Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Invoice Template: Format, Cara Isi, dan Contoh yang Bisa Anda Download

Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Apakah Anda sedang mencari invoice template untuk bisnis Anda? Invoice itu sendiri adalah salah satu dokumen yang dapat Anda gunakan untuk mengatur proses akuntansi Anda untuk memverifikasi uang masuk dan keluar dari bisnis.

Mempelajari cara membuat invoice dapat membantu Anda memastikan Anda menerima pembayaran untuk produk atau layanan yang dikirim ke pelanggan Anda.

Tetapi jika Anda tidak ingin membuat invoice secara manual, Anda dapat menggunakan template invoice yang siap digunakan untuk memfasilitasi pembukuan Anda.

Dalam artikel ini kita akan membahas cara menggunakan template invoice dan juga memberikan beberapa contoh invoice yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Mengenal Berbagai Format dalam Invoice Template

Mengenal Berbagai Format Dalam Invoice Template

Ilustrasi Invoice Template (Sumber: Freepik.com)

Sebelum Anda memilih template mana yang cocok untuk bisnis Anda, pastikan Anda mengetahui berbagai format templat invoice yang dapat Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa format templat invoice dan penjelasan terperinci yang dapat Anda pilih:

Invoice Template Sales Invoice (Ms. Word)

Jika Anda ingin menyimpan dokumen Anda di cloud daripada menghabiskan ruang untuk hard drive Anda, templat invoice Google Documents dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Ini juga memberi Anda kenyamanan untuk dapat mengakses invoice kapan saja, siang atau malam, dan di komputer mana pun - selama Anda memiliki akses internet.

Google Documents juga memungkinkan Anda untuk memberikan izin kepada orang lain untuk melihat dokumen, sehingga akuntan atau mitra bisnis Anda dapat dengan mudah meninjau atau menambah invoice, meskipun mereka berada di kota-kota lain.

Selain itu, templat ini juga dirancang dengan baik dan menarik. Itu penting, karena setiap titik sentuh dengan pelanggan Anda adalah kesempatan lain untuk memperkuat profesionalisme dan reputasi luar biasa Anda.

Invoice Template Basic Invoice (Ms. Excel)

Jika Anda menginginkan kenyamanan berbasis cloud, tetapi juga ingin bantuan menghitung biaya Anda, Template invoice Google Sheets cocok untuk dijadikan invoice template.

Seperti spreadsheet Excel, ini berisi formula yang menghemat waktu Anda dengan secara otomatis menemukan perhitungan yang rumit. Klien Anda akan dapat mengandalkan biaya yang akurat dan dijelaskan dengan detail.

Dan cara kerjanya mirip dengan Google Documents, Anda akan dapat mengakses invoice di mana pun Anda berada, dan di perangkat apa pun yang memiliki akses internet.

Template invoice juga sangat fleksibel, sehingga dapat menangkap setiap detail yang diperlukan untuk memastikan Anda dibayar dengan benar untuk produk dan/atau layanan yang luar biasa yang Anda berikan.

Baca Juga: Apa Pengertian Invoice? Jenis-jenis, Fungsi dan Contohnya

Invoice Template Simple Invoice (Ms. Excel)

Jika Anda perlu memasukkan berbagai perhitungan biaya dalam invoice Anda, Template invoice Excel adalah pilihan yang ideal untuk Anda.

Formatnya termasuk rumus otomatis, sehingga tidak perlu menghitung biaya tenaga kerja atau biaya manajemen secara manual.

Ini juga menambahkan subtotal dan menghitung jumlah yang benar untuk ditambahkan ke pajak.

Template invoice Excel juga sepenuhnya disesuaikan. Ini dapat menangkap semua informasi yang diperlukan pada invoice Anda untuk memastikan klien Anda benar -benar memahami apa yang mereka bayar.

Hasilnya adalah invoice profesional yang jelas yang secara akurat menghitung semua biaya, dan menciptakan kepercayaan dan keyakinan pada perusahaan atau merek pribadi Anda.

Invoice Template Service Invoice (Ms. Word)

Microsoft Word adalah format pengolah kata paling populer yang digunakan saat ini.

Ini disukai oleh pengusaha profesional di setiap bidang karena intuitif, mudah digunakan, dan menghasilkan dokumen yang tajam dan jelas.

Akibatnya, template faktur sangat cocok untuk membuat faktur yang terorganisir dengan baik yang mencakup semua detail yang diperlukan sehingga Anda akan dibayar untuk kerja keras Anda.

Karena template faktur Microsoft Word kami juga sangat fleksibel, templat ini dapat disesuaikan dengan persyaratan faktur khusus untuk masing -masing klien Anda.

Selain itu, faktur Microsoft Word tampak hebat. Mengirim faktur yang mudah dibaca dan dirancang dengan baik dapat menanamkan kepercayaan dan kredibilitas dalam layanan dan keahlian Anda, dan mencerminkan reputasi Anda secara positif.

Invoice Template  dalam format PDF

Invoice PDF memiliki beberapa keunggulan berbeda untuk bisnis Anda. Tidak seperti dokumen yang diproduksi oleh program perangkat lunak lain, dokumen PDF dapat dilihat dalam sistem operasi apa pun.

Itu berarti menggunakan template invoice PDF dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan penundaan pembayaran, karena semua klien Anda akan dapat mengakses invoice profesional Anda.

Jenis invoice PDF juga dapat dengan mudah dimodifikasi untuk memasukkan semua detail invoice yang diperlukan untuk klien Anda yang berbeda, sambil tetap terlihat menarik dan teratur.

Tetapi meskipun invoicenya mudah digunakan dan disesuaikan, sulit untuk diubah setelah dikirim, sehingga tidak mungkin invoice Anda diubah atau diubah secara tidak sengaja.

Mengapa Penting untuk Membuat dan Mengirim Invoice Profesional?

Minimalisir Kesalahan Cek 4 Keuntungan Pakai Software Faktur Penjualan scaled

Ilustrasi Invoice Profesional

Sebagai pemilik bisnis atau pengusaha profesional, Anda tidak mendapat dukungan dari perusahaan besar untuk memastikan Anda dibayar dengan benar dan tepat waktu untuk pekerjaan Anda.

Itu berarti Anda memerlukan invoice yang mudah digunakan, fleksibel, dan terperinci yang secara jelas dan sepenuhnya mencakup semua detail (misalnya nomor invoice, item baris individual, tanggal jatuh tempo, informasi kontak, persyaratan pembayaran, pajak penjualan, nama bisnis, dll.)

Selain itu, Anda perlu memastikan invoice Anda terlihat rapi dan profesional untuk membangun kredibilitas dan percaya pada bisnis Anda.

Ada keuntungan untuk menjalankan usaha kecil, seperti biaya overhead yang lebih rendah dan layanan yang dipersonalisasi, tetapi Anda masih membutuhkan pelanggan untuk mengenali pengalaman dan keahlian Anda.

Dapatkan keuntungan yaitu dibayar tepat waktu, kapan saja dengan menggunakan software invoice profesional.

Kapan Waktu Tepat untuk Mengirimkan Invoice ke Klien Anda?

Aplikasi Faktur Pembelian

Ilustrasi Mengirimkan Invoice ke Klien

Bergantung pada bisnis di mana Anda berada dan produk dan layanan yang Anda sediakan, waktu yang tepat untuk membuat dan mengirim invoice dapat bervariasi.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang menjual produk, Anda akan memberikan invoice kepada pelanggan Anda pada saat pembelian.

Jika Anda memberikan layanan, Anda mungkin ingin memberikan invoice kepada pelanggan menggunakan invoice layanan profesional saat pekerjaan selesai.

Karena Anda adalah pengusaha, Anda harus mempertahankan pendapatan tetap yang mengalir. Jika Anda memberikan periode layanan yang lama, Anda dapat menyesuaikan template invoice untuk mengumpulkan persentase pembayaran di muka, dengan sisanya dibayarkan setelah selesai, atau mengirim invoice dua minggu atau bulanan.

Apa pun ketentuan pembayaran yang Anda pilih, pastikan itu dicatat dengan jelas dalam setiap invoice, dan jelaskan bagian mana dari 'biaya' akhir yang telah dibayarkan hingga saat ini.

Pertimbangkan bekerja dengan perangkat lunak invoice otomatis karena ada sejumlah keuntungan menggunakannya dibandingkan dengan templat invoice (misalnya, invoice berulang, pengingat pelanggan, invoice sampel, dirancang secara profesional, dll.).

Anda dapat mengklik tombol Simpan di aplikasi untuk menyimpan pekerjaan Anda kapan saja.

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah

Kesimpulan

Penggunaan invoice template sangat menguntungkan Anda karena dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, ini juga membantu bisnis Anda supaya lebih profesional dengan menggunakan invoice template yang sesuai dengan brand.

Dalam membuat invoice untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu pembiayaan operasional bisnis, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda. Menggunakan kelima aplikasi pembuat invoice di atas, cukup baik jika diaplikasikan dalam bisnis kelas menengah.

Tetapi, Anda memerlukan software akuntansi lain seperti Beecloud, yang dapat membantu dalam aktivitas keuangan dari bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan secara gratis, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Customer Minta Invoice Online Dikirim Via Email Beecloud

 

Aplikasi Toko Bangunan Online Mudah Buat Laporan Keuangan
Transaksi yang semakin cepat juga membuka peluang bagi munculnya penggunaan aplikasi toko bangunan online untuk mengelola sistem transaksi lebih cepat. […]
Baca Juga
Inilah 3 Tools dan Cara Membuat Invoice
Membuat Invoice dalam dunia perdagangan memang sangat familiar. Invoice biasa disebut dengan faktur penjualan yang biasanya digunakan sebagai surat penagihan […]
Baca Juga
Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini
Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu