⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web
Panduan Beecloud
Dipublish: Wednesday, 9 March 2022

Import Transaksi E-Commerce (Shopee dan Tokopedia) Beecloud

Penulis: Bayu Septian
Cari Panduan Lainnya

Hallo Pebisnis,

Sekarang input transaksi dari marketplace (Tokopedia & Shopee) tidak perlu memakan waktu dan tenaga yang banyak, dengan bantuan Plugin ECommerce proses input transaksi dari marketplace akan berjalan dengan sangat cepat.

Pembahasan kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara Import transaksi dari marketplace ke Beecloud, Sebelum mengikuti panduan ini pastikan anda sudah membuat Profil untuk toko marketplace anda.

Baca Juga : Cara setting Profil Marketplace - Beecloud

Panduan ini akan menjelaskan ;

  1. Import Transaksi E-Commerce
  2. Proses Daftar Syncpool
  3. Import Pelunasan E-Commerce

Import Transaksi E-Commerce

Pastikan anda sudah melakukan Eksport data dari marketplace,

Baca Juga :
Ekspor data Penjualan Marketplace Tokopedia
Ekspor data Penjualan Marketplace Shopee

1. Masuk pada menu [Plugin] - [E-Commerce] - [Transaksi], setelah itu anda klik [+Import Data]

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 1. Transaksi E-Commerce

2. Selanjutnya anda pilih |Profil| toko Marketplace yang akan anda import lanjutkan dengan mencari file transaksi hasil export dari Marketplace anda.

Import Transaksi Tokopedia

Gb 2. Transaksi E-Commerce

Perhatian!! Untuk saat ini JUMLAH BARIS yang dapat di import adalah 200 Baris per file excel, Apabila lebih dari 200 Baris mohon bisa di pisah file excelnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari stuck pada browser akibat load yang sangat besar dari file excel.

3. Selanjutnya anda perlu menyesuaikan kolom yang sudah di sediakan, Tokopedia dan Shopee memiliki format excel yang berbeda sehingga anda perlu menyesuaikannya. Ikuti Gambar dibawah ini. Jika sudah sesuai silahkan klik |Proses|

Kolom Tokopedia

Gb3. Kolom Tokopedia

Shopee Bc

Gb 4. Kolom Shopee

4. Jika proses import sudah selesai anda akan mendapatkan pemberitahuan/notifikasi.

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 5. Proses Import Berhasil

Apabila pada Notifikasi/pemberitahuan anda mendapati ada transaksi yang gagal di import silahkan anda perbaiki terlebih dahulu sesuai dengan keterangan yang muncul pada notifikasi tersebut lalu lakukan proses import ulang.

Proses Daftar Syncpool

Setelah proses import transaksi selesai, langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mem-proses daftar syncpool. Sebelum saya lanjutkan langkahnya akan saya jelaskan terlebih dahulu kenapa harus mem-proses Daftar Syncpool.

Semua transaksi yang sudah di import masuk ke Daftar Syncpool dengan tujuan untuk memastikan bahwa Stock yang ada pada Beecloud cukup untuk memproses transaksi yang kita import dari marketplace, seperti yang kita tahu keunggulan pada sistem Beecloud adalah Security Stock yang kuat sehingga stock pada sistem akan selalu sama dengan Riil nya.

Lanjut ke pembahasan utama, ikuti langkah berikut ini,

1. Masuk pada menu [Sistem] - [Daftar Syncpool], silahkan anda klik Checkbox paling atas agar anda tidak perlu ceklist transaksi satu per satu. Klik [Proses]

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 6. Daftar Sycnpool

2. Jika proses Syncpool sudah selesai memproses anda akan dihadapkan dengan Notifikasi/pemberitahuan.

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 7. Syncpool berhasil dilakukan

3. Apabila pada menu Daftar Syncpool tidak ada transaksi itu berarti transaksi anda sudah berhasil di proses dan masuk ke Daftar Penjualan pada menu [Penjualan] - [Penjualan].

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 8. Transaksi masuk ke Penjualan

Jika anda mendapati ada transaksi yang masih ada di Daftar Syncpool maka itu brarti transaksi tersebut masih belum memenuhi syarat sistem, dalam kasus tersebut anda cukup cek icon mata pada kolom |Aksi| untuk melihat dimana kesalahan pada transaksi tersebut, apabila keterangan pada transaksi muncul "Item Kode : XXXX, qty tidak boleh minus" silahkan anda pastikan stok pada kode item yang dimaksud mencukupi secara sistem.
Apabila anda sudah mengisi kembali stok secara sistem terkait Item Kode tersebut silahkan anda proses kembali.

Import Pelunasan E-Commerce

Pastikan anda sudah melakukan Ekspor data pelunasan pada marketplace

Baca Juga :
Ekspor data pelunasan Marketplace Tokopedia
Ekspor data pelunasan Marketplace Shopee

1. Masuk pada menu [Plugin] - [E-Commerce] - [Pelunasan], Klik [+Import Data]

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 9. Import Pelunasan

2. Pilih Profil toko marketplace yang akan anda import pelunasannya, lanjutkan dengan memilih file hasil export pelunasan dari marketplace.

Untuk Shopee dan Tokopedia cara impor pelunasannya berbeda, jika anda impor pelunasan untuk Tokopedia saat sistem beecloud sudah menampilkan hasil pada bagian bawah halaman anda bisa langsung klik [Proses]

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 10a. Proses Import Pelunasan Toped

Jika Impor Pelunasan untuk Shopee maka harus disesuaikan terlebih dahulu kolom-kolom yang disediakan. Silahkan bisa lihat contoh gambar di bawah ini menyesuaikan kolom-kolomnya.

Impor Pelunasan Shopee

Gb 10b. Impor Pelunasan Shopee

3. Jika proses import pelunasan sudah berhasil anda akan melihat Notifikasi/pemberitahuan bahwa file yang anda import telah berhasil dilakukan.

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 11. Import Pelunasan berhasil

Apabila anda mendapati ada transaksi yang gagal di import silahkan anda cek dan perbaiki terlebih dahulu sesuai dengan keterangan yang muncul pada notifikasi dan lakukan proses import ulang.

4. Untuk memastikan pelunasan sudah berhasil masuk pada sistem Beecloud anda cukup  cek pada menu [Penjualan] - [Penjualan]

Import Transaksi E-Commerce - Beecloud

Gb 12. Pelunasan sudah masuk

Jika pada kolom |Bayar| sudah terisi sesuai dengan kolom |Total| maka itu berarti import pelunasan telah berhasil dilakukan, namun apabila pada kolom bayar masih tertulis Rp.0 maka itu berarti transaksi tersebut belum dilakukan proses pelunasan.

Panduan Terbaru

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Software Akuntansi Online

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Cepat Impor BOM Beecloud 3.0
Hallo Pebisnis, Sudahkah mengetahui cara input BoM secara massal / banyak pada Beecloud ? Jika anda merasa kewalahan untuk input
Baca Juga
Edit Dan Hapus Transaksi Penjualan Pada Beecloud Sales Order
Halo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai cara Edit Dan Hapus Transaksi Penjualan Pada Beecloud Sales Order. Untuk
Baca Juga
Perbarui Data Beecloud Sales Order
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara perbarui data Beecloud Sales Order secara manual. Ketika melakukan penambahan atau
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu