaan ABA terdiri dari 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang usaha. Dikelompokkan menjadi 8 pilar penghargaan, 5 pilar dikhususkan untuk perusahaan besar dan UMKM, 3 pilar dikhususkan untuk kategori individual.

5 pilar untuk perusahaan besar dan UMKM ini terdiri dari pilar pembangunan berkelanjutan, ketahanan pangan, ketahanan kesehatan, transformasi digital dan fasilitasi perdagangan dan investasi.

Diisi dengan10 kategori penghargaan, The Bionic Company, The Best CX, Net-Zero Leader, Plastic Waste Circularity, Sustainable Crop Production, Tech for Sustainable Agriculture, Health Innovation, Corporate Health Achievement, Export Growth, dan Innovative Investment.

Sedangkan untuk 3 pilar sisanya ditujukan untuk individu, masing masing pilar memiliki 1 kategori penghargaan. Women dengan ASEAN Woman Leader, Youth dengan ASEAN Under 49 dan Friends of ASEAN untuk Friends of ASEAN.

Registrasi pendaftaran ABA dapat dilakukan dengan mengakses laman www.aseanbacindonesia.id atau klik DI SINI

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023

Setiap kategori peserta memiliki persyaratan dan ketentuan masing-masing yang harus dipenuhi, berikut diantaranya:

1. Persyaratan Untuk Individu

  • Berpengalaman minimal 3 tahun dalam bidang yang relevan dengan pertumbuhan dan ekonomi ASEAN
  • Terlibat aktif dalam pengembangan masyarakat serta tanggung jawab sosial perusahaan.

2. Persyaratan Untuk UMKM

  • Memiliki kepemilikan ekuitas oleh negara-negara asean setidaknya 50%
  • Telah beroperasi di satu negara asean atau (minimal 2 tahun)
  • Memiliki pendapatan tahunan kurang dari US $10.000.000 dolar

3. Persyaratan Untuk Perusahaan Besar

  • Terdaftar di negara anggota ASEAN
  • Minimal memiliki 50% kepemilikan perusahaan oleh negara-negara di ASEAN
  • Telah beroperasi di 2 negara anggota ASEAN atau lebih selama minimal 5 tahun
  • Memiliki pendapatan tahunan perusahaan lebih dari US $10.000.000 dolar

4. Persyaratan Umum

Selain memenuhi syarat di atas, ada syarat umum berikutnya yang harus dipenuhi oleh peserta, yakni menyertakan surat dukungan dari organisasi berbasis ASEAN, anggota ASEAN-BAC, asosiasi atau lembaga pemerintah.

Kemudian, pendaftar juga perlu mencantumkan pernyataan pribadi terkait rincian pencapaian serta dampak yang telah dicapai dalam hal memajukan perekonomian di ASEAN.

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan maka akan dilakukan screening dan shortlisting untuk menentukan siapa pemenang yang benar-benar layak. Dilakukan oleh juri-juri berpengalaman.

"Tujuannya untuk memastikan kelayakan dan keunggulan para nominator. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada 4 September 2023 yang disertai pertunjukan budaya dari negara-negara ASEAN," ucap Arsjad.

Disisi lain, penarikan nominasi yang luas juga diharapkan mampu menguatkan integrasi ekonomi ASEAN dengan menunjukan kekuatan dan potensinya kepada dunia.

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Benefit adalah Keuntungan, Ini Pengertiannya dalam Dunia Kerja
Jika diartikan secara bahasa benefit adalah keuntungan, sedangkan dalam dunia kerja benefit juga diartikan sebagai keuntungan. Namun keuntungan ini mengarah
Baca Juga
2020: UMK Naik 8.5%, BPJS Naik 100%, Gimana Nasib Anda?
UMK naik lagi, apa yang bisa Anda lakukan (sebagai Pengusaha) untuk mengantisipasinya ? Semalam Saya baru baca berita tentang Daftar
Baca Juga
Ramai Social Distancing, Banyak Usaha Pakai Aplikasi Order Online
Mungkin masih saat ini masih ada yang menganggap bahwa menjalankan bisnis ditengah pandemi seperti akan sangat sulit, kita diharuskan survive
Baca Juga
13 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan 2024
Meningkatkan kebutuhan hidup hanya mengandalkan gaji pokok sebagai karyawan kadang kala tidak cukup, sehingga timbul ide untuk membuka usaha sampingan
Baca Juga
20+ Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Beserta Tipsnya
Pandemi global tahun 2019 lalu telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk bagaimana kita bekerja dan menghasilkan pendapatan. Bagi para ibu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu