🎉 Grand Launching SOM! Dapatkan Diskon 10%
Logo Bee Web

[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet

Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet?
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 21 June 2021

Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet?

Setiap bisnis pasti menginginkan omset penjualan dan laba yang selalu meningkat. Namun ternyata hal tersebut tidak mudah, perlu adanya strategi atau beragam cara meningkatkan omset dan laba setiap bulan.

Syarat sesuatu bisa ditingkatkan adalah harus bisa diukur

Setelah sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara meningkatkan omset penjualan hingga 79% dengan matematika sd, kini saatnya kita membahas bagaimana cara menarik pelanggan baru dengan customer magnet.

rahasia-menarik-pelanggan-baru-dengan-customer-magnet

Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet (Sumber: Google.com)

Pelanggan atau konsumen adalah hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Sebab, dengan adanya pelanggan, bisnis dapat lebih berkembang dan bertahan menghadapi persaingan dunia usaha. Oleh karena itu, memiliki pelanggan yang lebih banyak dari sebelumnya adalah salah satu impian dari para pemilik usaha. Mendapatkan pelanggan baru merupakan sebuah tantangan penting di dalam bisnis.

Komponen Membangun Customer Magnet untuk Meningkatkan Omset

Ada 3 komponen untuk membangun customer magnet dengan analogi memancing ikan, yaitu umpan, kail, dan joran.

komponen-customer-magnet-untuk-menarik-penggan-baru

Komponen Membangun Customer Magnet

1. Umpan - Hot Product untuk Menarik Pelanggan Baru

Produk yang lagi trending/disukai atau banyak dibeli pelanggan. Cari tahu produk apa yang cocok untuk dijadikan umpan, kriterianya adalah:

  • Disukai banyak orang

  • Harga terjangkau

  • Item terlaris

  • Baru, lagi trending

customer-magnet-umpan-produk-terlaris

Contoh Customer Magnet dengan Umpan Produk Terlaris (Sumber: Facebook.com)

Produk tersebut terbukti efektif untuk menarik pelanggan baru. Maksdunya adalah produk yang telah dijual ke banyak pelanggan.

Misalnya, Produk A terjual 9000 pcs tapi dari 1 orang pelanggan. Produk B terjual 7000 pcs tapi dari 700 orang pelanggan, masing-masing membeli 100pcs. Tentu saja kita harus memilih produk B karena yang beli banyak.

Jika Anda sudah memakai software akunting atau software kasir, Anda bisa mengeceknya di bagian "Penjualan Terbanyak/Terlaris" untuk mengetahui laporan ranking penjualan per item.

cara-mengecek-penjualan-terlaris-dengan-beecloud

Mudah Cek Penjualan Terlaris dengan Software Akuntansi Online Beecloud

2. Kail - Penawaran Menarik untuk Menarik Pelanggan Baru

Setelah kita memilih umpan langkah selanjutnya adalah pasangkan umpan ke mata kail. Dalam konteks bisnis, kail adalah offer atau penawaran yang menarik. Jika Anda ingin menarik pelanggan baru, maka Anda harus menawarkan sesuatu yang menarik bagi mereka.

Agar tetap kompetitif, Anda harus memberikan hal menarik agar pelanggan kembali datang ke gerai Anda. Apa saja contoh penawaran yang menarik, berikut adalah 5 penawaran menarik untuk menarik pelanggan baru dan contohnya:

  • Buat promo khusus member

contoh-promo-khusus-member

Contoh Promo Khusus Member (Sumber: Twitter.com)

Sebagai member biasanya tersedia sistem poin ketika mereka melakukan transaksi. Apabila poin telah terkumpul dengan jumlah tertentu, biasanya pelanggan akan mendapatkan berbagai macam benefit seperti penukaran hadiah atau pemotongan penggunaan produk usaha tersebut. Benefit inilah yang membuat mereka seneng berbelanja di toko Anda.

  • Diskon (harga coret)

contoh-promo-diskon-harga-coret

Contoh Promo Diskon Harga Coret (Sumber: Twitter.com)

Cara lain memberian diskon atau promo bisa dilakukan dengan memberikan tenggat waktu, jadi promo memiliki masa aktif untuk digunakan. Dengan begitu bisa memberikan dorongan kepada pelanggan baru atau lama untuk segera melakukan action.

  • Beli dua atau lebih lebih murah

contoh-promo-beli-dua-lebih-murah

Contoh Promo Beli 2 Lebih Murah (Sumber: Katalogpromosi.com)

Strategi beli dua/lebih terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Biasanya promo dibuat dengan harga yang lebih murah dari harga standart, tujuan utamanya agar meningkatkan produk yang terjual. Strategi ini memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, menghemat waktu dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

  • Bonus, BUY X GET Y

contoh-promo-bonus-beli-x-dapat-y

Contoh Promo Bonus Beli X Gratis Y (Sumber: Blogspot.com)

Produk bundle yang menggabungkan beberapa produk membuat konsumen bisa membeli lebih dari satu produk dalam satu pembelian. Contohnya seperti ketika membeli sabun cuci piring dapatkan spons cuci piring.

Penjual dapat memberikan opsi untuk membeli satu paket produk bundling dengan harga yang lebih murah.

  • Tebus murah (cuma nambah 1000 dapat X)

contoh-promo-tebus-murah

Contoh Promo Tebus Murah (Sumber: detikfinance)

Strategi promo tebus murah memungkinkan Anda membeli produk tertentu dengan hanya membayar sekian rupiah saja. Biasanya produk yang bisa dibeli pada promo tebus murah adalah minyak goreng dan produk privat label yang terpasang pada media promosi di spanduk atau brosur.

Mekanisme promo tebus murah dalah dengan membeli produk yang telah ditentukan dengan jumlah transaksi Rp. 50.000 atau lebih. Lalu Anda bisa langsung membeli produk yang ada pada promo tebus murah di satu struk/transaksi.

Intinya, kail atau hook ini adalah sesuatu yang membuat cutomer "kebelet" untuk membeli, makanya harus ada penawaran yang menarik.

3. Joran - Content Marketing untuk Menarik Pelanggan Baru

Setelah Anda punya umpan dan dipasang di kail langkah selanjutnya sebarkan menggunakan joran dan lemparkan umpan ke laut/kolam ikan.

Strategi digital marketing memungkinkan Anda melakukan penjualan ke berbagai lokasi yang lebih luas. Jika sebelumnya Anda masih menjalankan bisnis secara offline, untuk meningkatkan penjualan pastinya akan sulit karena dari segi target pasar tidak begitu luas. Tetapi dengan digital marketing target pasar Anda menjadi lebih banyak, jadi peluang untuk bisa meningkatkan penjualan semakin mudah.

media-promosi-digital-marketing-cara-menarik-pelanggan-baru

Berbagai Media Promosi Digital Marketing (Sumber: World Wide Market)

Ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti beriklan di Facebook Ads, Google Ads, Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media Marketing dan masih banyak lagi.

Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai media sosial. Sosial media bukan hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia.

Joran di sini artinya adalah content marketing. Format konten seperti apa yang cocok untuk disebarkan? Kontennya sesuaikan dengan media yang ingin digunakan.

Misalnya, di TikTok Anda bisa membuat video singkat dan ada lagunya. Kalau instagram biasanya konten seperti carousel atau video dengan kualitas tinggi. Facebook juga bisa dengan foto, video mapun teks.

Bagaimana racikan konten yang viral?

contoh-konten-viral-dari-gojek-cara-menarik-pelanggan-baru

Contoh Konten Viral dari Gojek Indonesia (Sumber: Facebook.com)

  • Format konten harus disesuaikan dengan platform
  • Native/candid
  • Selalu menerapkan soft selling
  • Tunjukkan produk
  • Beri offer/penawaran

Mengapa Anda Wajib Menerapkan Strategi "Daftar Member"?

Ketika Anda bikin promo, pastikan ada syaratnya, kenapa? Karena kita perlu mengukur keberhasilan promo yang kita buat.

Jika kita ingin meningkatkan omset ada dua cara dengan menaikkan harga dan menaikkan volume penjualan. Menaikkan volume penjualan bisa dilakukan dengan menambah jumlah customer.

Jika tidak ada data customer, otomatis kita tidak bisa mengukur apakah promo yang kita lakukan berhasil atau tidak.

laporan-transaksi-member-harian-cara-menarik-pelanggan-baru

Laporan Transaksi Harian Member dengan Software Akuntansi Online Beecloud

Jika Anda tidak memiliki data customer, Anda tidak bisa menganalisa apakah promo menambah konsumen baru, apakah promo banyak dibeli konsumen baru atau malah konsumen lama. Anda harus bisa mengukur berapa konsumen baru yang datang akibat promo yang sedang Anda jalankan.

Apa saja kegunaan sistem database customer dengan daftar member?

  • Pelanggan baru vs pelanggan total

  • Berapa dari customer kita yang aktif transaksi

  • Retensi pelanggan

  • Buat loyalty sistem

  • Rata-rata belanja per pelanggan

laporan-ranking-penjualan-customer-cara-menarik-pelanggan-baru

Laporan Ranking Penjualan Customer dengan Software Akuntansi Online Beecloud

Membangun database customer sedini mungkin sangat penting karena di masa pandemi, mereka yang terkena dampak paling serius adalah usaha yang tidak memiliki database customer. Kenapa? Karena sudah terbiasa dengan customer yang datang dan pergi begitu saja.

Kesimpulan

Ingat! Syarat sesuatu bisa ditingkatkan adalah harus bisa diukur. Jangan mau kalah dengan Toko Sebelah
Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Beepos sekarang anda bisa! Klik gambar di bawah ini untuk download inspirasi promo-promo menarik (customer magnet) untuk menarik pelanggan baru.

8-jenis-promosi-penjualan-cara-menarik-pelanggan-baru

software-akuntansi-software-kasir-beepos

Artikel Terkait

Cara Memulai Bisnis Online Lengkap Anti Gagal
Bisnis online sudah menjadi salah satu solusi yang disukai oleh para pengguna smartphone. Banyak produk bisa didapatkan dengan mudah hanya
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
13 Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut!
Jika disebutkan secara sederhana kunci keberhasilan dalam bisnis adalah konsistensi dan adanya keinginan untuk terus belajar. Sebab kesuksesan suatu bisnis
Baca Juga
Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus
Baca Juga
Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Joint Cost Adalah: Komponen, Metode Alokasi dan Contohnya
Dalam dunia produksi dan manufaktur, pengelolaan biaya adalah salah satu aspek kunci dalam menjaga keseimbangan keuangan perusahaan. Salah satu komponen
Baca Juga
8 Contoh CSR Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap pembangunan sosial, lingkungan, dan ekonomi di sekitarnya.
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Panduan Cara Cek Legalitas Perusahaan dan Dokumennya
Di tengah maraknya bisnis baru yang bermunculan, upaya memastikan legalitas perusahaan adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi pelaku
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu