Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Aplikasi Kasir Rental dan Tips Bisnis Rental

Dipublish Tgl: Monday, 30 May 2022

Aplikasi kasir rental sering menjadi kebutuhan orang yang menjalankan bisnis penyewaan atau yang bisa disebut juga sebagai rental. Bisnis rental ini cukup populer karena memiliki peluang yang sangat menguntungkan.

Menjalankan bisnis rental bisa dikatakan lumayan beresiko karena kondisinya kita memberi pinjaman berupa barang yang mahal kepada pelanggan. Jika tidak dikelola dengan baik maka itu hanya akan memberikan kerugian yang sangat besar.

Untuk itulah disini bantuan teknologi dibutuhkan seperti contohnya aplikasi kasir rental. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini secara detail.

Aplikasi Kasir Rental untuk Bisnis Rental

Aplikasi Kasir Rental Untuk Usaha Rental

Ilustrasi Menyerahkan Kunci Mobil Usaha Rental Mobil (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi kasir rental adalah perangkat lunak kasir berbasis cloud yang berfungsi untuk membantu dalam proses transaksi dalam bisnis rental Anda. Menggantikan mesin kasir manual, pada dasarnya fungsi utama dari aplikasi kasir ini adalah membantu proses transaksi pembayaran menjadi lebih terintegrasi.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot berada di belakang kasir, karena aplikasi kasir online ini terhubung ke sistem backoffice.

Selain berguna untuk memantau, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan secara realtime dengan sistem backoffice. Secara umum, mesin kasir ini berfungsi untuk memfasilitasi proses transfer transaksi dan mencatat penjualan menjadi lebih praktis dan cepat.

Baca Juga: Aplikasi Rental dan Strategi Sukses Bisnis Rental

Kelebihan Aplikasi Kasir Rental

aplikasi rental laporan history kendaraan

Ilustrasi Aplikasi Rental Laporan History Kendaraan (Sumber: Bee.id)

Menggunakan aplikasi kasir rental tentu akan memudahkan pengusaha untuk memantau kegiatan bisnis pada satu waktu karena dalam aplikasi ini ada berbagai fitur yang membantu melayani proses transaksi.

Salah satu fitur dalam aplikasi ini adalah fitur manajemen inventaris, fitur ini dapat membantu bisnis Anda dalam mengatasi pengelolaan stok kendaraan yang sering kacau.

Keuntungan dari aplikasi kasir juga dapat dilihat dari sisi pengguna, yaitu kasir dan manajer bisnis. Di mana admin kasir difasilitasi oleh kenyamanan proses transaksi yang lebih efisien dan lebih meminimalkan kesalahan daripada mesin register kasir biasa.

Sementara dalam hal manajer bisnis, aplikasi difasilitasi untuk memeriksa dan memantau hasil transaksi online, bahkan aplikasi ini sudah menggunakan sistem cloud di mana semua data dapat diintegrasikan dalam penyimpanan online sehingga tidak sulit bagi orang-orang pebisnis untuk memantau banyak outlet.

Manfaat Aplikasi Kasir Rental bagi Kemajuan Bisnis

Ilustrasi Bisnis Rental Software Persewaan

Ilustrasi Bisnis Rental

Selain kelebihan, berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi rental.

1. Aplikasi Rental dapat Mengurangi Kesalahan Transaksi

Melakukan transaksi dengan sistem kasir tradisional atau secara manual dapat meningkatkan risiko penghitungan kesalahan. Ini tentu saja akan membahayakan bisnis karena Anda tidak dapat memeriksa transaksi yang telah dilakukan.

Sementara itu, dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat memeriksa produk atau barang apa yang dijual dan pembayaran diterima. Dengan begitu, kesalahan transaksi penjualan dapat dihindari.

2. Aplikasi Rental dapat Memudahkan Penghitungan Penjualan

Sehubungan dengan manfaat aplikasi kasir yang mengurangi kesalahan transaksi, aplikasi ini juga memudahkan dalam proses perhitungan penjualan.

Jika sistem kasir manual mengharuskan Anda menghitung tumpukan tanda terima untuk dapat mengetahui total penjualan dalam sehari. Kemudian aplikasi kasir akan memberi Anda semua data dan riwayat transaksi yang dilakukan sehingga mudah bagi Anda untuk menghitung pendapatan.

3. Aplikasi Rental Memberikan Kemudahan Melakukan Pengecekan Histori Transaksi

Dengan sistem kasir, memeriksa transaksi sebelumnya dapat dilakukan semudah mengklik tombol pada aplikasi kasir. Anda tidak perlu lagi melihat data transaksi yang ditumpuk, seperti saat menggunakan sistem kasir konservatif.

Karena sistem aplikasi kasir menyimpan semua data ini. Cukup pilih tanggal waktu transaksi dan semua data akan secara otomatis muncul.

4. Aplikasi Rental dapat Memudahkan Pembuatan Laporan Ketersediaan Kendaraan

Dengan aplikasi rental, setiap kali ada barang yang dirental , akan secara otomatis mengurangi  jumlah informasi tentang ketersediaan barang. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membuka aplikasi ini dan memeriksa jumlah kendaraan.

5. Aplikasi Rental Dapat Menunjukkan Stok Kendaraan yang Tersedia

Aplikasi rental dapat membantu mengingatkan Anda jika ada kendaraan kosong sehingga Anda dapat mengetahui mana saja yang sedang dirental. Biasanya, akan ada pemberitahuan yang muncul dalam aplikasi.

6. Aplikasi Rental dapat Menyediakan Pelayanan yang Lebih Cepat

Karena sistem pencatatan yang otomatis, Anda dapat secara langsung memasukkan pesanan dari pelanggan dan mendapatkan laporan secara real-time. Karena Anda tidak perlu menghitung manual, bisnis Anda dapat memberikan layanan yang lebih cepat kepada semua pelanggan.

Fitur Aplikasi Kasir Rental

Tampilan Laptop Kalender Booking Software Rental

Tampilan Laptop Kalender Booking Aplikasi Rental Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Aplikasi kasir dilengkapi dengan banyak fitur pendukung. Ada beberapa fitur dari aplikasi kasir yang dapat Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut

Transaksi Pembelian

Dalam mengelola stok kendaraan yang akan dirental, pasti Anda membutuhkan maintenance agar pelanggan nyaman ketika mengendarai kendaraan yang dirental. Untuk melakukan pembelian atau pengeluaran biaya maintenance, Anda juga bisa menggunakan fitur transaksi pembeluan

Fitur Transaksi Pembelian sekarang tidak hanya dilakukan secara tunai tetapi sekarang dapat dilakukan secara kredit. Dalam aplikasi ini ada catatan digital dan Anda dapat mengintegrasikan sistem dengan pemindai atau printer.

Inventarisasi Barang

Anda tidak perlu lagi kewalahan mencatat menggunakan pena dan kertas. Sekarang Anda dapat memasukkan dan mengeluarkan stok inventaris kendaraan dengan aplikasi kasir. Sangat praktis bukan?

Multiple User

Aplikasi kasir ini tidak hanya digunakan oleh satu pengguna, misalnya, hanya satu kasir yang dapat menggunakannya tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Aplikasi kasir ini dapat digunakan oleh banyak pengguna atau oleh banyak kasir, tentu saja dengan banyak database terpusat. Aplikasi kasir ini juga fleksibel.

Sehingga Anda akan lebih mudah melakukan analisa dengan komputer lain.

Metode Pembayaran

Perkembangan teknologi memungkinkan pelanggan tidak perlu membayar tunai. Ada berbagai jenis metode pembayaran seperti melalui kartu debit atau kredit, e-waket, paypal dan sebagainya. Aplikasi kasir ini juga telah diintegrasikan dengan berbagai pembayaran virtual.

Catatan Keuangan

Dalam aplikasi kasir ada catatan keuangan untuk transaksi harian, mingguan dan bulanan. Hasil catatan dapat digunakan sebagai laporan untuk bisnis Anda.

Dari laporan ini kita dapat melihat pengembangan bisnis dari waktu ke waktu. Apa yang akan Anda dapatkan dari aplikasi ini adalah pencatatan dalam sistem mesin kasir dan juga laporan keuangan.

Aplikasi Rental Manajemen Order Rental dengan Kalender BookingBeeaccounting Rental Web

Lacak ketersediaan mobil atau motor dan atur waktu sewa dengan kalender booking dengan aplikasi rental kendaraan Beeaccounting. Beeaccounting memiliki program untuk mengetahui status mobil yang sedang ready, dibooking, disewa dan sudah dikembalikan. Ada juga sistem kalender untuk mengatur penjadwalan.
Di Beeaccounting juga terdapat fitur laporan history tiap kendaraan/barang rental jadi gak repot apabila ada mobil yang rusak tinggal cek history pemakaiannya aja. Mempermudah pemilik rental dalam mengelola data kendaraan dan data riwayat transaksi. Pencatatan riwayat transaksi akan tersimpan dalam sistem aplikasi rental. Jika nota atau data hilang maka karyawan dapat melihat riwayat transaksi.

Kesimpulan

Aplikasi kasir rental memberikan keuntungan jika digunakan untuk usaha rental. Keuntungannya adalah kemudahan dalam mengelola bisnis rental. Bisnis rental memang memiliki resiko yang cukup besar, apabila tidak dilakukan pengelolaan yang baik maka akan sangat mudah kehilangan barang.

Aplikasi rental berperan dalam mengelola stok kendaraan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan Anda laporan inventaris hingga laporan keuangan yang mudah dan cepat tanpa perlu membuatnya secara manual yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih.

Salah satu aplikasi rental yang dapat digunakan adalah aplikasi Beeaccounting. Dengan fitur manajemen ketersediaan rental, Anda akan mudah mengelola barang rentalan Anda.

7 Jenis Alat Scan Harga Barang yang Biasa Digunakan di Indomaret
Dаlаm dunіа bіѕnіѕ rіtеl, alat scan harga barang ѕаngаt аkrаb bagi mеrеkа уаng bеkеrjа dі kasir dаn kоntеr tоkо. Alаt […]
Baca Juga
Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan […]
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu