Pengertian dan Fungsi COGS (Cost of Good Sold) Manufactured

Wednesday, 23 September 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

COGS (Cost of Goods Sold) satu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh pebisnis seperti Anda. Menilik begitu pentingnya hal tersebut maka dari itu Anda harus paham betul bagaimana caranya menghitung Cost of Goods Sold  ini.

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu apa itu Harga Pokok Produksi/Penjulan. Namun mungkin ada beberapa yang belum tahu dan bertanya-tanya.

Pengertian COGS (Cost of Goods Sold)

Cara Menghitung Cost Of Good Sold (COGS) Manufactured

COGS Pabrik (Sumber: Freepik.com)

Pengertian COGS adalah secara umum adalah total biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh suatu barang atau jasa untuk dijual kembali.

Sedangkan Cost of Goods Sold Manufactured adalah seluruh total biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk memproduksi suatu barang mulai dari proses pembuatan sampai kepada pendistribusiannya.

Manfaat Harga Pokok Penjualan

Manfaat COGS/HPP untuk perusahaan manufactured adalah sebagai berikut ;

1. Menentukan Harga Jual

Dengan mengetahui berapa total biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk. Maka akan mempermudah dalam menghitung dan menentukan harga jual yang cocok untuk customer.

2. Membantu Menghitung Laba Rugi

Menghitung Laporan Menggunakan Kalkulator

Hitung Laporan Menggunakan Kalkulator (Sumber: Pexels.com)

Dengan mengetahui HPP yang dikeluarkan lantas menentukan harga jual, maka akan mempermudah Anda dalam menghitung laba dan rugi perusahaan.

3. Membantu Memantau Realisasi Biaya Produksi

Dengan adanya COGS ini maka bisa mempermudah Anda untuk mengontrol biaya yang dikeluarkan untuk produksi. Jika melebih COGS yang sudah dihitung bisa dicek ulang dimana salahnya.

Apakah salah pada penghitungannya atau memang ada kesalahan pada proses produksi sehingga menimbulkan biaya produksi membengkak.

Mengontrol realisasi biaya produksi ini sangat penting karena jika membengkak tentu saja ini bisa membuat perusahaan mengalami kerugian.

Unsur-Unsur Cost of Good Sold / HPP

Sebelum kita masuk mengenai bagaimana cara menghitung HPP/COGS. Anda harus tahu terlebih dahulu unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam perhitungan COGS. Agar formula hitung HPP yang nanti akan dibuat bisa membuat bisnis Anda untung berkali-kali lipat.

1. Persediaan Barang / Iventory

Pengertian persediaan barang dagang adalah hasil produksi berupa produk yang kemudian disebut aset oleh perusahaan dan kemudian dijual kepada customer dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Untuk perusahaan manufaktur, besarnya persediaan barang yang terjual terdiri dari persediaan bahan baku (raw materials), persediaan barang pada saat dalam proses produksi (work in process) dan terakhir adalah persediaan barang atau disebut juga inventory

2. Tenaga Kerja / Direct Labour Cost

Suasana Pekerja di Pabrik

Suasana Pekerja di Pabrik (Sumber: Pexels.com)

Saat melakukan proses produksi sampai kepada pendistribusian tentunya membutuhkan tenaga kerja (manusia) baik untuk hanya sekedar mengawasinya atau terjun langsung dalam proses produksi.

Oleh karena itu biaya gaji menjadi salah satu unsur yang harus dihitung dalam COGS apalagi diperusahaan manufactur Anda harus benar-benar tahu setiap karyawan bisa menghasilkan berapa produk perjamnya. Agar bisa dihitung biaya COGS perproduknya.

3. Overhead

Biaya overhead ini adalah biaya tidak langsung berkontribusi pada produksi berlangsung . Contohnya sebgai berikut

  • Biaya Sewa
  • Depresiasi Mesin dan Peralatan
  • Biaya Pemeliharaan Pabrik
  • Biaya Sampel Produksi dll

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (COGS) Manufacture

Pada saat Anda sudah mengetahui berapa biaya pokok produksi yang didalamanya sudah terangkum dari 3 unsur diatas seperti Iventory, tenagan kerja dan overhead untuk selanjutnya Anda bisa menghitung harga COGS nya.

Dan penghitungan COGS ini pun dipengaruhi oleh 2 metode FIFO (First In First Out ) nilai yang dipakai adalah nilai barang terdahulu Sedangkan jika Average harganya dirata-ratakan. juga jadi Anda juga harus mempelajarinya.

Rumus dari HPP Persediaan Awal + Produksi periode Berjalan – Saldo Akhir Periode

Cara menghitung harga pokok penjualan ini adalah merupakan salah satu proses dari cost accounting. Lantas apa itu cost accounting ? Pengertian cost accounting adalah suatu kunci untuk membantu manajemen dalam mempertimbangan, merencanakan, mengawasi serta menilai kegiatan perusahaan.

Kesimpulan

Proses menghitung Cost of Good Sold ini memang sulit. Namun hasilnya memilik dampak yang sangat penting bagi perusahan. Khususnya perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur seperti Anda.

Mengingat begitu banyaknya variable yang digunakan untuk menghitung COGS pada perusahaan manufactur. Saran saya gunakan saja software akuntansi yang sudah dilengkapi dengan adanya proses produksi.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Agar memudahkan dalam penghitunag COGS serta menghindari kesalahan dalam penghitungan COGS. Karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas, Jika sampai salah dalam menghitung COGS perusahaan akan mengalami kerugian.

Software akuntansi yang sudah lengkap dengan proses produksinya sekaligus adalah Beecloud. Jadi bisa dikatakan cukup sekali klik maka COGS akan terhitung dengan sendirinya. Dan yang paling penting adalah hasilnya pun akurat.

Tenang software akuntansi Beecloud ini tidak akan menguras kas perusahaan. Karena harganya sangat terjangkau sekali dan bayarnyapun bisa perbulan. Dan selain itu Beecloud ini sudah online sistem jadi Anda bisa cek semua kegiatan bisnis kapan saja dan dimana saja. Sudah harganya hemat online lagi langsung saja deh dicoba softwarenya dengan cara klik disini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :