🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Tujuan Koperasi dan 5 Prinsip Dasar Koperasi

Apa saja yang menjadi tujuan dari usaha koperasi dan prinsip apa yang mendasarinya? Cari tahu semua jawabannya hanya di halaman ini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Istilah koperasi sudah sering terdengar sejak seseorang berada di bangku sekolah. Koperasi sendiri merupakan badan usaha yang dirancang untuk menopang ekonomi masyarakat Indonesia. Berbagai tujuan koperasi menunjukkan bahwa badan usaha ini memang dirancang untuk keperluan rakyat.

Berdasarkan keterangan dari Undang-Undang No. 25 Tahun 1992, kata koperasi sendiri bisa berarti suatu badan usaha dengan anggota terdiri dari sekumpulan orang. Kegiatan yang dilakukan oleh koperasi berlandaskan prinsip koperasi sebagai gerakan perekonomian rakyat berbasis kekeluargaan.

Tidak heran kalau proses pengelolaan koperasi cenderung didominasi oleh kegiatan saling menolong dengan tujuan meningkatkan dan memperbaiki kesejahteraan ekonomi seluruh anggotanya. Koperasi memang sangat bermanfaat bagi warga negara Indonesia.

7 Tujuan Koperasi dalam Membangun Perekonomian

Koperasi sangat cocok diterapkan di Indonesia karena masyarakat negeri ini sangat menjunjung tinggi gotong royong dan kekeluargaan. Sehingga koperasi bisa menjadi suatu lembaga ekonomi terbaik bagi seluruh anggota yang tergabung. Koperasi sendiri mempunyai beberapa tujuan, yaitu:

1. Membangun dan mengembangkan

Tujuan utama koperasi adalah untuk membangun potensi serta mengembangkan kemampuan seluruh anggotanya. Meskipun tujuan utama koperasi adalah seluruh anggotanya, koperasi juga ditujukan untuk masyarakat secara umum.

proses usaha koperasi

Pergerakan koperasi di seluruh dunia berjalan tidak spontan dan memerlukan proses yang panjang

Harapannya adalah kesejahteraan ekonomi dan sosial anggota koperasi serta masyarakat umum bisa terwujud dan bisa ditingkatkan lagi.

2. Meningkatkan SDM

Tujuan lainnya dari keberadaan koperasi adalah untuk membantu meningkatkan kualitas masyarakat dan sumber daya manusia secara aktif. Jika kualitas SDM terus meningkat, maka perekonomian juga akan merasakan dampak positifnya.

3. Memperkuat ketahanan ekonomi rakyat

Tujuan lain yang dibawa oleh koperasi adalah untuk memperkuat ketahanan ekonomi rakyat. Ketahanan ekonomi rakyat merupakan fondasi ketahanan dan kekuatan perekonomian nasional. Dan koperasi merupakan pendukung agar kekuatan perekonomian nasional bisa ditingkatkan lagi.

4. Mengembangkan perekonomian nasional

Koperasi juga bertujuan untuk mewujudkan perekonomian nasional serta mengembangkannya. Tujuan ini diharapkan bisa tercapai dengan bantuan demokrasi ekonomi serta asas kekeluargaan. Karena asas kekeluargaan merupakan dasar terbentuknya koperasi, maka koperasi mempunyai peran penting.

5. Menyediakan bantuan

Yang kelima dari tujuan koperasi adalah untuk menyediakan bantuan kepada berbagai unit usaha. Para penerima bantuan adalah berbagai usaha mulai dari yang skalanya mikro hingga yang skalanya kecil. Bantuan yang diberikan berupa peminjaman modal.

6. Membantu konsumen

Selain menyediakan modal usaha bagi para pemilik usaha berskala kecil dan mikro, koperasi juga mempunyai tujuan lainnya yaitu membantu para konsumen. Hal ini dilakukan dengan menyediakan penawaran harga yang lebih terjangkau sehingga tidak akan memberatkan konsumen.

7. Membantu produsen

Produsen juga bisa memperoleh bantuan dari keberadaan koperasi di Indonesia. Bantuan yang akan didapatkan oleh para produsen berupa penawaran harga yang lebih tinggi sehingga para produsen bisa memaksimalkan keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Jenis Koperasi

Undang-Undang yang mengatur tentang koperasi menyatakan bahwa secara garis besar terdapat dua jenis koperasi di Indonesia berdasarkan keanggotaannya. Kedua jenis koperasi tersebut adalah koperasi primer serta koperasi sekunder. Apa perbedaan antara dua jenis koperasi tersebut?

1. Koperasi Primer

Merupakan jenis koperasi yang anggotanya lebih sedikit. Koperasi primer juga dikenal sebagai koperasi perseorangan dengan jumlah anggota minimal 20 orang. Biasanya, koperasi primer akan mengumpulkan anggota hingga mencapai jumlah minimal agar bisa diakui sebagai koperasi.

2. Koperasi sekunder.

Jenis koperasi yang kedua ini cukup unik karena koperasi sekunder merupakan koperasi yang anggotanya adalah koperasi juga. Jadi koperasi sekunder merupakan gabungan beberapa koperasi ang cakupan daerahnya lebih luas daripada koperasi primer.

Prinsip Koperasi

Pengertian Koperasi

Koperasi sebuah unit usaha untuk mewujudkan kesejahteraan bersama (Credit: Freepik.com)

Selain memahami apa tujuan koperasi dan dua jenis utama koperasi, cari tahu juga lima prinsip dasar koperasi yang ada di Indonesia.

1. Keanggotaan terbuka dan sukarela

Anggota koperasi bergabung berdasarkan kehendaknya sendiri dan bukan karena dipaksa oleh pihak lainnya. Keanggotaan koperasi juga bersifat terbuka, artinya bisa menerima siapapun sebagai anggotanya. Koperasi tidak akan melakukan diskriminasi apapun.

2. Dikelola secara demokratis

Asas demokrasi harus menjadi dasar pengoperasian koperasi. Agar bisa dikelola secara demokratis, maka musyawarah serta mufakat harus dilakukan saat akan melakukan pengambilan keputusan. Seluruh pengurus dan anggota koperasi harus mengambil bagian.

3. Pembagian SHU secara adil

Sisa hasil usaha atau SHU wajib dibagi secara merata dan adil, tidak berdasarkan modal yang disetorkan oleh seseorang. Saat akan membagikan SHU, para pengurus akan mempertimbangkan usaha dan jasa setiap anggota koperasi.

4. Balas jasa terbatas

Koperasi memang akan memberikan feedback bagi anggota yang memberikan investasi modal ke dalam koperasi. Modal tersebut digunakan untuk menyejahterakan anggotanya dan bukan untuk menghasilkan keuntungan. Sehingga balas jasa untuk modal bersifat terbatas dan wajar.

5. Kemandirian

Koperasi adalah suatu badan usaha yang tidak bergantung atau bernaung di bawah organisasi atau lembaga apapun. Prinsip kemandirian ini juga wajib diiringi dengan kebebasan mengelola usaha secara bertanggung jawab.

Memahami tujuan koperasi, berbagai jenis koperasi, dan prinsip dasar koperasi akan membantu Anda untuk semakin memahami pentingnya lembaga keuangan yang satu ini.

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk ekonomi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya software akuntansi. Jika sebuah koperasi menggunakan software akuntansi, maka tidak akan rugi karena bisa membantu segala proses kebutuhan akuntasi untuk menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat.

Menggunakan software akuntansi online ini juga membuat koperasi aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Kelola Koperasi Pakai Software Akuntansi

 

Selain itu, Anda bisa kontrol koperasi kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Daashboard di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat waktu karena tidak perlu telepon kanan-kiri dan nunggu lama.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Teori Keunggulan Mutlak dalam Perdagangan Internasional
Teori keunggulan mutlak dalam perdagangan internasional merupakan salah satu konsep ekonomi yang fundamental dan relevan hingga saat ini. Teori ini
Baca Juga
14 Jenis-Jenis Perusahaan yang Beroperasi di Indonesia
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perusahaan, entitas yang memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Perusahaan sendiri memiliki banyak
Baca Juga
GNP Adalah: Manfaat, Prinsip dan Cara Menghitungnya
GNP adalah Gross national product yang diartikan dengan total barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat suatu negara tanpa terbatas
Baca Juga
Memahami Masalah Ekonomi dan Pengaruhnya Pada Bisnis
Masalah ekonomi menjadi sorotan utama yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, terutama dalam dunia bisnis. Seperti fluktuasi mata uang, ketidakstabilan pasar,
Baca Juga
Memahami Teori Keunggulan Komparatif, Contoh, Fungsinya
Keunggulan komparatif adalah konsep ekonomi yang mengacu pada kemampuan suatu negara atau entitas untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya
Baca Juga
Pengertian Konsumtif Adalah, Contoh, Ciri-Ciri dan Dampaknya
Ditunjang dengan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli, perilaku konsumtif sudah menjadi fenomena sosial yang tak terelakkan lagi. Dimana secara
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu