Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Program Kasir Superindo, Bikin Sukses Bisnis Supermarket

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 22 April 2022

Kasir Superindo setiap hari memang selalu menangani ratusan transaksi. Siapa yang tidah tahu Superindo? Salah satu supermarket yang memiliki jumlah pelanggan harian yang tidak dapat dihitung dengan tangan.

Superindo, selalu menjadi pilihan tepat untuk dijadikan tempat belanja kebutuhan sehari-hari karena barang yang dijual mencakup semua kebutuhan rumah tangga dari A sampai Z. Inilah yang menjadikan usaha seperti superindo menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Dibalik banyaknya pelanggan harian, superindo tentu saja memiliki operasional yang efektif. Salah satu faktor penting pada penanganan ratusan transaksi penjualan tersebut adalah bagian kasir superindo.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kasir superindo yang amat jitu, mari kita bahas lebih lengkap dulu tentang Superindo yang dapat Anda jadikan sebagai refrensi untuk memulai bisnis minimarket atau supermarket.

Tentang Superindo

kasir superindo

Ilustrasi Pegawai Kasir Superindo (Sumber: Superindo.co.id)

Saat tahun 1997, Superindo berkembang pesat bersama masyarakat Indonesia. Saat ini superindo sudah memiliki 133 cabang yang didukung lebih dari 7.000 karyawan yang telah terlatih. Item yang disediakan superindo begitu beragam, yaitu produk kebutuhan sehari-hari yang memiliki kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, hemat, hingga lokasi toko yang mudah dijangkau.

Kesegaran dan kualitasn produk selalu dijaga melalui pemilihan sumber terbaik dan penanganan yang sesuai dengan SOP yang selalu dipantau. Faktor inilah yang menjadikan superindo sebagai pilihan tempat belanja yang selalu "lebih segar", "lebih hemat", dan "lebih dekat".

Kasir merupakan ujung tombak bisnis tersebut karena tugasnya yang harus mampu melayani ratusan pelanggan dalam waktu yang cepat.

Banyak orang menginginkan sebuah usaha yang memiliki keuntungan yang fantastis. Tak salah jika mereka memilih memulai bisnis minimarket atau supermarket. Akan tetapi, banyak yang belum menerapkan sistem kasir yang mampu menangani banyaknya transaksi secara efisien dan cepat.

Keuntungan Bisnis Waralaba Superindo

keuntungan-bisnis-waralaba-superindo

Ilustrasi Keranjang Belanja di Superindo (Sumber: Freepik.com)

Jaringan Supermarket Nasional Superindo banyak diketahui, dipercaya, dan memiliki merek yang kuat di masyarakat, hadir menawarkan peluang bisnis dengan konsep waralaba (franchise) untuk supermarket ukuran kompak (compact supermarket) bernama Super Indo Express di acara waralaba internasional.

Menurut PT. Lion Super Indo, Super Indo Express dijalankan sehingga investor atau UKM lokal bisa menjadi bagian dari bisnis supermarket melalui sistem waralaba. Kemudian, Super Indo Express dioperasikan dengan Perjanjian Waralaba dengan PT. Singa Super Indo.

Super Indo Express menawarkan keuntungan dari sistem distribusi dan layanan yang sama dengan sistem yang dijalankan di outlet superindo. Super Indo Express outlet akan menempati ruang sekitar 500m2 dan menawarkan kebutuhan sehari-hari dan produk-produk berkualitas segar dengan harga terjangkau.

Mitra waralaba punya potensi untuk mendapatkan keuntungan yang stabil karena superindo telah memiliki sistem dan manajemen yang baik, diuji dan memiliki reputasi positif. Selain itu, Super Indo Express mengadopsi sistem rantai pasokan penuh yang dijalankan oleh Super Indo, yang telah diuji selama lebih dari 2 dekade dengan reputasi yang sangat baik.

Tips Sukses Bisnis Supermarket Seperti Superindo

tips-sukses-bisnis-minimarket-seperti-superindo

Ilustrasi Pelanggan Belanja di Supermarket (Sumber: Freepik.com)

Untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan, Anda perlu tahu tips sukses untuk mengembangkan bisnis supermarket. Ini dicoba bagi yang memilih bisnis minimarket, atau bisnis mandiri supermarket.

1. Perencanaan Bisnis Supermarket

Perencanaan bisnis itu sangat penting demi mengembangkan perusahaan. Perencanaan bisnis itu banyak macamnya, disini Anda perlu memikirkannya secara matang.

Misalnya perencanaan keuangan, Anda harus mengalokasikan modal usaha secara tepat. Karena modal ini sangat fatal jika dikelola tanpa hati-hati. Akibatnya, bukan keuntungan yang didapat tapi malah kerugian yang dapat membuat Anda menyesal.

Lalu ada perencanaan karyawan. Kita tahu karyawan disini memiliki peran penting dalam usaha, terutama bisnis supermarket. Bagian kasir disini harus bisa memberikan pelayanan yang ramah supaya pelanggan lebih nyaman. Selain itu, kasir juga harus menangani transaksi secara cepat.

Selain itu juga ada perencanaan promosi. Ketika Anda menginginkan produk-produk yang dimiliki dapat terjual laris, Anda perlu menerapkan perencanaan promosi yang ampuh. Anda butuh melakukan uji coba selama satu bulan untuk mendapatkan sebuah data yang dapat Anda jadikan refrensi perencanaan promosi.

2. Lokasi Yang Strategis

Disini, Anda perlu melakukan riset mengenai lokasi mana yang strategis untuk usaha supermarket. Anda bisa mencari tempat yang mudah ditemukan banyak orang. seperti di area dekat perumahan, area dekat fasilitas umum, atau perkantoran.

Jangan lupakan juga mengenai luas tempat yang Anda pilih. Bisnis supermarket butuh tempat yang luas, selain untuk menampung banyaknya produk, tempat yang luas juga dibutuhkan untuk lahan parkir. Ini sangat penting untuk mendapatkan kenyamanan pelanggan.

3. Memilih Karyawan dan Kasir seperti Superindo

Seperti yang sudah disinggung di atas, perencanaan mengenai karyawan juga harus dipertimbangkan.

Memilih karyawan dengan prinsip-prinsip etika bisnis yang baik tentu sangat penting, karena bisnis supermarket juga merupakan bisnis yang rentan terhadap risiko kehilangan. Jadi untuk mengatasinya, pilih karyawan dengan hati-hati. Dengan begitu Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan di toko Anda.

4. Memilih Supplier

Anda memerlukan berbagai produk untuk toko Anda seperti makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya. Anda harus memilih satu supplier supermarket untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Tetapi untuk mengatur stok barang, Anda harus benar-benar memahami target pasar Anda. Anda harus dapat menentukan supplier supermarket yang sesuai dan memilih barang paling dicari pelanggan.

5. Gunakan Program Kasir

Sesuai judul dan telah disinggung di atas, kesuksesan bisnis superindo mencakup salah satu faktor penting. Yaitu kinerja kasir superindo. Jika Anda memilih usaha supermarket atau minimarket, maka bukan tidak mungkin Anda pasti membutuhkan sistem kasir.

Sistem kasir disini adalah sebuah kegiatan transaksi yang harus bisa dilakukan secara efisien, mudah, cepat, hingga praktis. Karena banyaknya pelanggan tidak dapat diprediksikan, maka dari itu Anda perlu yang namanya alat bantu kasir yaitu program kasir.

Program kasir saat ini memiliki kecanggihan luar biasa yang memungkinkan kasir menangani banyaknya transaksi secara cepat setiap harinya. Keunggulan seperti penghitungan otomatis, manajemen stok up to date, kalkulasi diskon atau potongan harga, sistem member, berbagai metode pembayaran, semua itu bisa Anda dapatkan melalui program kasir.

Baca Juga: Kenali Tugas Kasir Cafe Yang Bukan Hanya Menerima Pembayaran

Program Kasir Superindo

Beepos Desktop Minimarket_web

Software Minimarket Beepos, Program Kasir Seperti Superindo (Sumber: Bee.id)

Superindo yang setiap hari melayani ratusan pelanggan, hampir tidak pernah mengalami masalah pada transaksi penjualannya. Semua itu berkat program kasir yang mereka gunakan. Jika Anda pemilik usaha minimarket atau superindo yang ingin memiliki program kasir seperti superindo, Anda bisa menggunakan aplikasi Beepos.

Beepos merupakan program kasir mirip superindo yang didesain untuk menangani ratusan transaksi secara cepat, mudah, dan praktis. Berkat fitur yang dimiliki Beepos, itu sangat memungkinkan Anda untuk meraih kesuksesan seperti superindo.

Tersedia beragam fitur seperti:

  • Minimalisir perbedaan harga di label rak vs di mesin kasir
  • Atur hak akses untuk cegah kasir nakal
  • Gampang stok opname ribuan produk
  • Jualan kasir cepat, gak perlu mouse
  • Setting promo terpusat otomatis sinkron di POS
  • Kas kecil terintegrasi dengan setoran kasir
  • Cetak label rak otomatis dengan BeeToolKit

Kesimpulan

Superindo memang sebuah supermarket yang telah mendapat banyak kepercayaan terhadap konsumen. Dengan memberikan fasilitas yang nyaman, hingga pelayanan yang ramah dan cepat, mereka menjadi salah satu supermarket terbesar di Indonesia.

Anda mungkin saja mengikuti jejak bisnis superindo dengan membangun usaha minimarket atau supermarket. Anda bisa menggunakan alat bantu program kasir Beepos untuk memudahkan pengelolaan usaha.

Jual Software Kasir Paling Bagus Bee.id
  Bagi Anda yang ingin akan membeli software kasir, jangan sampai sembarangan memilih toko jual software kasir. Sebagaimana membeli produk-produk […]
Baca Juga
3+ Aplikasi untuk Cetak Faktur Penjualan di Windows
Aplikasi Faktur Penjualan – Apakah anda masih bingung bagaimana caranya cetak Faktur Penjualan ? Atau anda masih menggunakan cara manual […]
Baca Juga
Aplikasi Nota Pembelian, Manfaat dan Langkah Pembuatannya
Aplikasi nota pembelian menjadi bagian penting dalam proses akuntansi usaha. Baik itu, bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang, sudah umum […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu