Web Logo Bee
Penulis: Nindya Adityanti

Aplikasi Integrasi Marketplace, Tidak Perlu Input Transaksi Manual

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 11 April 2022

Aplikasi integrasi marketplace semakin dibutuhkan pebinsis di Indonesia karena banyak pebisnis mulai memasarkan produknya melalui berbagai marketplace. Semisal Anda sebagai pebisnis mempunyai toko online di 5 marketplace yang berbeda: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Tentunya hal ini membuat Anda kebanjiran pesanan dari seluruh penjuru tanah air. Secara penjualan, tentunya hal ini sangatlah menggiurkan. Namun, persoalan operasional mulai muncul. Anda harus membuka masing-masing marketplace untuk mengurus transaksi dari tiap konsumen. Ribuan order produk Anda harus dilakukan input data penjualan secara manual.

Tingginya jumlah order akan merembet ke banyak hal. Karena banyaknya toko online yang Anda miliki, bisa jadi Anda lupa untuk mengupdate jumlah stok barang pada masing-masing channel. Tidak jarang, ternyata produk yang sedang diorder stok-nya telah habis. Akibatnya, Anda perlu melakukan pembatalan pemesanan. Hal ini ini akan berakibat buruk pada rating performa toko, sehingga calon konsumen yang lain akan ragu untuk membeli di toko Anda. Belum lagi permasalahan lainnya, mulai dari proses pengiriman produk, retur dan rejected produk, respon lambat dalam membalas chat konsumen di tiap channel, hingga laporan pembukuan yang menjadi sangat rumit.

Semua permasalahan pelik tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan aplikasi integrasi marketplace. Aplikasi integrasi marketplace mendukung kegiatan bisnis Anda di berbagai channel marketplace tersebut sehingga menjadi lebih mudah dan praktis. Aplikasi integrasi marketplace menggabungkan berbagai operasional marketplace ke dalam satu dashboard. Memangnya, apakah aplikasi integrasi marketplace itu? Anda akan temukan jawabannya dalam artikel ini.

Aplikasi Integrasi Marketplace, Tidak Perlu Input Data Manual

apa-itu-aplikasi-integrasi-marketplace

Amazon Salah Satu Marketplace yang Banyak Digunakan di Amerika (Sumber: Pexels.com)

Aplikasi integrasi marketplace menawarkan kemudahan bagi operasional bisnis Anda. Seluruh transaksi penjualan produk Anda dari bermacam-macam marketplace bisa dikelola dalam satu tampilan dashboard yang simpel dan praktis.

Bayangkan apabila Anda menerima 300 pesanan melalui Tokopedia, 250 pesanan lewat Shopee, dan 100 pesanan dari Lazada. Normalnya, Anda hanya bisa memproses pesanan-pesanan tersebut melalui platform marketplace masing-masing. Apabila Anda menggunakan aplikasi integrasi marketplace, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot input data manual untuk memproses pesanan di berbagai marketplace yang berbeda.

Dengan aplikasi tersebut, maka seluruh pesanan akan terintegrasi dengan sistem bisnis Anda. Selain lebih mudah, dengan aplikasi ini pekerjaan Anda akan semakin efisien karena lebih menghemat waktu dan biaya, serta memperkecil risiko kesalahan dalam memproses pesanan konsumen Anda. Dengan menggunakan aplikasi integrasi marketplace, Anda dapat merekap seluruh transaksi dari berbagai marketplace menjadi suatu laporan keuangan yang komprehensif secara mudah dan akurat.

Plugin E-Commerce di Aplikasi Marketplace Beecloud

plugin-e-commerce-aplikasi-integrasi-marketplace-beecloud

Tampilan Plugin e-Commerce di Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud plus Plugin E-commerce! Beecloud memiliki dua manfaat utama, yakni:

  • Import Transaksi Penjualan Sekali Klik

Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi marketplace satu per satu untuk mengurus operasional toko Anda. Dengan menggunakan Beecloud, Anda dapat merekap ribuan transaksi mulai dari Tokopedia hingga Shopee dalam waktu 7 menit dengan satu kali klik. Tidak ada lagi kesalahan dalam proses input data akibat human error saat melakukannya secara manual menggunakan block note dan pulpen. Data transaksi penjualan Anda akan semakin akurat dan mempermudah proses pembukuan laporan keuangan bisnis Anda.

  • Import Pelunasan

Manfaat dari aplikasi manajemen marketplace Beecloud antara lain memudahkan Anda untuk export dan import data transaksi dari marketplace ke pembukuan laporan keuangan, membuat Anda dapat menilik omset dan profit toko online real time kapanpun, mempermudah proses stock opname harian toko Anda sehingga tercipta efisiensi biaya dan waktu, serta tersedianya laporan penjualan per channel sehingga Anda dapat memantau produk terlaris per channel.

Manfaat Aplikasi Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online

manfaat-aplikasi-integrasi-marketplace-untuk-bisnis-online

Mengetahui Manfaat Aplikasi Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online (Sumber: Pexels.com)

Memangnya apa saja manfaat aplikasi integrasi marketplace untuk bisnis online Anda? Simak selengkapnya di bawah ini!

  • Tidak Perlu Import Ribuan Data Manual

Ucapkan selamat tinggal pada proses manual untuk mengurus satu per satu toko online Anda! Dengan aplikasi integrasi marketplace, semua urusan bisnis di semua marketplace dapat Anda selesaikan dengan satu kali klik saja dalam satu layanan, yakni di aplikasi integrasi marketplace. Untuk membalas pesan konsumen, menyelesaikan transaksi, mengelola pengiriman barang, dan merekap ribuan data orderan untuk stock opname, Anda tidak perlu lagi harus membuka channel marketplace satu per satu.

  • Kelola Bisnis Online dan Ketahui Laba Rugi Realtime

Anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan meng-upload ratusan produk baru yang kategorinya berbeda semua! Dengan aplikasi integrasi marketplace, proses update stok bisa dilakukan secara otomatis dengan satu kali klik untuk seluruh marketplace yang Anda gunakan. Dengan menerapkan integrasi marketplace maka pengelolaan bisnis akan terjadi secara otomatis. Anda tidak perlu pindah dari satu marketplace ke marketplace lainnya hanya untuk mengecek transaksi atau stok barang.

  • Hemat Waktu dan Tenaga

Dengan aplikasi integrasi marketplace, Anda dapat menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan berbagai urusan bisnis yang kompleks dan beragam. Tidak perlu lagi khawatir kelelahan akibat mengurus operasional toko dari banyak channel marketplace! Tidak hanya itu, aplikasi integrasi marketplace juga secara otomatis membuat analisis laporan dan kegiatan bisnis Anda. Anda akan mendapatkan laporan penjualan per periode beserta analisis terbaik dari aplikasi integrasi marketplace.

Kesulitan dalam Berjualan Online di Beberapa Platform Marketplace

kesulitan-berjualan-di-marketplace

Tantangan Berjualan di Marketplace (Sumber: Pexels.com)

Berjualan di berbagai marketplace tentunya bisa meraih calon konsumen yang lebih luas. Hanya saja, untuk mengelola toko di marketplace yang berbeda butuh upaya yang lebih besar. Ketika berjualan di marketplace yang berbeda, biasanya timbul beberapa masalah, yakni:

  • Sulit Mengelola Order dari Banyak Platform Marketplace

Anda harus terus menerus aktif di masing-masing platform marketplace untuk memantau setiap orderan. Jika hanya 1-2 transaksi order yang masuk mungkin Anda masih bisa mengatasinya. Tapi bagaimana jika orderan yang masuk di toko Anda miliki berjumlah puluhan hingga ratusan per harinya? Kemungkinan terjadinya kesalahan atau human error akan lebih besar karena harus mengelola semua orderan yang masuk dari platform marketplace yang berbeda. Untuk itulah diperlukan sebuah platform integrasi marketplace yang terbaik.

  • Sulit Mengelola Inventori untuk Masing-Masing Platform

Masalah lain yang kerap muncul ketika berjualan online di beberapa platform marketplace adalah status stok barang yang sulit di-update secara real-time. Anda harus selalu memantau dan memastikan kalau stok di toko online pada setiap platform marketplace adalah jumlah stok yang sebenarnya. Jika tidak di-update secara real-time, ada kemungkinan order masih diterima padahal stok sudah habis, yang berujung pada turunnya kepuasan pelanggan dan bisa berpengaruh pada rating.

Punya Toko di Shopee, Tokopedia. Tapi Gatau Channel Mana yang Paling Menguntungkan?

Tentunya untuk mengetahui tingkat profit dari tiap channel marketplace yang Anda miliki, Anda perlu menganalisa data omset masing-masing channel tersebut. Hal ini akan menentukan strategi penjualan bagi bisnis Anda. Agar dapat mengetahui channel mana yang paling menguntungkan, Anda dapat menggunakan aplikasi integrasi marketplace Beecloud. Dengan Beecloud, Anda akan mendapatkan laporan keuangan secara terperinci dari setiap channel marketplace, mulai dari Tokopedia hingga Shopee.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

 

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi integrasi marketplace akan sangat menghemat waktu Anda. Dari menerima order hingga proses pembukuan usaha, pembuatan laporan keuangan, proses penjualan online secara keseluruhan dapat dikelola dalam satu sistem. Saatnya Anda fokus mengembangkan bisnis online Anda.

Untuk memfasilitasi para pelaku bisnis, Beecloud menghadirkan fitur plugin e-commerce, Beec merilis aplikasi integrasi marketplace yang terdapat pada fitur Beecloud. Dengan berlangganan aplikasi seperti ini, maka Anda akan terbebas dari kerepotan yang muncul akibat salah pencatatan atau perhitungan secara manual.  Tidak ada lagi salah menghitung dengan bantuan kalkulator, dan juga tidak akan ada lagi yang namanya salah mencatat transaksi lalu data konsumen menjadi hilang semua.

Coba gratis aplikasi integrasi marketplace Beecloud sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info lebih lanjut.

Aplikasi Integrasi Marketplace, Rekap Ribuan Transaksi dari Toko Online ke Pembukuan

 

Review Software Akuntansi: Menjawab Mitos yang Beredar tentang Aplikasi Keuangan
Punya ketakutan ketika memilih software akuntansi merupakan suatu hal yang sangat wajar. Perasaan takut, khawatir dan semacamnya biasanya dipicu oleh […]
Baca Juga
Aplikasi Rental dan Strategi Sukses Bisnis Rental
Aplikasi rental sering dicari pemilik bisnis lantaran menjadi salah satu alat ampuh dalam mengelola bisnis rental. Kenapa aplikasi rental ini […]
Baca Juga
Faktor Penting Memilih Software Akuntansi Pabrik Terbaik 2021
Anda tentu menginginkan software akuntansi yang terbaik untuk perusahaan, bukan? Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih sebuah software akuntansi. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu