Logo Bee Web

7 Ide Jualan Modal Kecil Paling Menguntungkan

Ide jualan modal kecil banyak tersebar di internet dan sosial media, bahkan beberapa bisnis menjadi tren dan diminati kaum milenial.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 10 February 2023

Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, Ide Jualan modal kecil banyak tersebar di internet dan sosial media, bahkan menjadi tren usaha yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri bisa diminati juga oleh kaum lainnya.

Dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang tinggi. Selain itu, mereka juga mendapatkan fleksibilitas mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, uang yang didapatkan jauh lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri. Faktor-faktor tersebutlah yang harus disadari dan memancing kita untuk merintis bisnis dari rumah sendiri.

Kriteria Usaha Kecil-Kecilan

Kriteria Jualan Kecil Kecilan

Ilustrasi jualan kecil kecilan (sumber: Unsplash.com)

Dikutip dari situs Disdag (Dinas Perdagangan) pemerintahan kota Samarinda riteria dari jenis usaha kecil-kecilan ini adalah jenis usaha yang memiliki modal yang minim atau bahkan dapat dimulai tanpa modal sekalipun. Jenis usaha kecil-kecilan ini paling cocok dilakukan untuk pemula bisnis yang pada umumnya tidak atau belum memiliki keahlian khusus. Kriteria lain dari usaha kecil-kecilan adalah tidak membutuhkan banyak pegawai serta tidak harus memiliki badan usaha.

Kriteria lain dari usaha kecil-kecilan adalah jenis usaha ini ditujukan untuk usaha kecil-kecilan yang tidak memiliki tempat permanen layaknya toko dan restoran. Sehingga apabila tidak memiliki tempat berjualan permanen, keuntungan yang dapat diperoleh adalah untuk berjualan maka usaha Anda terbebas dari pajak. Untuk Usaha Kecil-Kecilan yang tidak memiliki tempat permanen layaknya toko dan restoran untuk berjualan maka usaha Anda terbebas dari pajak

Apa Saja Ide Jualan Modal Kecil yang Menguntungkan?

Hal yang paling sulit dilakukan dalam membangun sebuah usaha adalah mencari ide atau inspirasi. Nah, untuk kamu yang mencari ide jualan modal kecil, simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Desain Grafis

Beberapa E Commerce penyedia jasa jual beli desain grafis di Indonesia seperti sribulancer.com, projects.co.id, 99designs.com, atau website lainnya untuk para freelancer. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus ditingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan.

Bisnis modal kecil sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, kamu bisa menawarkan jasa ke klien yang dikenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

2. Dropshipper

Seiring dengan tingginya transaksi belanja online, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut menjadi usaha dropship. Bisa dikatakan, dropship adalah ide bisnis rumahan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Alat yang kamu butuhkan hanya alat komunikasi seperti smartphone dan juga komunikasi marketing yang baik.

Bisnis dropship melibatkan pihak ketiga sebagai penghubung antara pembeli dan produsen atau supplier barang tersebut. Pada bisnis ini, kamu sebagai dropshipper akan meminta supplier barang untuk dapat mengirimkan barang pada pembeli. Di bagian itu, kamu bertugas mempromosikan barang yang dimiliki supplier melalui media sosial dan pesan instan.

3. Makanan Ringan

Pasca pandemi ini, berbagai macam kegiatan dan juga aktivitas masyarakat sudah mulai cenderung dilakukan dari rumah saja. Oleh karena itu, peluang untuk membuka bisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka lebar. Sebab, semakin sering orang-orang memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah, maka kebutuhan asupan makanan ringan akan semakin tinggi, seperti misalnya cilok, makaroni kering, telur gulung, lidi-lidi pedas, dan lain-lain.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa bisnis ini bersifat mengikuti trend. Sehingga solusinya Anda dapat mencari makanan ringan yang kemungkinan besar tetap dinikmati dari waktu ke waktu, misalnya saja keripik singkong atau keripik pisang. Bisnis tersebut menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak digeluti oleh orang-orang, jadi minim pesaing dan pastinya berlaku untuk setiap daerah.

4. Agen Pulsa dan Paket Internet

Selagi masih ada smartphone, pulsa dan kuota akan selalu dicari pelanggan. Jadi, peluang keuntungannya sangat menjanjikan, untuk usaha menjadi agen pulsa dan kuota ini kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk berjualan pulsa dan kuota. Bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah saja.

Cukup memilih server pulsa yang tepercaya dan daftarkan diri kamu sebagai agen pulsa serta kuota, untuk berjualan pulsa, kamu hanya membutuhkan handphone dan bisa langsung berjualan dengan bantuan aplikasi dari server yang dipilih.

5. Jastip (Jasa Titip Beli)

Untuk bisnis yang satu ini persiapan modalnya bisa menggunakan uang pribadi terlebih dahulu sesuai dengan permintaan yang masuk, atau agar tidak mengeluarkan modal sama sekali bisa membeli ketika permintaan dan uang untuk membeli dari customer sudah ditransferkan ke kamu.

Oleh karena itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli. Jadi, modal yang harus keluarkan adalah ongkos perjalanan, bensin dan uang parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

6. Jualan E-Book

Masih pasca pandemi, tidak hanya berbagai aktivitas yang beralih ke dunia digital. Buku-buku juga sudah mulai diproduksi secara digital tanpa dicetak fisik. Peminat buku digital ini makin banyak karena mereka tidak perlu lagi menanggung beban berat.

Semuanya bisa dibaca melalui tablet atau handphone sehingga tidak heran kalau mayoritas masyarakat lebih menyukai buku digital atau e-book. Tentu kamu bisa menjadikannya bisnis yang sangat menguntungkan karena permintaannya terus meningkat.

7. Kaos Pre-Order

Ide jualan terakhir adalah industri fashion memang tak pernah ada matinya. Namun, membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tak sedikit. Tapi, siapa bilang kamu tak bisa membuka bisnis modal minim dalam bidang ini?

Atasi keterbatasan dana dengan menerapkan sistem pre-order. Dengan sistem ini, kaos atau busana hanya akan diproduksi setelah ada pemesanan. Untuk memangkas biaya produksi, kamu juga bisa membatasi minimal jumlah pesanan untuk bisa masuk produksi.

Tips Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil secara Cepat

untuk memulai usaha menjadi besar dari awal tidaklah mudah. Namun, tahukan bahwa Anda juga bisa memulai dan mengembangkan ide jualan dengan modal kecil melalui cara berikut

Baca juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

1. Wajib Riset Terlebih Dahulu

Cara memulai usaha sendiri dengan modal kecil sangat harus memperhatikan persaingan. Sebaiknya, buatlah produk dan jasa yang bisa mengungguli produk kompetitor dari salah satu segi, seperti dari segi harga yang lebih murah, kualitas yang lebih sesuai dengan keperluan konsumen, sampai dengan keunikan yang tidak dimiliki kompetitor.

2. Pilihlah Lokasi Strategis

Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam memulai usaha. Dengan memilih lokasi ramai dan tepat bisa membuat usaha Anda lebih cepat berkembang. Untuk usaha yang baru dimulai, jangan pernah ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah yang ada seperti teras atau garasi rumah. Contoh beberapa perusahaan besar di dunia ini berasal dari garasi rumah seperti Apple, Google, Amazon, Microsoft dan lain sebagainya.

3. Manfaatkan Sosial Media

Anda bisa memanfaatkan kecanggihan social media saat ini, karena dengan social media, Anda bisa melakukan promosi secara gratis dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan hingga ke luar pulau dan luar negeri.

Cobalah mulai mem-posting dengan gambar-gambar menarik dan berikan promo-promo setiap harinya, dijamin akan banyak pelanggan yang datang karena penasaran ingin mencoba, pemasaran melalui sosial media secara gratis akan membantu anda mengembangkan usaha dengan modal yang kecil.

Selain memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha dalam segi promosi, Anda juga perlu untuk mengatur pembukuan pada laporan keuangan usaha Anda supaya tertata secara rapi agar dapat membantu Anda dalam menentukan arah perencanaan usaha,

Software Akuntansi Online Beecloud

Beecloud merupakan software akuntansi yang menjadi solusi bagi Anda dalam pengelolaan laporan keuangan mulai dari kontrol stok, laporan pembelian dan penjualan, rekap transaksi tanpa ribet serta sistem akuntansi yang disesuaikan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Telemarketing adalah Sentral Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan
Berbicara tentang telemarketing adalah hal yang sangat sentral dalam menjalankan sebuah bisnis. Tugas pentingnya adalah melakukan penjualan dan menarik pelanggan
Baca Juga
Program Minimarket Gratis yang Patut Dicoba
Program minimarket dіреrlukаn di toko tеrtеntu аtаu ѕuреrmаrkеt kесіl. Bukаn hаnуа alat уаng bisa mеmbаntu operasional usaha kесіl. Kita mеmbutuhkаn
Baca Juga
Importir Adalah: Prosedur & Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peran dan pentingnya seorang importir dalam perdagangan internasional. Importir adalah tokoh kunci
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga
Mengenal WTS, Istilah Jual Beli Online Trend di Twitter
Saat ini, jual beli online semakin marak dilakukan dan salah satu trend yang populer adalah menggunakan istilah WTS di media
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu