⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Jastip Adalah: Pengertian, Cara Kerja serta Tips

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, bisnis ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, simak informasinya di sini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, bisnis ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi dan kemudahan akses internet.

Dengan bisnis jastip, seseorang dapat membeli produk dari luar negeri dan menjualnya kembali di dalam negeri dengan harga yang lebih tinggi, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, meskipun bisnis jastip terlihat menjanjikan, tetapi tidak semua orang dapat sukses dalam bisnis ini. Untuk itu, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu bisnis jastip, bagaimana cara kerja bisnis ini, dan memberikan beberapa tips sukses dan ide produk agar Anda bisa sukses dalam bisnis jastip ini.

Apa itu Jastip? Jastip Adalah...

Apa Itu Jastip? jastip adalah jasa titip

jastip menjadi salah satu bisnis sampingan yang menghasilkan (Credit: Unsplash)

Istilah ini merujuk pada layanan yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang dari luar negeri atau kota lain melalui perantaraan orang lain yang berada di tempat tujuan.

Dalam layanan jastip, seseorang yang ingin membeli barang dari luar negeri atau kota lain akan mencari jasa titip yang bisa membantu mengurus pembelian barang tersebut. Biasanya, jasa titip akan mengambil komisi atau biaya tertentu sebagai imbalan atas jasanya.

Menurut OCBC NISP untuk memulai bisnis jastip, Anda hanya perlu mempromosikan jasa titip di sosial media dan menunggu pesanan dari konsumen. Selain itu, sistem jastip menggunakan pre-order, artinya pemesan akan membayar terlebih dahulu sebelum barang diterima.

Cara Kerja Bisnis Jastip

Pada dasarnya bisnis jasa titip adalah bisnis yang mempertemukan pembeli dengan barang yang ingin dibeli. Anda bisa membuka bisnis jastip dengan cara mempromosikan jasa Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.

Cara kerja bisnis jastip biasanya dimulai dengan menerima pesanan dari pembeli. Pembeli akan memberitahukan kepada Anda barang apa yang diinginkan dan dari mana barang tersebut akan dibeli. Setelah itu, Anda akan mencari toko atau penjual yang menjual barang tersebut, melakukan pembayaran, dan mengurus pengiriman ke tempat pembeli.

Cara Kerja Bisnis Jasa titip

sistem jastip adalah menerima titipan klien (Credit: Unsplash)

Dalam bisnis jastip, Anda harus pandai memilih toko atau penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Anda juga harus pandai bernegosiasi dengan penjual untuk mendapatkan harga yang terbaik bagi pembeli.

Setelah barang sampai ke tempat pembeli, Anda akan menerima pembayaran dari pembeli, termasuk biaya jasa yang telah disepakati sebelumnya. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa barang yang diterima oleh pembeli sesuai dengan yang diinginkan dan dalam kondisi yang baik.

Dalam bisnis jastip, Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga barang yang Anda beli dengan harga yang Anda jual kepada pembeli. Selain itu, Anda juga bisa menentukan biaya jasa yang cukup untuk meng-cover biaya operasional dan memperoleh keuntungan.

Berapa Keuntungan Bisnis Jastip?

Keuntungan bisnis jastip dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis barang yang dibeli, asal barang, besarnya biaya jasa yang dikenakan, dan tingkat persaingan di pasar.

Secara umum, keuntungan bisnis jastip dapat berkisar antara 5 hingga 30 persen dari harga barang yang dibeli. Namun, beberapa faktor seperti biaya operasional, biaya pengiriman, dan biaya administrasi juga harus dipertimbangkan dalam menghitung keuntungan.

Untuk menghitung keuntungan dari bisnis jastip, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk UKM yaitu Beecloud. Beecloud adalah software akuntansi online yang dapat membantu mengelola keuangan bisnis jastip.

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Dengan Beecloud, Anda dapat memantau pengeluaran dan pemasukan bisnis jastip secara real-time, sehingga Anda dapat menghitung keuntungan dan kerugian dengan akurat.

Selain itu, BeeCloud juga menyediakan fitur untuk membuat laporan keuangan, sehingga Anda dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis jastip Anda secara detail dan akurat. Dengan informasi yang akurat tentang keuangan bisnis jastip, Anda dapat membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan keuntungan dan mengoptimalkan bisnis jastip Anda.

Tips Memulai Usaha Jastip

Berikut adalah tips memulai usaha jastip yang mudah dipahami dan ringan dibaca:

1. Tentukan Bidang Usaha dan Target Pasar

Pilih jenis produk yang ingin Anda jastip dan siapa target pasar yang ingin Anda fokuskan. Misalnya, jastip produk fashion untuk remaja atau jastip produk kecantikan untuk wanita dewasa.

2. Cari Toko yang Terpercaya

Cari supplier atau toko yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam melakukan pengiriman. Pastikan barang yang dijual asli dan sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

3. Tetapkan Harga jasa yang Kompetitif

Tetapkan harga jasa yang kompetitif dan sesuai dengan kualitas jasa yang Anda tawarkan. Jangan terlalu mematok harga terlalu tinggi karena hal ini dapat membuat calon pelanggan enggan menggunakan jasa Anda.

4. Berikan Pelayanan Terbaik dan Berkualitas

Pelayanan dan kualitas merupakan faktor penting dalam bisnis jastip. Pastikan bahwa Anda memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan kualitas dalam setiap transaksi. Hal ini akan membantu mempertahankan pelanggan Anda dan mendapatkan referensi dari pelanggan yang puas.

5. Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial adalah alat yang efektif untuk mempromosikan bisnis jastip Anda. Buatlah akun media sosial untuk bisnis Anda dan gunakan untuk mempromosikan jasa Anda. Gunakan foto produk yang menarik dan deskripsi produk yang jelas.

6. Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan informasi yang akurat dan transparan tentang produk yang dijastip. Berikan kemudahan untuk pelanggan untuk menghubungi Anda jika ada pertanyaan atau keluhan.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai bisnis jastip dengan mudah dan efektif. Tetaplah konsisten dan fokus pada pelayanan dan kualitas untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

5 Ide Produk Jastip Paling Laku di Indonesia

Berikut adalah beberapa produk jastip yang paling laku di Indonesia:

1. Skin Care

Produk perawatan kulit seperti serum, toner, dan pelembap sangat populer di Indonesia. Wanita Indonesia sangat peduli dengan kesehatan kulit dan senang mencoba produk-produk baru dari luar negeri.

2. Make Up

Produk make up juga sangat diminati di Indonesia, terutama dari merek-merek terkenal seperti MAC, Maybelline, dan Revlon. Wanita Indonesia sangat mengutamakan tampilan yang cantik dan menarik.

3. Sepatu

Jasa titip Sepatu

sepatu menjadi produk paling sering laku di bisnis jastip (Credit: Unsplash)

Sepatu juga menjadi salah satu produk jastip yang populer di Indonesia, terutama untuk merek-merek internasional seperti Adidas, Nike, dan Converse. Pria dan wanita Indonesia senang membeli sepatu trendy dan berkualitas tinggi dari luar negeri.

4. Tas

Tas juga menjadi produk jastip yang laku di Indonesia, terutama tas dari merek-merek terkenal seperti Louis Vuitton, Gucci, dan Prada. Tas dengan desain yang unik dan berkualitas tinggi sangat diminati oleh wanita Indonesia.

5. Camilan

Camilan dari luar negeri seperti coklat, permen, dan keripik juga menjadi produk jastip yang populer di Indonesia. Mereka senang mencoba camilan yang baru dan berbeda dari yang tersedia di Indonesia.

Itulah beberapa produk jastip yang paling laku di Indonesia. Sebagai penyedia jasa titip, Anda bisa mempertimbangkan untuk menawarkan produk-produk tersebut untuk menarik minat pelanggan Anda.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, bisnis jastip dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup. Dalam memulai bisnis jastip, Anda perlu memilih produk yang tepat, menemukan supplier yang terpercaya, dan melakukan promosi yang efektif

Selain itu, Anda juga perlu memahami manajemen keuangan dan pembukuan, serta terus memantau perkembangan bisnis jastip Anda. Dengan menerapkan tips dan ide yang telah kami bagikan di artikel ini, diharapkan bisnis jastip Anda dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Artikel Terkait

Contoh Template Format Order Olshop
Saat hendak berbelanja online, seseorang mungkin pernah diminta oleh seller untuk mengisi format order olshop sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mengisi
Baca Juga
9 Tips Cara Mengatur Keuangan dalam Bisnis Mudah
Bisnis apa pun yang sedang dijalani pastinya tidak terlepas dari manajemen keuangan. Hal tersebut karena keuangan menjadi bagian yang penting
Baca Juga
6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko
Baca Juga
9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2023
Bisnis mulai besar pencatatan keuangan semakin berantakan, sudah saatnya Anda upgrade dengan menggunakan bantuan aplikasi pembukuan usaha untuk manajemen keuangan
Baca Juga
9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula
Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu