Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Aplikasi Rental Mobil: Mudah Catat Riwayat Rental Mobil

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 July 2022

Aplikasi rental mobil merupakan solusi bagi para pemilik bisnis rental mobil dan kendaraan untuk mengelola pembukuan hingga laporan keuangan bisnis. Banyak pemilik bisnis rental mobil mengalami kendala dalam menjalankan bisnisnya karena nota dan pencatatan yang dilakukan secara manual. 

Pencatatan yang dilakukan secara manual akan menyebabkan waktu dan tenaga Anda justru habis untuk mengecek data dari tumpukan kertas transaksi. Alhasil, Anda akan kesulitan mengembangkan bisnis akibat terkurasnya waktu hanya untuk kelola pembukuan rental kendaraan.

Kelola Bisnis dengan Aplikasi Rental Mobil dari Beeaccounting

Aplikasi Sewa Mobil

Ilustrasi Jajaran Mobil (Sumber: Pexels.com)

Salah satu aplikasi pembukuan untuk rental mobil terbaik yang sangat direkomendasikan untuk digunakan adalah Beeaccounting. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi rental Beeaccounting yang sayang untuk dilewatkan sebagai berikut:

1. Catat dengan Mudah Setiap Transaksi

Setiap transaksi pembayaran meliputi transaksi pembayaran uang muka, pembayaran uang jaminan dan denda dapat dicatat dan direkap secara otomatis di sistem. Setiap data yang dimasukkan juga akan tersimpan secara otomatis di database besar sehingga tidak berisiko hilang atau tercecer. 

Jika ingin mengecek invoice juga tidak sulit karena tinggal lihat data yang tersimpan di aplikasi termasuk status pembayaran. 

2. Catatan Riwayat Rental Barang Terus Tersimpan di Sistem

Karena pencatatan rental barang disimpan di dalam database, maka kapanpun Anda butuh, laporan history rental bisa diakses dan tidak akan hilang. Catatan riwayat rental barang yang tersimpan di dalam sistem bisa membantu pemilik usaha mengelola data kendaraan. 

3. Hitung Depresiasi Aset Secara Otomatis

07 Beeaccounting Software Rental Depresiasi Asset

Beeaccounting Software Rental Depresiasi Asset (Sumber: Bee.id)

Kendaraan berupa mobil yang disewakan ke customer akan terus terdepresiasi setiap periodenya. Depresiasi atau penyusutan aset harus dihitung dengan tepat sebagai antisipasi dana di masa mendatang. Sayangnya, tidak semua bisnis memiliki kemampuan untuk menghitung penyusutan aset dengan tepat.

Oleh karena itu Beeaccounting hadir untuk membantu melakukan perhitungan depresiasi aset dengan tepat dan otomatis. Sehingga Anda tidak perlu lagi pusing melakukan perhitungan depresiasi secara manual.

4. Cocok untuk Bisnis Rental Lainnya

Menariknya, aplikasi rental Beeaccounting tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk rental mobil atau kendaraan saja namun juga untuk rental barang lainnya. Usaha rental seperti kebutuhan pesta, rental busana pernikahan dan busana pesta, peralatan camping, dan lainnya bisa menggunakan aplikasi ini.

Semua fitur yang ada di dalam aplikasi Beeaccounting dijamin juga cocok jika digunakan untuk pembukuan bisnis rental yang lain.

5. Fitur Kalender Booking untuk Manajemen Order

Aplikasi Beeaccounting dibekali oleh fitur kalender booking untuk membantu manajemen order sewa mobil. Anda bisa dengan mudah melacak ketersediaan kendaraan baik mobil dan motor untuk waktu sewa tertentu. 

Dari sini, Anda akan langsung tahu mobil apa saja yang ready di tanggal tertentu, mobil apa yang sudah dibooking atau mobil yang sedang maintenance. 

6. Bisa Diakses dari Manapun

Kelebihan aplikasi Beeaccounting adalah seluruh data bisa diakses dari manapun dan kapanpun. Aplikasi dapat diinstal dari hp, laptop atau tablet. Sehingga meskipun Anda sedang berada di luar kota, maka kapanpun Anda bisa mengecek laporan neraca, laba rugi, catatan transaksi dan riwayat sewa. 

Baca Juga: App Sewa Mobil Lepas Kunci Berkualitas

Kelemahan Pembukuan Rental Mobil Secara Manual

Pembukuan Keuangan Perusahaan

Ilustrasi Pembukan Usaha Bisnis Mobil Manual

Bisnis sewa mobil sejauh ini masih belum menyadari betapa pentingnya menerapkan aplikasi untuk sewa mobil dalam menjalankan usahanya. Padahal, pencatatan rental mobil yang dilakukan secara manual mempunyai banyak kelemahan sebagai berikut:

1. Tidak Efektif Mengatur Kalender Booking

Bagi usaha rental mobil yang sudah besar dengan jumlah aset kendaraan yang banyak, menjalankan bisnis tanpa bantuan aplikasi sewa mobil tentu sangat merepotkan. Anda akan kesulitan untuk mengatur kalender booking dari kendaraan karena pencatatan masih dilakukan secara manual di buku atau papan. 

Alhasil, bisa jadi kendaraan sudah dibooking namun karena data tidak diatur dengan baik menyebabkan karyawan mengira mobil masih kosong. Miskomunikasi seperti ini tentu sangat sulit dihindari jika pencatatan dilakukan manual.

2. Tagihan Bisa Terlewat

Kelemahan lain menggunakan pencatatan manual adalah banyak tagihan customer yang bisa terlewat. Petugas bisa saja kebingungan melihat mana tagihan customer yang sudah lunas maupun tagihan yang belum lunas. 

Alhasil, ketika ada tagihan customer yang belum lunas, petugas justru terlupa untuk menagihnya dan menyebabkan perusahaan menjadi rugi. 

3. Kewalahan Mencatat Secara Manual

Pada masa-masa ramai seperti libur sekolah, intensitas penyewaan mobil biasanya akan meningkat pesat karena banyak keluarga ingin menyewa mobil untuk keluarga. Tingginya jumlah customer yang menyewa mobil tentu akan membuat petugas menjadi kewalahan saat mencatat manual. 

Hal ini bisa menyebabkan ada informasi yang hilang atau lupa dicatat. Kondisi ini bisa sangat merugikan perusahaan terutama jika data yang hilang adalah data-data penting.

4. Sulit Melihat Riwayat Sewa Kendaraan

Riwayat sewa kendaraan tidak bisa dilihat dengan jelas ketika pencatatan dilakukan secara manual. Pencatatan secara manual yang menggunakan buku harus terus diperbaharui dengan cara mengganti buku yang lama dengan buku baru. 

Buku yang lama akhirnya bisa jadi terbuang atau terselip sehingga riwayat sewa mobil pun tidak bisa diakses lagi. Padahal, mengetahui riwayat sewa kendaraan sangat penting untuk menentukan waktu maintenance.

5. Memakan Waktu untuk Cek Laporan

Cek laporan akan memakan waktu lama karena petugas harus menghabiskan waktunya membuka-buka data yang tersimpan di arsip manual seperti buku, kemudian memindahkan dan mengolahnya secara manual. Semua ini sebenarnya bisa dihindari jika pengolahan laporan menggunakan aplikasi rental mobil

Baca Juga: 5 Fitur Unggulan Aplikasi Penyewaan Mobil Terbaik

Aplikasi Pembukuan Bisnis untuk Usaha Rental Mobil

Solusi untuk mengatasi segala hambatan dalam pembukuan bisnis rental di atas adalah dengan menggunakan aplikasi untuk bisnis sewa mobil. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis sebagai berikut:

Aplikasi Rental Mobil Beeaccounting

Beeaccounting adalah aplikasi rental mobil yang dibuat oleh PT BITS Miliartha. Aplikasi ini sudah digunakan oleh puluhan ribu customer di seluruh Indonesia. Aplikasi ini memiliki seragam fitur lengkap untuk mendukung aktivitas bisnis rental berbagai barang seperti kendaraan, pakaian, dan lainnya. 

Dengan menggunakan Beeaccounting, maka setiap tagihan customer Anda akan tercatat dengan rapi di dalam database. 

Dengan banyaknya fitur yang tersedia, aplikasi rental mobil Beeaccounting dijamin dapat membantu memudahkan manajemen bisnis. Aplikasi pembukuan rental kendaraan, memudahkan manajemen dan kelola usaha rental Mengelola pencatatan transaksi dan stok (ready, book dan sedang disewa), pembukuan otomatis dan dilengkapi dengan laporan untuk analisa usaha rental anda Beeaccounting juga menyediakan free trial selama 30 hari sehingga Anda bisa merasakan langsung bagaimana fitur yang tersedia. Cari tahu lebih lanjut tentang aplikasi pembukuan untuk usaha rental di sini atau klik gambar di bwaha ini!

Beeaccounting Rental Web

4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan […]
Baca Juga
Alternatif Software Resto, untuk Resto Ramai & Banyak Meja
Software resto yang cocok untuk usaha rumah makan yang sudah ramai dan mejanya banyak. Anda Pemilik Resto dengan kondisi tersebut? […]
Baca Juga
Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan untuk Laporan Usaha
Aplikasi kas keuangan di era digital saat ini digunakan baik dari usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan skala besar untuk mempercepat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu