Profesi Akuntan Adalah: Pengertian dan Tugas

Thursday, 10 December 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
akuntan adalah

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Akuntan memiliki peran utama dalam perusahaan karena mengarahkan langsung dengan keuangan perusahaan. Jika ada kesalahan dalam pembukuan keuangan, perusahaan akan mengalami kehilangan dan kerugian besar. Dalam hal ini, akuntan harus memperhitungkan pekerjaannya. Profesi akuntan adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar.

Apa itu Akuntan? 

akuntan adalah

Profesi Akuntan (Sumber: Freepik.com)

Akuntan adalah seseorang yang memiliki peran dalam memantau dan mencatat alur keuangan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Segala transaksi dan alur keuangan wajib diverifikasi validitasnya demi keuangan perusahaan yang sehat dan sesuai ketentuan. Pencatatan dan perhitungan data keuangan  perusahaan harus dilakukan secara cermat dan teliti untuk menghindari kesalahan yang merujung fatal.

Bisa dibilang akuntansi adalah seni merangkai keuangan sedemikian rupa agar mudah terbaca oleh pemimpin perusahaan. Karena profesi ini membutuhkan tanggung jawab besar dan masih dibutuhkan di Indonesia, ada organisasi yang menampungnya. Di Indonesia, profesi akuntansi di seluruh Indonesia terbelakang oleh Asosiasi Akuntan Indonesia (IAI). Organisasi ini didirikan pada tahun 1957 dengan tujuan memandu pembangunan akuntansi di Indonesia dan meningkatkan kualitas kualitas kerja.

Selain itu, ada juga yang menyediakan jasa akuntan. Jasa akuntan adalah organisasi atau perorangan yang menyediakan jasa konsultasi atau jasa akuntan untuk perusahaan tertentu yang membutuhkannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Akuntan

Mengingat seorang akuntan adalah sebuah profesi yang memiliki peran yang penting dan juga banyak dibutuhkan perusahaan, maka Anda perlu tau tugas dan tanggung jawab akuntan, salah satu pekerjaan akuntan adalah:

  • Melakukan pembukuan transaksi keluar masuk dalam laporan keuangan
  • Melakukan pencatatan transaksi dan menyusunnya dalam laporan keuangan
  • Memeriksa dan mengantisipasi risiko kehilangan di bidang keuangan
  • Menganalisis dan menyusun informasi audit keuangan reguler
  • Membentuk dan merencanakan indikasi kontrol dalam transaksi
  • Mengevaluasi laporan dan anggaran perusahaan
  • Memberikan Konsultasi Penelitian Keuangan
  • Melakukan pelatihan akuntansi

Baca Juga: Pengertian Etika Profesi Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Ketrampilan yang Wajib Dimiliki Akuntan

ketrampilan-wajib-akuntan

Ketrampilan Wajib Akuntan Salah Satunya Ketelitian (Sumber: Freepik.com)

Ketrampilan yang Wajib Dimiliki Akuntan untuk menjadi akuntan yang andal dan profesional, beberapa harus dimiliki keterampilan. Tanpa keterampilan kegiatan pembukuan dan perhitungan keuangan tidak akan berjalan dengan lancar. Keterampilannya meliputi:

Teliti

Salah satu skill wajib akuntan adalah ketelitian dalam melakukan pembukuan. Dengan teliti seseorang bisa melakukan akitivitas dengan baik dan benar. Akurasi adalah salah satu yang harus dimiliki seseorang sehingga tidak ada kesalahan perhitungan atau pencatatan. Satu kesalahan dalam keuangan akan menyebabkan hal-hal yang sangat fatal. Ini karena efek domino yang dihasilkan dari pembukuan.

Contohnya seseorang membuat kesalahan mencatat keuangan yang mengakibatkan terjadinya kesalahan langkah dalam laporan keuangan. Laporan keuangan akan dilanjutkan ke manajemen perusahaan untuk keputusan strategis tentang bisnis Perusahaan. Kemudian, strategi akan dilaksanakan ke perusahaan. Strategi yang tidak pantas tentu saja tidak akan sesuai dengan fakta yang benar-benar terjadi sehingga perkembangan perusahaan akan terganggu.

Pemikiran sistematis

Pemikiran sistematis memungkinkan seseorang untuk mengkompilasi dan menghitung skema keuangan dengan urutan dan secara teratur. Pola pikir sistematis akan memfasilitasi penyelesaian perhitungan keuangan perusahaan yang kompleks dan melibatkan banyak transaksi.

Menghitung

Karena secara langsung berkaitan dengan uang dan angka, tentu saja telah menjadi kewajiban untuk menghitung dengan lancar. Bahkan untuk orang yang bahkan akan terbiasa menghitung dapat melakukan perhitungan secara otomatis di luar kepala. Semua perhitungan akan membawa target dari hasil pengeluaran untuk peningkatan bisnis.

Semua keterampilan di atas harus diasah dan dikembangkan secara maksimal sehingga akan menciptakan peningkatan kualitas keuangan yang baik bagi perusahaan. Selain kemampuan di atas, ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan, yaitu kejujuran. Tanpa kejujuran, akuntan akan memiliki dorongan untuk memanipulasi data dan korupsi dalam dana keuangan perusahaan. Kemudian perusahaan akan kehilangan uang.

Kesimpulan

Akuntan sangat membantu pebisnis dalam mengontrol serta mengembangkan bisnis. Tanpa akuntan maka Anda sebagai seorang pebisnis tidak bisa menganalisa apakah perusahaan mengalami kerugian ataupun untung.

Salah satu kegiatan akuntan yang membutuhkan profesionalitas dan ketelitian tinggi adalah membuat laporan keuangan. Kini akuntan tidak perlu lagi khawatir takut membuat kesalahan dalam membuat laporan, dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, membuat laporan hanya 1 kali klik saja.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Beecloud merupakan salah satu aplikasi pembukuan online yang fiturnya lengkap serta harganya hemat. Beecloud menyediakan gratis 14 hari untuk Anda trial, klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :