🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Ekonomi Makro Adalah: Teori Beserta Contohnya

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa inflasi dan deflasi termasuk contoh ekonomi makro. Cek sederet contoh lainnya di bawah ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 22 May 2023

Salah satu contoh ekonomi makro yang sederhana adalah kenaikan dan penurunan harga. Ekonomi makro sendiri merupakan cabang ilmu di bidang ekonomi yang ketika Anda pelajari maka Anda akan memiliki pengetahuan atau pemahaman tentang perekonomian secara keseluruhan.

Maksudnya adalah pengetahuan ekonomi dalam cakupan yang luas, yaitu satu negara. Apa definisi selengkapnya dan apa saja contoh lainnya dapat Anda temukan di bawah ini.

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi Makro adalah suatu ilmu yang akan memberikan Anda cara untuk dapat mengukur tentang kinerja ekonomi, memproyeksikan kinerja tadi agar meningkat, dan memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong hal tersebut.

Secara garis besar, ekonomi makro ini merupakan cabang ekonomi yang erat hubungannya dengan perilaku, struktur, kinerja, dan agregat atau pengambilan keputusan ekonomi. Jika Anda terjung ke bidang ilmu ini, maka dapat dipastikan Anda akan mempelajari tentang ekonomi secara menyeluruh dan dalam skala yang besar.

Inilah mengapa ilmu ekonomi makro kerap digunakan sebagai instrumen dalam menganalisa serta merancang target-target kebijakan terkait dengan hal berikut:

  • Pertumbuhan ekonomi
  • Inflasi
  • Tenaga kerja
  • Keseimbangan neraca pembayaran yang berkelanjutan
  • Menganalisa produsen secara lebih menyeluruh
  • Analisa konsumen mengenai cara mengalokasikan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan (barang ataupun jasa)
  • Variabel ekonomi agregatif (untuk menunjukkan hubungan fungsional dan kausal / sebab akibat

Teori Ekonomi Makro

Terdapat 2 teori ekonomi makro, diantaranya:

1. Teori Klasik

Teori ini pertama kali dipopulerkan oleh David Ricardo dan Adam Smith. Isinya adalah pembahasan mengenai cara sehat dan benar dalam mengelola perekonomian secara luas / di suatu negara.

Ada juga penjelasan mengenai pasar bebas non pemerintah, cara pembagian kerja yang efektif, dan cara mengalokasikan sumber daya agar hasilnya maksimal.

Semboyan dari teori ini adalah setiap orang dapat melakukan kegiatan ekonomi sesuai pilihannya sendiri, dan bebas menentukan cara dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.

Rumus dari teori ini adalah penawaran menciptakan permintaan. Artinya, barang / jasa apapun yang diproduksi pasti akan ada yang membeli.

2. Teori Keynesan

Teori ini mengarah pada perekonomian liberal, yaitu pemilik modal yang mengendalikan perekonomian. Ada juga yang menganggap bahwa teori ini menggunakan konsep kapitalisme.

Jadi, pemodal memiliki power untuk menentukan dan mengatur arah perekonomian. Beberapa hal yang diutamakan dari teori makro ini adalah:

  • Pengeluaran agregat
  • Penentuan suku bunga
  • Peranan uang
  • Peran pemerintah

Setelah melihat berbagai contoh ekonomi makro di atas, sekarang Anda jadi tahu bahwa hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari erat hubungannya dengan ilmu ekonomi. Masalah yang dibahas pada ilmu ini meliputi inflasi dan deflasi, hingga pengangguran dan pajak.

Contoh Ekonomi Makro

Berikut ini adalah 9 contoh ekonomi makro, sebagai berikut :

1. Inflasi

Teori Inflasi di Ekonomi Makro

Inflasi (Credit: Freepik.com)

Istilah inflasi mengarah pada kondisi harga-harga barang dan jasa yang mengalami kenaikan secara umum dan terus menerus pada rentang waktu tertentu. Adapun penyebab inflasi bisa beragam, seperti:

  • Jumlah permintaan akan barang / jasa yang mengalami lonjakan.
  • Biaya produksi meningkat.
  • Jumlah uang tunai di masyarakat bertambah banyak.
  • Adanya ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan barang / jasa.
  • Kekacauan politik atau ekonomi di negara tersebut, seperti di Indonesia tahun 1998.

Baca Juga: Mengenal Inflasi dan Deflasi serta Dampaknya Bagi Bisnis

2. Deflasi

Kebalikan dari inflasi, deflasi adalah kondisi ketika harga-harga di suatu wilayah mengalami penurunan. Sekilas mungkin tampak menguntungkan namun jika terjadi terus menerus maka deflasi juga berdampak buruk, seperti:

  • Turunnya gaji dan membuat pemasukan berkurang
  • Gagal bayar cicilan karena jumlah gaji berkurang
  • Pengangguran meningkat
  • Omset atau laba perusahaan turun
  • Macetnya aktivitas pasar
  • Banyak bisnis gulung tikar

3. Pendapatan Nasional

Contoh kegiatan ekonomi makro lainnya adalah pendapatan nasional, yaitu jumlah seluruh pemasukan di suatu negara pada periode tertentu, misalnya per tahun. Jumlah pendapatan yang sedikit, banyak, atau sedang tentu akan berpengaruh terhadap perekonomian dari negara itu sendiri.

4. Permasalahan Tingkat Pengangguran

Salah satu dampak dari deflasi adalah meningkatkan pengangguran, dan hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi negara.

Ketika jumlah pengangguran bertambah, maka pemasukan negara akan berkurang dan membuat sistem ekonomi menjadi tidak stabil. Mengapa demikian? Salah satu contohnya adalah pemasukan dari sektor pajak yang mengalami penurunan.

5. Ekspor Impor

Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa kegiatan ekspor impor juga termasuk salah satu contoh ekonomi makro. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi permintaan masyarakat yang tidak tersedia di negara tersebut, atau sebaliknya. Keuntungan dari ekspor impor adalah devisa negara.

Baca Juga: Contoh Ekonomi Makro, Ciri, Kebijakan, dan Ruang Lingkup

6. Menaikan Tarif Pajak

Saat suatu negara mengalami inflasi, salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi hal ini adalah menaikkan tarif pajak. Tujuannya adalah jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang dan inflasi pun bisa mereda.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

7. Kerjasama Bilateral

Contoh kebijakan ekonomi makro lainnya adalah contoh kerjasama bilateral, yang bertujuan menjaga kestabilan ekonomi sehingga kerjasama antar negara bisa tercapai. Salah satu bentuk kerjasama ini adalah perdagangan.

8. Tax Amnesty

Amnesti pajak atau tax amnesty adalah kebijakan pemerintah untuk para wajib pajak agar bersedia mengungkapkan kekayaannya terutama yang disimpan di luar negeri, jadi kekayaan tersebut bisa ditempatkan di negara asalnya.

Ada juga tujuan lain yaitu untuk membuat para wajib pajak melaporkan aset yang belum dilaporkan, dan membayar pajak yang sebelumnya belum atau bahkan tidak pernah dibayar tapi tanda denda. Jadi, dapat dikatakan juga bahwa tax amnesty merupakan pengampunan pajak.

9. Membuka Lapangan Kerja

Satu lagi contoh ekonomi makro adalah pemerintah membuka lapangan kerja. Semakin sedikit jumlah pengangguran, maka semakin bagus juga perekonomian negara.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Neraca Pembayaran Adalah: Komponen, Jenis, Fungsinya
Apa itu neraca pembayaran? Neraca pembayaran adalah suatu catatan sistematis yang mencatat semua transaksi ekonomi antara suatu negara dengan negara-negara
Baca Juga
Harga Keseimbangan (Equilibrium Price), Rumus dan Contohnya
Harga ekonomi yang juga disebut dengan ekuilibrium menjadi fokus utama dalam menjaga stabilitas ekonomi. Harga keseimbangan mencerminkan titik temu antara
Baca Juga
Contoh Ekonomi Mikro, Perbedaan, Teori dan Tujuannya
Dalam bahasan ini, Anda akan mempelajari tentang contoh ekonomi mikro yang sering terjadi di masyarakat, pengertian, teori dan juga tujuannya.
Baca Juga
Market Share Adalah: Definisi, Fungsi hingga Cara Menghitung
Market share adalah istilah dalam ruang lingkup bisnis yang perlu Anda kuasai dengan benar. Keberadaannya memberikan banyak sekali kegunaan, terutama
Baca Juga
Teori Ekonomi Mikro: Definisi dan Contoh Masalah di Indonesia
Teori ekonomi mikro adalah bidang studi yang mempelajari perilaku individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi serta interaksi
Baca Juga
Mengenal Statistik Bisnis untuk Tingkatkan Performa Bisnis
Statistik bisnis adalah salah satu landasan utama bagi keberhasilan suatu perusahaan. Melalui datanya pelaku bisnis diberi pandangan mendalam mengenai kinerja
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu