Logo Bee Web

Syarat Lamaran Kerja dan 12 Berkas Lamaran Umum Dibutuhkan

Mendapat pekerjaan adalah impian semua orang, simak apa saja syarat lamaran kerja dan bekas lamaran yang biasa dibutuhkan pada artikel ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 31 July 2023

Mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap orang, dan untuk dapat diterima bekerja seseorang perlu memenuhi syarat lamaran kerja yang diberikan perusahaan itu sendiri, mulai dari kemampuan, skill, attitude hingga berkas lamaran kerja apa saja yang harus disiapkan.

Nah, kali ini Bee akan memberikan beberapa tips dan rangkuman informasi mengenai apa saja syarat lamaran kerja hingga berkas lamaran kerja yang perlu Anda persiapkan sebelum mendaftarkan diri.

Syarat Lamaran Kerja yang Perlu Diperhatikan

Lamaran Kerja

Ilustrasi Resume yang Diserahkan kepada HRD (Credit: Freepik.com)

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, Anda perlu memperhatikan syarat lamaran kerja yang diberikan perusahaan. Biasanya ada 5 poin berikut ini yang paling dipertimbangkan perusahaan sebelum menerima Anda, berikut diantaranya.

1. Pengalaman Kerja Sebelumnya

Sebelum melihat hal lainnya, biasanya HRD atau human resource development perusahaan akan melihat pengalaman kerja yang pernah Anda geluti sebelumnya. Dengan pengalaman ini perusahaan bisa melihat dan menilai jika Anda sudah terbiasa dengan lingkungan kerja yang dibutuhkan.

Usahakan untuk mencantumkan pengalaman kerja secara detail dalam bentuk daftar, mulai dari posisi apa yang pernah kamu geluti, nama perusahaan sebelumnya, periode kerja dan rincian kerja yang telah kamu lakukan. Pastikan untuk mencantumkan semuanya karena pelayanan Anda bisa jadi point plus di mata perusahaan. Tapi jangan berlebihan ya.

2. Keahlian dan Kompetensi

Berikutnya adalah keahlian dan kompetensi yang Anda miliki, ini bisa menjadi bukti jika Anda tidak hanya paham tentang teori saja namun juga prakteknya. Ini bisa Anda cantumkan dalam bentuk portofolio dan jenisnya.

Coba gambarkan keahlian dan kompetensi Anda sebaik mungkin, lampirkan juga bukti pencapaian yang sudah pernah Anda lakukan sebagai bentuk Anda menyakinkan perusahaan jika Anda benar-benar mampu menggeluti bidang tersebut.

3. Pendidikan Terakhir

Kemudian ada pendidikan terakhir, kenapa ini menjadi salah satu syarat penting lamaran kerja? Bahkan tidak jarang menjadi syarat utama. Sebab, pendidikan terakhir ini menjadi cerminan jika Anda telah memiliki pemahaman dasar tentang sebuah disiplin ilmu tertentu.

Dalam surat lamaran, Anda hanya perlu mencantumkan 1-2 pendidikan terakhir saja, jangan sejak sekolah dasar atau bahkan TK, karena perusahaan hanya akan mempertimbangkan pendidikan terakhir Anda saja.

4. Surat Lamaran dan CV

Berikutnya adalah lamaran kerja dan CV dengan surat lamaran dan resume yang dibuat dengan baik dapat memudahkan manajer perekrutan untuk memahami keahlian dan latar belakang Anda, sehingga mereka dapat menilai kesesuaian Anda untuk posisi tersebut.

Pastikan surat lamaran dan resume Anda ditulis dengan cara yang terstruktur dan profesional, berisi informasi yang relevan. Dokumen-dokumen ini harus secara akurat mencerminkan kualifikasi dan kemampuan Anda.

5. Attitude

Terakhir adalah attitude atau akhlak, perusahaan tidak hanya membutuhkan kemampuan Anda saja, namun juga bagaimana perilaku Anda. Hal ini biasanya akan dinilai langsung oleh perusahaan ketika Anda berada di tahap wawancara.

Pastikan jawaban wawancara Anda bijak dan tidak berlebih-lebihan sehingga memberikan kesan yang buruk bagi perusahaan.

Cek lowongan kerja disini karier.bee.id

12 Berkas Lamaran Kerja Umum Dibutuhkan

Berkas Lamaran Kerja

Ilustrasi proses wawancara kerja (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa dokumen yang biasa dibutuhkan dalam melamar sebuah pekerjaan:

1. Surat Lamaran

pertama ada surat lamaran adalah dokumen penting yang menyatakan minat Anda untuk mengisi posisi tertentu dalam perusahaan atau organisasi. Di dalam surat ini, sebaiknya sampaikan informasi mengenai pengalaman kerja, kualifikasi, dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

2. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Berikutnya ada CV, berisi ringkasan singkat tentang latar belakang pribadi Anda, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan CV Anda mudah dibaca dan memiliki format yang rapi.

3. Fotokopi Identitas

Anda perlu menyertakan fotokopi identitas resmi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor untuk verifikasi identitas Anda.

4. Pas Foto

Beberapa lamaran kerja memerlukan beberapa lembar pas foto ukuran paspor. Pastikan pas foto tersebut aktual dan memenuhi persyaratan khusus yang diminta oleh perusahaan.

5. Ijazah dan Transkrip Nilai

Sertakan salinan ijazah dari institusi pendidikan terakhir Anda, seperti ijazah sarjana atau diploma. Juga sertakan transkrip nilai yang mencantumkan mata kuliah dan nilai yang Anda peroleh selama studi.

6. Sertifikat Pelatihan dan Kursus

Jika Anda memiliki sertifikat pelatihan atau kursus yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, lampirkan salinannya. Ini akan menambah nilai tambah pada lamaran Anda.

7. Surat Referensi

Surat referensi dari atasan atau rekan kerja sebelumnya dapat memberikan gambaran positif tentang kepribadian dan kemampuan kerja Anda. Jika memungkinkan, mintalah surat referensi dari orang-orang yang telah bekerja dengan Anda dalam konteks profesional.

8. Portofolio

Jika Anda seorang profesional di bidang kreatif seperti desain grafis, seni, penulisan, atau pekerjaan yang memerlukan contoh pekerjaan sebelumnya, siapkan portofolio yang menampilkan karya-karya terbaik Anda.

9. Surat Keterangan Sehat

Beberapa pekerjaan mungkin memerlukan surat keterangan sehat dari dokter untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik dan kesehatan yang baik untuk menjalankan tugas pekerjaan.

10. Surat Pernyataan Tidak Terlibat dalam Konflik Kepentingan

Beberapa perusahaan atau organisasi meminta Anda untuk mengisi surat pernyataan bahwa Anda tidak memiliki konflik kepentingan dengan perusahaan atau klien perusahaan.

11. Surat Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri Secara Sepihak

Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin meminta Anda untuk menandatangani surat pernyataan bahwa Anda tidak akan mengundurkan diri dari posisi tersebut dalam periode tertentu setelah diterima bekerja.

12. Surat Pernyataan Kesanggupan Melakukan Tugas Terkait

Ada juga perusahaan yang mengharuskan Anda untuk menandatangani surat pernyataan bahwa Anda sanggup melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Pastikan untuk selalu membaca instruksi lamaran dengan cermat dan melengkapi semua dokumen yang diminta agar peluang Anda untuk diterima bekerja semakin besar. Jika ada persyaratan khusus atau perubahan terbaru dalam proses lamaran, pastikan untuk memperoleh informasi yang terbaru dari perusahaan atau sumber yang relevan.

Lacak Pendapatan Dan Pengeluaran Bisnis Kecil Dengan Beecloud

4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Work From Home
Seperti yang sudah kita ketahui, dunia saat ini tengah mewabah sebuah virus yang begitu cepat menularnya. Berbagai negara sudah mengambil
Baca Juga
10 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Paling Sering Diajukan
Proses rekrutmen sebuah perusahaan pastinya tidak akan lepas dari proses wawancara atau interview, dimana HRD (human resource development) akan memberikan
Baca Juga
Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya
Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya
Baca Juga
Pengertian Prinsip Ekonomi dan Penjelasannya
Apa itu prinsip ekonomi? Tak sedikit orang memahami artian dari  ekonomi yang sebenarnya penting untuk diketahui. Terkait segala kegiatan sehari-hari
Baca Juga
Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Dibuka, UMKM Bisa Bergabung
Bee.id - ASEAN Business Awards (ABA) 2023 telah dibuka pendaftarannya pada 29 Mei 2023 lalu dan ditutup pada 14 juli
Baca Juga
Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat "LockDown"?
Sejak 2020, berita duka datang untuk seluruh dunia. Virus tersebar, bumi pun istirahat. Seluruh tempat di lockdown Semenjak adanya sebuah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu