📅 Sisa 3 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal HET (Harga Eceran Tertinggi) dan Fungsinya

HET adalah harga eceran tertinggi? Apa saja fungsinya? Siapa yang menerapkan? Jenis barang apa yang ditetapkan? Temukan jawabannya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 9 May 2024

HET adalah singkatan dari harga eceran tertinggi, sebuah kebijakan yang sering diberlakukan pemerintah untuk mengendalikan harga barang kebutuhan pokok di pasaran.

Penetapan HET didasari oleh pertimbangan untuk menjaga daya beli masyarakat dan mencegah inflasi yang tidak terkendali.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu HET, mulai dari pengertian, tujuan, jenis barang yang diberlakukan HET, hingga kebijakan yang berlaku.

Pengertian HET (Harga Eceran Tertinggi)

Harga Eceran Tertinggi

Dengan menetapkan HET, pemerintah bisa menstabilkan perekonimian negara (credit: Freepik.com)

HET adalah harga eceran tertinggi, yakni harga jual suatu barang tertentu yang ditetapkan sebagai batas maksimum oleh pemerintah.

Sederhananya, HET adalah patokan termahal yang boleh dikenakan penjual kepada konsumen. Kebijakan ini bertujuan untuk mengendalikan harga barang kebutuhan pokok.

Dengan adanya HET, diharapkan harga barang tersebut tidak melambung tinggi dan tetap berada dalam jangkauan masyarakat. Hal ini pada gilirannya membantu menjaga daya beli dan stabilitas ekonomi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa peraturan yang mengatur harga eceran tertinggi, diantaranya:

  • Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57/M-DAG/PER/8/2017 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras.
  • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
  • Peraturan Gubernur Provinsi Bali Nomor 17 Tahun 2010 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Liquefied Petroleum Gas (LPG) Tabung 3 Kilogram.
  • Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 13 Tahun 2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak yang Disubsidi dan Harga Jual Eceran Tertentu Jenis Bahan Bakar Minyak yang Disubsidi.
  • dst

Baca Juga: 8 Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda

Fungsi dan Tujuan Ditentukan HET

Adapun tujuan dan fungsi ditetapkannya harga eceran tertinggi adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kestabilan Harga

Dengan pemerintah menerapkan harga eceran tertinggi dapat membantu mengontrol harga barang kebutuhan pokok agar tidak mengalami kenaikan yang ekstrem.

Hal ini penting untuk melindungi daya beli masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

2. Mencegah Penimbunan Barang

Fungsi dan tujuan berikutnya adalah mencegah adanya penimbunan barang, khususnya oknum penjual tidak bertanggung jawab yang ingin menaikkan harga seenaknya ketika stok barang menipis dengan menimbun barang.

3. Melindungi Konsumen

Selanjutnya dalam peraturan HET, penjual dilarang untuk memaksa konsumen membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari yang ditetapkan.

4. Menjaga Kestabilan dan Keadilan Ekonomi

Berikutnya, dengan adanya harga eceran tertinggi maka dapat membantu menciptakan pasar yang lebih adil bagi semua pelaku usaha.

Selain itu, juga dapat menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok, HET dapat membantu menjaga stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Transparansi Harga

Penetapan HET membuat harga barang menjadi lebih transparan. Konsumen dapat dengan mudah membandingkan harga di berbagai toko.

Hal ini juga dapat mendorong persaingan yang lebih sehat di antara para penjual. Sebab, Penjual harus mencari cara untuk meningkatkan efisiensinya.

Jenis Barang yang Diberlakukan HET

Toko Sembako

Telur adalah salah satu jenis barang yang diterapkan HET (credit: Freepik.com)

Berikut adalah beberapa barang yang diberlakukan harga eceran tertinggi di Indonesia:

1. Bahan Pokok

Barang pertama yang diberlakukan HET adalah bahan pokok, adapun bahan pokok iki meliputi:

  • Beras: Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras
  • Gula pasir: Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 17 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 01 Tahun 2019 tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi.
  • Minyak goreng: Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Curah.
  • Daging sapi/ayam: Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 Tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

Baca Juga: Komoditas Adalah: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contohnya

2. Bahan Bakar Minyak (BBM)

Jenis barang yang diterapkan HET berikutnya adalah bahan bakar minyak. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 13 Tahun 2022 tentang Jenis Bahan Bakar Minyak yang Disubsidi dan Harga Jual Eceran Tertentu Jenis Bahan Bakar Minyak yang Disubsidi.

3. Listrik

Berikutnya ada listrik, dimana ketentuan ini diatur dalam Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tarif Adjusment Mechanism dan Harga Jual Eceran Listrik

4. Obat dan Alat Kesehatan

Kemudian ada obat dan alat kesehatan, yang diatur dalam peraturan Undang-undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan terkait dengan penetapan HET untuk obat-obatan tertentu, dll.

5. Barang lainnya

Selain barang di atas, pemerintah juga dapat menetapkan HET untuk barang-barang lainnya yang dianggap strategis atau penting bagi masyarakat.

Seperti tabung gas LPG, pupuk, dan benih. Penetapan HET untuk barang-barang ini biasanya dilakukan melalui Peraturan Menteri Perdagangan atau Peraturan Menteri terkait

Siapa yang Menentukan Harga Eceran Tertinggi?

Yang berwenang untuk menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) di Indonesia berada di tangan pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Perdagangan untuk barang kebutuhan pokok dan barang penting, dan kementerian terkait lainnya untuk jenis barang tertentu.

Sanksi Pelanggar Ketentuan HET

Adapun sanksi bagi pelaku usaha yang menjual barang di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) dapat bervariasi tergantung pada jenis barang dan aturan yang mengaturnya.

Bisa dilakukan pencabutan izin usaha, denda hingga 10% dari total penjualan produk, dan pelanggaran hak konsumen, dengan ketentuan berdasarkan peraturan yang berlaku di bidang tersebut.

Contohnya bagi pelaku usaha yang menetapkan harga beras di atas harga eceran tertinggi dapat dikenakan sanksi administratif. Ini termasuk pencabutan izin usaha setelah pelaku usaha diberikan peringatan tertulis maksimal 2 kali oleh pejabat penerbit izin, sesuai dengan Pasal 3 jo. Pasal 7 Permendag 57/2017. (Hukumonline.com)

Kesimpulan

Dari seluruh penjelasan di atas dapat disimpulkan jika, Harga Eceran Tertinggi (HET) merupakan instrumen penting dalam menjaga stabilitas harga, melindungi konsumen, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Penerapan HET di Indonesia memiliki dasar hukum yang kuat dan dilaksanakan oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, dan Badan Pangan Nasional.

Bagi pelaku usaha, penting untuk tepat dalam menetapkan harga, menghormati aturan HET, dan berfokus pada pelayanan yang baik. Salah satunya dengan menggunakan software kasir online Beepos.

Hitung Stok Hingga Catat Pembukuan Keuangan Toko Kelontong Mudah Pakai Beepos

Software kasir yang dapat membantu pedagang memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan, mencatat transaksi, pembukuan hingga akuntansi. Mau? Klik banner di bawah ini atas sekarang juga!

Artikel Terkait

Sebelum Buka Usaha, Kenali Surat Izin Usaha Dahulu
Agar bisnis Anda terjamin legalitasnya, surat izin usaha untuk dagang merupakan hal krusial yang wajib dimiliki. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan
Baca Juga
7 Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula dan Tips Suksesnya
Saat ini TikTok Shop telah menjadi platform yang semakin populer bagi para pengusaha untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Tidak
Baca Juga
Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya
Kompetitor adalah pesaing usaha yang berbisnis dibidang yang sama, menawarkan produk/ jasa yang sama. Bisa berada di wilayah yang berbeda
Baca Juga
13 Rekomendasi Usaha yang Jarang Rugi Untung Besar
Memiliki perasaan takut rugi ketika memulai bisnis rasanya sudah menjadi hal wajar, apalagi untuk pemula yang belum memiliki modal besar
Baca Juga
Apa itu E-Commerce? Inilah Penjelasannya
Berkat Internet, perkembangan teknologi telah menimbulkan peluang baru dalam dunia bisnis. Web E-commerce adalah salah satunya. Banyak orang belum mengetahui
Baca Juga
Cara Menghitung IRR: Mengungkap Acuan Keuntungan Investasi
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan jelas dan mudah dipahami mengenai cara menghitung IRR. Pengertian Internal Rate of Return
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu