Logo Bee Web

Fungsi Jurnal Penyesuaian dan Pengertiannya

Apa saja yang menjadi fungsi jurnal penyesuaian? Pahami jurnal penyesuaian di halaman ini dan pastikan untuk membuatnya dengan tepat.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 March 2023

Perusahaan jasa maupun dagang membutuhkan pembukuan yang bersifat profesional. Caranya adalah dengan menggunakan jurnal penyesuaian. Fungsi jurnal penyesuaian bermacam-macam, yang paling utama adalah untuk mengetahui saldo pada catatan akun di buku besar.

Maksudnya, jurnal penyesuaian sangat penting terutama di periode akhir laporan keuangan. Di dalamnya terdapat informasi lengkap yang bisa digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan, terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Menurut katadata, Jurnal penyesuaian ini mampu membantu menerapkan pembukuan yang lebih profesional. Jurnal ini dapat menjadi pegangan ketika akan mempertanggungjawabkan di akhir periode laporan keuangan. Pasalnya, jurnal ini akan memuat berbagai informasi yang dibutuhkan.

Sebelum mencari tahu apa saja fungsinya, cari tahu dulu apa pengertiannya. Dapatkan informasi lengkap mengenai topik ini pada artikel di bawah.

Sekilas Tentang Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian merupakan suatu jurnal yang diciptakan saat terjadi perubahan saldo di sebuah akun keuangan. Setiap pencatatan yang dilakukan bisa menunjukkan saldo yang sebenarnya. Jumlah itulah yang akan menjadi saldo riil sehingga bisa diketahui di ujung periode pembukuan.

Apa Itu Jurnal Penyesuaian

Ilustrasi Tumpukan Kertas (Credit: Unsplash)

Saldo tersebut juga bisa menentukan pencatatan pendapatan atau beban bersih perusahaan. Bersumber dari berbagai bukti transaksi yang telah terjadi di suatu periode. Selain itu, jurnal ini juga termasuk bagian akuntansi dasar yang paling penting.

Jadi, jurnal ini disusun dengan tujuan mencatat terjadinya perubahan saldo di suatu akun. Sehingga faktor yang menjadi dasar kebutuhan jurnal ini adalah transaksi yang telah terjadi tapi belum tercatat informasinya serta transaksi yang telah terjadi dan tercatat tapi membutuhkan penyesuaian saldo.

7 Fungsi Jurnal Penyesuaian Bagi Pengelolaan Bisnis

Yang paling utama dari beberapa fungsi jurnal penyesuaian adalah menyesuaikan transaksi yang terdapat di buku besar. Selain itu, jurnal ini juga menyediakan beberapa fungsi lainnya. Pembahasan mendetail mengenai fungsi lain jurnal ini adalah:

1. Mencari Tahu Nilai Riil

Dengan adanya jurnal ini, pengelolaan bisnis akan menjadi lebih jelas. Anda bisa mengetahui nilai riil suatu aset maupun akun lainnya setelah waktu berlalu. Misalnya, dengan menggunakan jurnal penyesuaian, perusahaan bisa mengetahui nilai aset setelah terjadi penyusutan.

2. Jurnal Penyesuaian untuk Mengetahui Nilai akun

Jurnal penyesuaian juga memungkinkan pengelola bisnis untuk mengetahui nilai akun yang terdapat pada buku besar. Hasilnya, proses pelaporan keuangan bisa berlangsung dengan lebih mudah dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu.

3. Menyesuaikan Pembayaran

Fungsi jurnal penyesuaian yang berikutnya adalah mempermudah perusahaan dalam menyesuaikan pembayaran utang beban. Fungsi yang satu ini akan sangat terasa ketika perusahaan sudah menggunakan jasa tapi masih belum melakukan pembayaran terhadap jasa tersebut.

4. Melakukan Pencatatan

Pencatatan Jurnal Penyesuaian

jurnal penyesuaian sangat penting terutama di periode akhir laporan keuangan (Credit: Unsplash)

Perusahaan atau pengelola bisnis bisa melakukan pencatatan terhadap akun beban. Pencatatan bisa dilakukan terhadap akun beban yang telah melewati jatuh tempo. Atau, pencatatan juga bisa dilakukan jika akun beban digolongkan sebagai salah satu piutang beban yang harus dibayar di muka.

5. Jurnal untuk Menghitung Depresiasi

Kemudian, jurnal ini juga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan depresiasi atau penyusutan nilai. Penyusutan nilai ini bisa terjadi terhadap akun aktiva tetap selama suatu periode berjalan.

6. Menyesuaikan Pencatatan

Tujuan dari jurnal ini yang berikutnya adalah untuk menyesuaikan proses pencatatan akun untuk perlengkapan. Perlengkapan yang mempunyai masa habis pakai membutuhkan pencatatan tersendiri dan bisa digunakan untuk tujuan tersebut.

7. Menentukan Akun Beban dan Pendapatan

Jurnal penyesuaian bisa digunakan untuk menentukan akun beban serta akun pendapatan dengan terjadinya penyesuaian selama suatu periode akuntansi. Hasilnya, akun nominal atau akun pendapatan serta beban bisa mempunyai nilai yang lebih up to date.

Akun yang Wajib Menggunakan Jurnal Penyesuaian

Ada banyak akun atau hal yang perlu disesuaikan di akhir periode pembukuan. Beberapa akun yang membutuhkan jurnal penyesuaian ada di bawah ini.

1. Persediaan Jasa dan Barang

Jurnal ini berfungsi untuk menghapus persediaan barang di awal atau di neraca saldo dan juga untuk mencatat persediaan barang di akhir. Penyesuaian bisa dilakukan dengan menggunakan informasi yang berasal dari stok opname di periode tersebut.

2. Persediaan Perlengkapan

Jurnal ini juga diperlukan oleh bagian persediaan perlengkapan. Sejumlah perlengkapan yang sudah digunakan selama suatu periode membutuhkan jurnal yang bisa disusun dengan metode tertentu.

3. Penyusutan Aset Tetap

Aset tetap atau yang dikenal dengan istilah aktiva tetap berwujud dalam satu periode juga membutuhkan penggunaan jurnal penyesuaian. Cantumkan beban penyusutan serta nominalnya kemudian cantumkan juga akumulasi penyusutannya lengkap dengan nominalnya.

4. Biaya YMH Dibayar

Biaya YMH atau yang menjadi hak tapi belum juga dibayarkan secara tunai juga harus dibuat jurnal penyesuaian di bagian akhir periode. Penulisannya adalah dengan mencantumkan beban serta biaya YMH dibayar lengkap dengan nominalnya masing-masing.

Mengingat ada berbagai fungsi jurnal penyesuaian yang sangat penting, pastikan untuk mempelajari proses pembuatan jurnal ini dengan benar dan tepat. Coba buat jurnal sendiri saat mempelajari prosesnya.

Dengan adanya jurnal penyesuaian, berbagai akun yang masih bercampur bisa dipilah agar menjadi akun nominal dan akun riil. Gambaran menyeluruh mengenai pendapatan di akun-akun nominal bisa didapatkan berkat jurnal ini.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan dan seluruh jurnal pada bisnis. Tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak itu Anda bisa menggunakan software akuntansi online. Keuntungan lain menggunakan software akuntansi selain hemat juga bisa meminimilasir kesalahan pencatatan pembukuan dan tindakan fraud yang bisa saja dilakukan oleh karyawan.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di bawah

Beecloud Jurnal Penyesuaian

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Keuangan bisa diibaratkan sebagai ‘jantung’ perusahaan, sehingga sifatnya sangat krusial khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Dengan adanya akuntansi dapat memberikan
Baca Juga
Contoh Laporan Audit, Standar, Jenis dan Cara Membuatnya
Laporan audit memegang peranan krusial dalam mengungkapkan keadaan finansial dan operasional suatu organisasi. Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, audit
Baca Juga
Mengenal Software Akuntansi Manufaktur dan Peran Pentingnya
Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi.
Baca Juga
Mengenal GMP (Good Manufacturing Practices) dan Strateginya
Mungkin cukup asing bagi masyarakat awam namun istilah GMP termasuk familiar bagi orang-orang yang bekerja di bagian produksi. terutama untuk
Baca Juga
Manajemen Laba: Teknik, Tujuan Beserta Contohnya
Manajemen laba merupakan salah satu strategi bisnis yang sering digunakan para manajer keuangan untuk tujuan tertentu demi perusahaan hingga tujuan
Baca Juga
10 Karakteristik Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan
Sebuah laporan keuangan berarti memiliki karakteristik laporan keuangan itu sendiri. Tujuannya adalah menjadikan catatan transaksi menjadi sistematis, sehingga nantinya dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu