Logo Bee Web

5 Fungsi Pemasaran Serta Komponennya Lengkap

Bukan hanya sekedar untuk mengenalkan produk kepada konsumen saja, ternyata fungsi pemasaran adalah masalah yang lebih luas. Apa saja itu?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 2 June 2023

Pemasaran atau marketing merupakan kunci yang dapat menentukan maju tidaknya sebuah bisnis. Fungsi pemasaran adalah untuk mengoptimalkan bisnis, bukan hanya sekedar memperkenalkan produk kepada pasar atau konsumen saja, melainkan bisa lebih luas lagi.

American Marketing Association menyebutkan bahwa pemasaran adalah serangkaian aktivitas yang untuk menciptakan, melakukan komunikasi, menyampaikan informasi serta melakukan pertukaran suatu tawaran yang mempunyai nilai bagi konsumen, klien dan juga masyarakat umum.

Sementara itu, pengertian pemasaran secara umum yaitu aktivitas perusahaan untuk mengenalkan dan mempromosikan suatu produk yang dilakukan oleh produsen supaya dikenal oleh masyarakat selaku konsumen.

Fungsi Pemasaran bagi Bisnis

fungsi pemasaran adalah

Pemasaran memiliki fungsi yang cukup penting dalam proses bisnis, seperti meningkatkan penjualan dll (Credit: Freepik.com)

Tanpa adanya kegiatan pemasaran, akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk menjual produknya, baik barang ataupun jasa. Dengan pemasaran, produk dapat dikenalkan kepada masyarakat sehingga mereka yakin untuk membeli atau menggunakannya.

Pemasaran membutuhkan strategi tertentu agar dapat mendatangkan fungsi sebagaimana seharusnya. Fungsi strategi pemasaran adalah untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk agar memilih produk Anda dibandingkan lainnya.

Adapun fungsi sebuah pemasaran sendiri ada beberapa, yaitu sebagai berikut.

1. Mengenalkan Produk kepada Konsumen

Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan memiliki fungsi untuk membuat konsumen mengenal produk yang ditawarkan. Jika konsumen yang mengetahui dan mengenal produk Anda jumlahnya semakin banyak, itu artinya juga menambah potensi mereka untuk membeli.

Bagaimana cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen? Caranya adalah melalui promosi yang dapat dilakukan secara langsung atau lewat media tertentu. Mengenalkan produk juga sekaligus menjadi cara pemerataan barang produksi.

2. Menambah Target Penjualan

Bagaimana suatu produk akan laku dan dibeli oleh konsumen jika tidak dikenal. Itulah mengapa pemasaran menjadi hal penting dalam sebuah bisnis supaya target penjualan yang sudah ditetapkan dapat tercapai.

Perusahaan akan membuat target pemasaran yang harus dicapai setiap periode. Target tersebut dibuat dengan mempertimbangkan kondisi pasar dan jumlah profit yang ingin didapatkan. Ketika suatu produk makin dikenal, maka akan semakin banyak jumlah konsumen yang membelinya.

Hal itu berarti juga bahwa jumlah penjualan produk akan bertambah dari apa yang telah ditargetkan sebelumnya. Target penjualan yang terus meningkat menjadi salah satu faktor yang biasanya dipertimbangkan oleh investor sebelum menanamkan modalnya.

3. Meningkatkan Profit

Secara tidak langsung, pemasaran juga memberikan fungsi berupa naiknya jumlah profit atau keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Fungsi pemasaran dalam hal ini yaitu meningkatkan jumlah penjualan seiring dengan semakin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.

Jika angka penjualan suatu produk bertambah, maka otomatis nilai keuntungan atau profit yang didapatkan oleh perusahaan juga meningkat. Perlu diketahui bahwa salah satu ciri dari perusahaan yang sehat adalah yang mampu meningkatkan jumlah profitnya dari masa ke masa.

Perusahaan yang sehat seperti ini tentunya akan lebih menarik bagi para investor untuk menanamkan modal. Suntikan modal dari investor dapat digunakan secara maksimal oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

4. Melihat Perilaku Kompetitor

Salah satu fungsi pemasaran adalah untuk melihat dan mengetahui bagaimana kompetitor berperilaku. Bagaimana maksudnya? Melalui strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat menganalisis dan mengetahui bagaimana perilaku dari kompetitor.

Pemasaran menjadi alat yang cukup efektif untuk mengetahui hal-hal yang menjadi kelebihan sekaligus juga kekurangan kompetitor. Setelah mengetahui bagaimana kompetitor berperilaku, selanjutnya perusahaan dapat melakukan analisa kenapa produk mereka laku ataupun sebaliknya.

Lalu apa manfaat dari aktivitas tersebut? Perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk membuat konsumen memilih produknya sekaligus mengalahkan kompetitor.

5. Memperluas Networking

Bagi sebuah bisnis, networking atau jaringan yang dimilikinya menjadi faktor yang berperan penting. Ketika Anda memiliki jaringan atau networking yang luas, maka penjualan produk menjadi lebih mudah.

Anda bisa menawarkan produk-produk melalui jaringan yang ada agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Pemasaran juga menjadi media yang baik untuk menambah jaringan bisnis Anda. Saat memasarkan produk kepada konsumen, Anda butuh distributor, agen, retail dan lainnya.

Anda bisa memanfaatkan distributor dan lainnya tersebut untuk meluaskan jaringan bisnis atau networking. Luasnya networking biasanya akan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah penjualan produk.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

Komponen-Komponen Penting dalam Pemasaran

Contoh Iklan Menarik Konsumen Baru

Contoh Iklan Menarik Konsumen Baru dengan Mencantumkan Produk dan Harga (Sumber: Detik.com)

Agar fungsi pemasaran dapat berjalan sebagaimana mestinya, harus ada strategi tertentu untuk melakukannya. Seperti yang telah disebutkan bahwa strategi pemasaran sangat berpengaruh pada laku tidaknya produk yang ditawarkan.

Setiap bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang efektif supaya konsumen tertarik membeli produknya, sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang telah ditargetkan. Bagaimana caranya agar strategi pemasaran dapat berjalan secara efektif?

Strategi pemasaran dapat berfungsi secara efektif jika memperhatikan beberapa komponen berikut ini

1. Produk (Product)

Produk adalah sesuatu yang Anda tawarkan dan jual kepada konsumen, baik dalam bentuk barang ataupun pelayanan jasa. Strategi pemasaran harus mempertimbangkan aspek produk dan bagaimana pengelolaannya.

Dimulai dari perencanaan produk hingga bagaimana cara untuk mengembangkanya, termasuk bagian dari strategi pemasaran. Perusahaan hendaknya memastikan bahwa apapun produk yang dijualnya memang dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Harga (Price)

Komponen selanjutnya yaitu harga atau price. Maksudnya disini yaitu bagaimana perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat bagi konsumen. Strategi pemasaran memuat tentang berapa harga produk, termasuk juga kebijakan dalam memberikan diskon, biaya kirim dan sebagainya.

3. Distribusi (Place)

Komponen strategi pemasaran yang lainnya yaitu distribusi. Cakupannya yaitu bagaimana mengelola dan menentukan distribusi produk supaya sampai ke tangan konsumen. Misalnya, penentuan lokasi yang mudah dijangkau, penyediaan produk tepat waktu dan sebagainya.

4. Pelanggan (People)

Fungsi pemasaran adalah untuk membuat konsumen mengenal produk Anda. Tapi tentunya bukan sembarang konsumen atau pelanggan, melainkan difokuskan kepada orang-orang yang memiliki karakteristik sesuai dengan target pasar.

5. Promosi (Promotion)

Faktor yang sangat penting agar konsumen mengenal produk Anda adalah promosi. Memanfaatkan berbagai media dan platform yang ada untuk mempromosikan kelebihan produk, sesuai dengan karakter darin kelompok konsumen yang menjadi target pasar.

Tips Sukses Pemasaran Untuk Pemula

Anda mungkin merasa sudah melakukan pemasaran secara maksimal, tetapi kenapa jumlah penjualan tidak juga mengalami kenaikan. Tidak perlu berkecil hati, Anda cukup memperhatikan tips berikut supaya sukses dalam pemasaran.

1. Pakai Properti yang Tidak Biasa

Ada jaringan minimarket yang menampilkan karakter boneka semut sesuai ikon mereka saat melakukan promosi produk. Ini adalah contoh penggunaan properti yang tidak biasa untuk menarik perhatian konsumen.

2. Membuat Penawaran yang Bagus

Masyarakat dari berbagai kalangan sangat suka dengan potongan harga ataupun voucher, bonus dan sejenisnya. Anda dapat memberikan semua itu kepada pelanggan dan konsumen yang membeli produk dengan syarat tertentu misalnya.

3. Fokus Target Pasar

Kalau Anda menjual rokok di lingkungan sekolah, tentunya tidak akan laku karena anak-anak sekolah bukan target pasar bagi produk tersebut. Beda halnya kalau Anda menawarkan program bimbingan belajar atau program magang ke luar negeri, pasti banyak yang tertarik.

Oleh sebab itu, agar pemasaran yang dilakukan sukses, Anda harus memilih tempat sesuai dengan target pasar dan fokus kepada mereka.

Baca Juga; 7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM

4. Pastikan Budget Promosi Sudah Tepat

Menghitung budget promosi adalah elemen kunci untuk kesuksesan bisnis. Dengan memperhatikan anggaran yang terbatas, perusahaan dapat memaksimalkan hasil kampanye pemasaran mereka. Solusinya adalah menggunakan software akuntansi online seperti Beecloud.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Beecloud memberikan alat yang kuat untuk mengelola keuangan bisnis, dapat mengoptimalkan anggaran promosi mereka secara efisien, mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu,

Selain itu, Beecloud juga menyediakan laporan yang jelas dan terperinci, memungkinkan bisnis membuat keputusan yang cerdas dan strategis untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan menggunakan Beecloud, perusahaan dapat mengelola budget promosi mereka dengan lebih baik dan mencapai hasil yang lebih menguntungkan.

Jadi, fungsi pemasaran tidak hanya sekedar untuk membuat konsumen mengenal produk milik Anda saja, tetapi juga terdapat manfaat yang lainnya. Fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik, jika dilakukan melalui strategi pemasaran yang tepat.

Artikel Terkait

Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
Brand Image Adalah: Strategi Bangun Citra Merek yang Kuat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, citra merek atau brand image adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menarik minat
Baca Juga
7+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk dan Manfaatnya
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan terdefinisi dengan ciri-ciri, kebutuhan, preferensi, atau karakteristik yang
Baca Juga
10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital
Media sosial atau sosial media menjadi sebuah platform sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk hiburan atau untuk perkembangan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu