Logo Bee Web

Ekspedisi Adalah Pengiriman Barang, Ini Penjelasannya

Ekspedisi adalah perusahaan jasa pengiriman barang. Bidang usaha ini saat ini sedang ramai dan sangat dibutuhkan. Berikut penjelasannya!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Istilah ekspedisi belakangan ini sudah sangat familiar, apalagi dengan banyaknya bisnis online yang menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan ekspedisi? Secara sederhana, ekspedisi adalah bisa diartikan sebagai pengiriman barang.

Melalui jasa ekspedisi, berbagai macam barang bisa dikirimkan ke tempat tujuan dengan mudah dan cepat. Itulah mengapa dalam bisnis online, ekspedisi memiliki peran yang sangat penting. Karena bisa lebih efisien dan menghemat biaya transportasi.

Bagi Anda yang tengah merintis bisnis online, tentunya penting untuk mengetahui berbagai macam informasi terkait ekspedisi. Agar lebih memahami pengertian ekspedisi beserta cara kerja dan contohnya, Anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.

Apa itu Ekspedisi

Dalam KBBI, istilah ekspedisi merujuk pada kegiatan pengiriman surat maupun barang logistik serta perusahaan pengangkutan barang. Ekspedisi juga berkaitan dengan perjalanan ke berbagai daerah untuk keperluan penyelidikan dan penelitian ilmiah.

Sementara jika dikaitkan dengan bisnis, maka ekspedisi lebih tepat jika diartikan sebagai kegiatan pengiriman barang dengan tujuan ke berbagai tempat dengan jenis barang yang beragam. Demikian juga dengan kapasitas dan ukuran barang yang bisa sangat bervariasi.

Arti Ekspedisi pada Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di awal, ekspedisi memiliki peran dan arti yang cukup penting dalam mendukung kegiatan bisnis. karena Dengan adanya jasa pengiriman barang maka arus perputaran barang dan uang dalam sebuah bisnis bisa berjalan lancar.

Karena untuk mencapai tempat tujuan pengiriman, tidak memungkinkan bagi produsen untuk mengirimkannya secara langsung. Selain membutuhkan waktu dan tenaga, biaya yang dibutuhkan tentu akan jauh lebih besar. Itulah mengapa banyak pelaku bisnis yang menggunakan jasa ekspedisi.

Melalui jasa ekspedisi tersebut barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan tepat waktu, meskipun lokasinya tersebar di berbagai wilayah. Selain bisa menjangkau wilayah yang sangat luas, kapasitas barang yang dikirimkan juga bisa dalam jumlah yang besar.

Cara Kerja Bisnis Ekspedisi

Ekspedisi adalah salah satu solusi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga sangat penting untuk mendukung kemajuan bisnis. Pada prosedur pengiriman barang, maka jasa ekspedisi akan mengikuti SOP yang berlaku. Agar lebih paham, berikut adalah prosedur dan cara kerja ekspedisi:

1. Pemesanan Barang

Sebelum melakukan pengiriman, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemesanan. Adapun dokumen yang harus disiapkan adalah KTP, NPWP serta SPPKP. Tujuannya untuk mempercepat pembuatan Bill of Lading.

2. Penerimaan dan Pemeriksaan

Proses selanjutnya adalah penerimaan dan pemeriksaan container empty. Setelah mendapat persetujuan maka akan diterbitkan Equipment Interchange Receipt atau EIR. Yaitu dokumen yang menginformasikan kondisi container secara lebih detail.

Karyawan Jasa Pengiriman Menyerahkan Barang Ke Pelanggan

Ilustrasi Karyawan Ekspedisi Menyerahkan Barang ke Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

3. Menentukan Berat Maksimum

Selanjutnya akan dilakukan proses menentukan berat maksimum pada isi container. Dalam hal ini akan ada penjelasan dari jasa ekspedisi terkait dengan ketentuan berat maksimum pada container.

4. Ketentuan Barang Mudah Rusak dan Barang Cair

Proses berikutnya berkaitan dengan ketentuan terhadap barang yang mudah rusak dan barang cair. Untuk benda yang mudah rusak akan dikirim melalui general purpose container dari baja dengan daya tahan yang cukup tinggi.

Sementara untuk barang cair biasanya ada penolakan jika lebih berisiko tumpah atau mengandung bahan kimia yang berbahaya. Oleh karena itu, pengiriman barang cair harus menggunakan tangki agar tetap aman di perjalanan.

Jenis Barang yang Bisa Dikirim dengan Jasa Ekspedisi

Setelah mengetahui prosedur pengiriman barang sesuai SOP yang berlaku, Anda juga perlu mengenali jenis barang yang bisa dikirimkan. Adapun jenis barang yang bisa dikirim dengan jasa ekspedisi adalah barang elektronik, farmasi, fashion, pertanian, bahan bangunan, makanan, kosmetik, otomotif dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Ekspedisi pada Bisnis

Ketika menjalankan bisnis online, Anda tentu akan sangat membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang agar sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari layanan ekspedisi, yaitu:

1. Praktis

Salah satu manfaat dan keuntungan menggunakan jasa ekspedisi adalah praktis dan aman. Karena barang yang sudah dibeli bisa sampai ke tangan konsumen tanpa perlu mengjrimkan sendiri.

2.Cepat

Selain praktis, manfaat lain dari layanan ekspedisi adalah cepat dan tepat waktu. Sehingga konsumen merasa puas dengan layanan bisnis Anda. Kecepatan dan ketepatan dalam pengiriman tersebut tentunya akan membuat perputaran barang semakin efektif.

3. Meningkatkan Bisnis

Dengan menggunakan jasa ekspedisi, konsumen bisa dengan mudah melacak dan mengetahui keberadaan barang melalui fasilitas tracking yang tersedia. Selain itu, dengan jasa ekspedisi, bisnis yang dikembangkan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Contoh Bisnis Ekspedisi di Indonesia

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ekspedisi artinya pengiriman barang. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis jasa ekspedisi yang bisa digunakan. Berikut adalah beberapa contoh jasa ekspedisi yang sering digunakan masyarakat:

1. J&T Ekspress

Ekspedisi J&t Express

J&T Express (Sumber: kompas.com)

J&T Ekspress merupakan salah satu jasa ekspedisi ternama di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 2015. Dengan pengalamannya tersebut, J&T Ekspress banyak dipercaya pelaku bisnis untuk kebutuhan pengiriman ke berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam hal ini J&T Ekspress menyediakan 3 jenis layanan, yaitu J&T Super, J&T EZ atau Reguler dan J&T Eco atau ekonomi.

2. Pos Indonesia

Jasa pengiriman selanjutnya adalah Pos Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jasa pengiriman ini sudah berdiri sejak tahun 1746 dan hingga saat ini masih tetap eksis melayani masyarakat yang ingin mengirimkan berbagai dokumen dan barang.

3. JNE

Ekspedisi Jne

Jasa Pengiriman JNE (Sumber: konomi.bisnis.com)

JNE sudah berdiri sejak tahun 1990 dan saat ini memiliki banyak cabang atau agen di berbagai wilayah di Indonesia. Sama seperti dua jasa pengiriman sebelumnya, JNE juga banyak digunakan masyarakat untuk mengirimkan barang ke berbagai daerah.

4. TIKI

Perusahaan ekspedisi selanjutnya adalah TIKI. Penyedia layanan ekspedisi ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan masih tetap eksis hingga saat ini. Ada banyak layanan yang disediakan oleh TIKI, seperti overnight service, same day service yang super cepat dan trucking service.

5. Ninja Express

Jasa ekspedisi ini menyediakan layanan yang diklaim sangat cepat sehingga masyarakat bisa menerima paket tepat waktu. Salah satu layanannya adalah Ninja Fast yang memungkinkan paket diterima keesokan harinya. Sedangkan Ninja Super akan dikirim di hari yang sama.

6. SiCepat

Perusahaan ekspedisi ini mulai beroperasi sejak tahun 2014 dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Tidak heran jika saat ini SiCepat banyak digunakan oleh masyarakat dan pelaku bisnis. Hal ini tentu tidak terlepas dari layanannya yang berkualitas.

Dengan demikian maka ekspedisi adalah salah satu faktor penting yang mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Tanpa adanya jasa ekspedisi maka produsen akan mengalami kesulitan untuk mengirimkan barang ke konsumen. Karena untuk mengirimkan sendiri biayanya sangat besar.

Bagi Anda yang mempunyai bisnis ekspedisi dan ingin punya laporan pembukuan, Beecloud solusinya. Dengan software akuntansi ini, Anda bisa mencatat pendapatan dari jasa kirim barang. Selain itu, Anda juga bisa mencatat biaya operasional usaha jasa pengiriman barang ini.

Beecloud Untuk Usaha Jasa Pengiriman Barang Atau Ekspedisi

Dan menariknya di Beecloud, setiap transaksi yang Anda catat otomatis akan membuat laporan keuangan secara instan. Dengan begitu Anda bisa melakukan evaluasi dan mengambil keputusan cepat dan tepat berkat laporan keuangan Anda yang akurat.

Artikel Terkait

8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Apa Itu Teamwork? Bisnis tidak bisa dijalankan seorang diri. Bisnis yang besar pasti memiliki kerjasama tim atau teamwork yang baik.
Baca Juga
Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen dan Format
Contoh slip gaji karyawan saat ini sebenarnya bisa dibuat secara online maupun offline. Slip gaji merupakan salah satu dokumen yang
Baca Juga
Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan
Elastisitas permintaan ini biasanya akan muncul akibat adanya harga suatu barang yang berpengaruh terhadap permintaan para konsumen. Apabila harga turun
Baca Juga
5 Contoh Analisis Resiko Bisnis dan Cara Analisisnya
Dalam mengelola sebuah usaha, analisis resiko memainkan peran krusial dalam menentukan kesuksesan jangka panjang. Dimana dengan analisis ini kita dapat
Baca Juga
Annual Report: Fungsi Bagi Bisnis dan Contohnya
Annual Report atau laporan tahunan lebih dikenal salah satu dokumen yang paling diinginkan oleh para pemegang saham. Laporan ini biasanya
Baca Juga
Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tahapannya
Pernah mendengar istilah performance appraisal? Istilah yang sering digunakan untuk penilaian kinerja karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini biasanya kerap
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu