Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Download Software Bengkel Gratis untuk Usaha Bengkel Anda!

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Download software bengkel gratis adalah alat yang paling dicari banyak orang mengingat fungsinya sangat beragam untuk usaha bengkel.

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah kendaraan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Pada Januari 2022 saja, jumlah dua kendaraan roda di Jakarta mencapai 17,38 juta unit. Fenomena ini membuat banyak orang tertarik pada prospek bisnis bengkel sepeda motor.

Sayangnya, dari banyak bengkel sepeda motor yang tersedia, hanya sedikit yang menggunakan software bengkel gratis yang mumpuni. Akibatnya, tidak banyak pemilik bengkel menyadari bahwa sistem dapat membantu mereka meningkatkan kinerja bisnis.

Berikut adalah lima alasan mengapa seorang pengusaha bengkel perlu download software bengkel gratis:

Pentingnya Memiliki Program Pembukuan untuk Usaha Bengkel

review software akuntansi beeaccounting untuk usaha bengkel

Review Software Bengkel Beeaccounting untuk Usaha Bengkel (Sumber: Bee.id)

Bagi Anda yang tidak memiliki software pembukuan untuk bisnis bengkel, itu berarti Anda belum memahami pentingnya memiliki program ini.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa program pembukuan untuk bengkel sepeda motor atau mobil sangat penting:

1. Mempercepat Waktu Perbaikan Kendaraan Pelanggan

Salah satu alasan yang membuat pelanggan tidak pernah datang lagi ke bengkel Anda adalah karena butuh waktu terlalu lama untuk perbaikan. Penundaan dalam perbaikan tidak berasal dari mekanik tetapi karena pekerjaan administrasi yang rumit.

Pekerjaan administratif yang dimaksud termasuk memeriksa garansi yang masih dilakukan secara manual, sehingga butuh waktu terlalu lama ketika memesan suku cadang dari vendor, dan banyak lagi. Akibatnya, waktu untuk memperbaiki sepeda motor lebih lama dari yang seharusnya.

Dengan program pemeliharaan perbaikan kendaraan, Anda dapat mengotomatisasi berbagai pekerjaan administratif untuk mempersingkat waktu perbaikan. Retensi pelanggan juga meningkat dengan layanan yang lebih baik yang disediakan.

2. Inventaris Toko Kendaraan Terjaga dengan Baik

Dapat dikatakan, bahwa pemilik bengkel sepeda motor yang paling merugikan adalah inventaris yang tidak terkendali. Oleh karena itu, Anda memerlukan software bengkel gratis untuk dapat memantau inventaris kapan saja dan di mana saja.

Mengintegrasikan sistem manajemen inventaris ke dalam program pembukuan sangat penting untuk mengoptimalkan pemantauan stok dan aset. Sistem ini dapat membantu Anda melacak setiap item dalam inventaris secara real-time.

3. Otomatiskan Tugas yang Berulang

Fitur Pkb Perintah Kerja Software Bengkel Bee

Ilustrasi Pembuatan Perintah Kerja Software Bengkel (Sumber: Bee.id)

Membuat laporan keuangan, pengambilan stok, dan ulang stok dari vendor sering dilakukan di bengkel kendaraan. Sayangnya, pekerjaan ini sering membutuhkan waktu dan rentan terhadap kesalahan manusia jika Anda masih melakukannya secara manual.

Nah, sistem pemeliharaan perbaikan sepeda motor dapat membantu operator bengkel untuk mengotomatisasi tugas-tugas ini.

Misalnya, program dapat meningkatkan keakuratan laporan keuangan, mengurangi waktu untuk mengambil stok, mengotomatiskan stok pesan ulang, dan banyak lagi.

4. Mempertahankan Catatan Keuangan yang Terorganisir

Salah satu proses dalam bisnis, yang melelahkan dan sering kesalahan adalah pembukuan keuangan, termasuk bisnis perbaikan kendaraan.

Anda harus rajin memeriksa catatan keuangan bisnis agar tetap terorganisir sehingga kesalahan dalam pelaporan keuangan nantinya dapat diminimalkan. Ini adalah salah satu pentingnya program pembukuan untuk bisnis Anda.

5. Arus Kas yang Lebih Baik

Anda mungkin berpikir bahwa program pembukuan dapat berkontribusi pada peningkatan arus kas lebih baik daripada pembukuan manual.

Jawabannya tentu saja mungkin. Dengan program pembukuan, Anda dapat memantau kondisi keuangan secara real-time dan memberikan pemberitahuan informasi tentang faktur Anda.

Misalnya nama pelanggan/vendor, nomor, tanggal penerbitan dan tanggal jatuh tempo secara otomatis tanpa Anda terlalu sering memeriksanya secara manual.

Anda dapat menggunakan fitur dalam program pembukuan untuk menerapkan kebijakan arus kas yang lebih baik.

Dengan meningkatnya arus kas, itu pasti akan berdampak positif pada kinerja bisnis bengkel kendaraan Anda. Akibatnya, bisnis Anda menjadi lebih mudah untuk dikembangkan dan mendapatkan lebih banyak manfaat.

6. Memudahkan Anda Menganalisis Perkembangan Bisnis

Bengkel kendaraan adalah bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang sengit. Itulah sebabnya Anda harus pandai menganalisis pengembangan bisnis Anda di tengah persaingan yang ketat untuk bertahan hidup.

Sekarang, dengan menganalisis laporan keuangan, Anda dapat dengan mudah mengelola keuntungan dan kerugian Anda. Terutama jika didukung oleh software bengkel gratis, maka Anda dapat menilai kinerja bisnis Anda dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda.

Baca Juga: 3+ Program Bengkel Terbaik Untuk Usaha Bengkel Anda

Fitur Utama Software Bengkel Gratis

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bengkel Mobil

Ilustrasi Meningkatkan Pelayanan Bengkel dengan Software Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Software bengkel kendaraan dibuat untuk membantu bisnis bengkel dalam mengelola operasinya. Software ini memberi pengguna akses ke sumber daya yang membantu mereka mengelola inventaris, catatan pelanggan, riwayat layanan, harga, dan data penting lainnya.

Untuk bisa mendapatkan software bengkel sesuai dengan kebutuhan, pertimbangkan apakah perangkat lunak yang Anda pilih memiliki fitur-fitur berikut:

1. Pembaruan Otomatis Biaya Suku Cadang

Fitur ini mencakup stocking dan bagian non-stocking yang terbuat dari vendor yang menggunakan layanan yang sama dan menyimpan software bengkel kendaraan.

Harga suku cadang ini akan berubah secara otomatis dan sebagai hasilnya, program akan memberi tahu vendor tentang perubahan yang sesuai untuk setiap komponen.

2. Fitur Smartlink e-Banking

Fitur ini memudahkan Anda untuk menarik data rekening giro dari Internet Banking. Dengan begitu, proses rekonsiliasi bank menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Anda tidak perlu repot-repot memeriksa akun Anda secara manual dan terus menerus.

3. Fitur Penghitungan Gaji Karyawan

Laporan Komisi Mekanik Usaha Bengkel

Ilustrasi Laporan Detail Komisi per Mekanik (Sumber: Bee.id)

Bagi Anda yang memiliki bengkel sepeda motor atau mobil berskala besar dan memiliki banyak staf dan mekanik, menghitung gaji karyawan tentu saja merupakan masalah yang sangat pusing jika masih dilakukan secara manual.

Untuk itu, Anda memerlukan software bengkel gratis yang memiliki fitur ini.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mencatat setiap beban gaji karyawan setiap bulan secara otomatis. Selain itu, Pajak Penghasilan (PPH) juga akan dihitung secara otomatis pada pembukuan keuangan Anda.

4. Penghitungan Inventaris dan Aset Otomatis

Seperti yang Anda ketahui bahwa bisnis bengkel kendaraan juga harus memiliki inventaris besar, baik dalam hal jumlah maupun jenis.

Sekarang, dengan menggunakan software pembukuan bengkel gratis yang andal, Anda bisa mendapatkan inventaris otomatis dan fitur perhitungan aset. Mulai dari bangunan, kendaraan operasional, peralatan mekanik, dan banyak lagi.

Anda tidak memerlukan input manual apa pun yang tentu saja rumit dan melelahkan. Semua informasi yang terkait dengan inventaris dan aset disimpan dalam sistem. Informasi ini dapat meliputi merek, vendor, kategori, definisi, hingga jumlah suku.

Baca Juga: Software Bengkel Mobil: 9+ Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

Download Software Bengkel Gratis

 

Beeaccounting,  Software bengkel yang didesain khusus untuk memudahkan manajemen bisnis bengkel dan toko sparepart/aksesoris mobil & motor.

Memiliki sistem manajemen service dengan nomor urut antrian yaitu sebuah multiple order dari beberapa kendaraan sekaligus tersaji dalam satu dashboard. Penambahan/perubahan order dapat dengan cepat dan mudah di input.

Selain itu, Beeaccounting juga memiliki fitur membuat dan mencetak surat Perintah Kerja Bengkel (PKB) Otomatis. Perintah Kerja Bengkel (PKB) bisa dicetak begitu customer datang, berisi keluhan berikut jasa service plus parts yang diperlukan.

Untuk kebutuhan manajemen keuangan, fitur penghitungan otomatis juga jangan dilewatkan. Dengan adanya rekap pekerjaan per mekanik, maka sistem penggajian lebih transparan dan fair untuk semua pihak, sehingga mekanik lebih semangat dan loyal.

Download software bengkel gratis Beeaccounting, klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Kesimpulan

Pengunaan software bengkel memang sangat mempengaruhi perkembangan usaha bengkel. Seperti yang sudah Anda baca di atas, bahwa software bengkel memiliki banyak manfaat yang didapat.

Anda bisa mulai menggunakan software bengkel gratis dan mulai mengembangkan usaha bengkel lebih maju lagi.

Aplikasi Kasir Minimarket Terbaik Bikin Aman dan Jualan Cepat
Pada masa saat ini aplikasi kasir minimarket adalah menjadi solusi terbaik untuk memudahkan dalam bertransaksi mulai dari pembelian dan penjualan […]
Baca Juga
Mengapa Bisnis Ritel Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan?
Aplikasi penjualan atau yang sering kita kenal dengan POS (Point of Sale) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu Anda […]
Baca Juga
Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property
Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu