🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Strategi Akuntansi Bisnis Minimarket Yang Efektif

Strategi akuntansi minimarket adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke mana uang
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 3 September 2019

Pembukuan akuntansi adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan dengan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke mana uang Anda pergi dan memberi Anda kondisi keuangan perusahaan secara spesifik untuk pengembangan bisnis potensial kedepannya.

Jika ini dalam bentuk usaha minimarket, maka bisa dijadikan analisis untuk peningkatan pengembalian investasi Anda dengan salah satu strategi akuntansi minimarket. Anda harus memiliki metode yang tepat untuk mengumpulkan, mendokumentasikan, dan mengevaluasi informasi keuangan untuk membantu Anda memperkirakan bagaimana perusahaan Anda kedepannya.

Baca Juga: Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk

Strategi Akuntansi untuk Usaha Minimarket

strategi akuntansi minimarket

Gambar 1. Strategi Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini strategi akuntansi bisnis minimarket yang efektif yang bisa Anda coba lakukan:

1. Atur Catatan Keuangan Anda

Pastikan Anda memiliki rekening bank terpisah untuk uang pribadi dan investasi bisnis Anda. Gaji Anda harus disetor tepat waktu ke rekening bank bisnis Anda. Jangan pernah melakukan transaksi pribadi menggunakan akun bisnis Anda. Apalagi untuk usaha minimarket.

Dimana usaha ini seringkali tercampur antara kebutuhan pemilik yang tidak tercatat rapi dalam catatan akuntansi usaha Anda. Hindari hal seperti ini. Aset pribadi Anda harus dilepaskan dari aset usaha untuk menghindari kesalahpahaman dan kesalahan penanganan keuangan.

2. Pertimbangkan untuk Konsultasi

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan perusahaan adalah merekrut seorang akuntan yang berpengalaman untuk mengawasi keadaan keuangan usaha Anda. Pembukuan adalah tugas penting bagi perusahaan.

Di era digital seperti saat ini, menghitung budjet Anda, melacak pengeluaran dan membuat rencana keuangan dapat dilakukan dengan terampil melalui fasilitas software akuntansi. Kemajuan perusahaan Anda bergantung pada catatan akuntansi dan taktik pengelolaan keuangan yang tepat.

3. Dokumentasikan Semua Arus Kas Bisnis minimarket

Lacak catatan usaha minimarket Anda, kelola arus kas, dan catat semua transaksi bisnis Anda dengan tepat. Anda harus menyimpan semua tanda terima dan formulir file dengan tepat. Pastikan mudah ditemukan saat Anda membutuhkan analisis keuangan dan terbaru.

4. Siapkan Arsip Cadangan untuk Catatan Akuntansi Bisnis

Selalu buat arsip cadangan file pembukuan Anda. Resiko kerusakan sistem yang tidak dapat diprediksi, kesalahan penanganan file, dan kondisi darurat lain yang mungkin terjadi pada arsip Anda dapat saja terjadi.

Untuk menghindari kehilangan semua bukti penting dari data di akun sistem akuntansi Anda, buat arsip cadangan akun Anda. Selalu miliki setidaknya 2-3 arsip soft copy maupun hard copy demi kenyamanan proteksi data usaha Anda. Anda dapat menyimpan catatan tersebut di berbagai hard drive.

Demikian juga, sangat ideal untuk memiliki salinan cetak dari catatan akuntansi Anda untuk membantu Anda melacak dan memeriksa semua transaksi Anda dengan mudah.

5. Gunakan Software Kasir Intergrasi Akuntansi

Ada banyak software akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencatat data keuangan Anda. Anda membutuhkan software akuntansi yang akurat untuk mengelola pembukuan Anda secara efisien. Pilih alat bantu software akuntansi yang mudah dan praktis digunakan dan tentunya biaya terjangkau.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Anda bisa menggukan software kasir online Beepos, software kasir integrasi akuntansi yang akan mempermudah pemilik usaha dalam mengelola transaksi keuangan secara efisien. Keunggulan utama Beepos terletak pada keterhubungannya langsung ke sistem akuntansi, mengurangi risiko kesalahan manual, dan memberikan wawasan mendalam melalui fitur laporan yang canggih.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Beepos membantu meningkatkan efisiensi dan ketelitian dalam pengelolaan keuangan bisnis, memungkinkan fokus pada pengembangan strategis.

Semua langkah ini akan menambah kesuksesan bisnis minimarket Anda, tetapi Anda juga harus memperhitungkan perkembangan kondisi bisnis minimarket kedepan agar bisnis Anda tetap bertahan.

Baca Juga: Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh

Kesimpulan

Akuntansi untuk perusahaan kecil sekelas minimarket tidak harus rumit. Jika Anda mengambil langkah yang benar di awal, seperti menyimpan catatan Anda dan meninjau kembali laporan keuangan Anda secara rutin.

Perusahaan yang sukses tahu apa strategi akuntansi yang penting. Hal ini membuatnya penting untuk memiliki pembukuan dan manajemen keuangan yang cocok untuk perusahaan Anda. Anda dapat menghindari kondisi seperti ini dengan membuat strategi akuntansi yang efektif sebelumnya.

Rancang anggaran bulanan Anda dengan bijaksana. Untuk minimarket, cash flow dan stock opname adalah dua hal yang penting. Sebagai saran dasar dan paling penting, merencanakan keuangan Anda setiap bulan dapat membantu Anda menghemat banyak uang.

Tuliskan semua rincian uang masuk dan keluar dengan baik. Setelah Anda mendokumentasikan semua pengeluaran Anda, Anda dapat membandingkannya dengan pemasukan minimarket Anda. Periksa anggaran usaha minimarket Anda dan hapus biaya keuangan yang tidak perlu.

Contoh Siklus Akuntansi Sederhana Perusahaan Dagang
Siklus akuntansi sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Dengan mengikuti siklus secara benar, pembuatan laporan keuangan pun akan menjadi semakin mudah.
Baca Juga
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Laporan Posisi Keuangan adalah dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Setiap perusahaan memerlukan laporan posisi keuangan dengan rincian yang jelas. Laporan jenis ini hadir dengan banyak sekali fungsi yang semestinya
Baca Juga
Apa itu Bookkeeping? Ini Jenis dan Bedanya dengan Akuntansi
Pembukuan dalam bahasa inggris adalah bookkeeping, yang jika diartikan secara istilah adalah proses pencatatan atau pengorganisasian data transaksi yang terjadi
Baca Juga
Tabel Laba Rugi: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya
Di dunia bisnis atau usaha, terutama perusahaan perdagangan, laporan tabel laba rugi perusahaan perdagangan adalah bagian yang sangat penting dari
Baca Juga
5 Contoh Opini Audit Going Concern dalam Laporan Keuangan
Opini audit going concern merupakan pernyataan auditor terkait keraguan atas kemampuan entitas untuk terus beroperasi di masa depan. Dalam artikel
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu