Logo Bee Web

Desain Kemasan Produk: Mengoptimalkan Daya Tarik Penjualan

Ingin maksimalkan penjualan Anda dengan desain kemasan produk yang menarik dan efektif? Pelajari langkah dan contohnya di artikel ini!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 25 May 2023

Desain kemasan produk memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan daya tarik dan kesuksesan penjualan. Ketika Anda melihat rak-rak di toko, kemasan produk yang menarik seringkali menjadi faktor penentu bagi konsumen untuk memilih suatu produk.

Desain kemasan yang baik dapat menarik perhatian, membedakan produk dari pesaing, dan membangun kesan positif terhadap merek Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi langkah-langkah dalam merancang desain kemasan produk yang sukses, memberikan contoh-contoh kemasan yang efektif, serta membahas prinsip-prinsip yang harus dipertimbangkan dalam menciptakan kemasan yang menarik dan autentik.

Pentingnya Desain Kemasan Produk

Desain kemasan produk memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan penjualan. Ketika konsumen berhadapan dengan berbagai pilihan produk di rak toko, kemasan menjadi elemen pertama yang mereka lihat dan evaluasi.

Pentingnya Desain Kemasan produk

Kini desain kemasan produk merambah ke berbagai jenis usaha (Credit: Freepik)

Kemasan yang menarik, informatif, dan sesuai dengan identitas merek dapat memberikan kesan positif kepada konsumen. Selain itu, kemasan yang baik juga dapat membedakan produk Anda dari pesaing di pasar yang kompetitif.

Dengan demikian, desain kemasan produk yang efektif dapat menjadi faktor penentu dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Anda.

Langkah-Langkah dalam Merancang Desain Kemasan Produk yang Menarik

Merancang desain kemasan produk yang sukses melibatkan sejumlah langkah yang perlu Anda ambil. Dalam merancang kemasan yang efektif, Anda perlu:

1. Kenali Berbagai Jenis Kemasan

Sebelum Anda memulai proses desain, penting untuk mengenali berbagai jenis kemasan yang tersedia. Ada banyak pilihan kemasan, seperti kotak, botol, kantong, sachet, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis kemasan memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Pilihlah jenis kemasan yang sesuai dengan produk Anda dan mampu menarik perhatian konsumen.

2. Perhatikan Ukuran Kemasan

Ukuran kemasan juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Pastikan ukuran kemasan dapat memuat produk dengan baik dan nyaman bagi konsumen.

Selain itu, pertimbangkan juga aspek praktis dalam hal penyimpanan dan pengiriman produk.

3. Pilih Desain yang Kreatif dan Mudah Diingat

Desain kreatif adalah salah satu elemen penting dalam desain produk. Buatlah desain yang menarik, unik, dan mudah diingat oleh konsumen.

Desain yang kuat akan membantu menciptakan daya tarik visual dan meninggalkan kesan yang berkesan pada konsumen.

4. Pilih Warna yang Cerah

Warna memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi dan persepsi konsumen. Pilihlah warna yang sesuai dengan identitas merek dan cocok dengan produk yang Anda tawarkan.

Warna yang cerah dan menarik dapat memberikan kesan yang positif dan menarik perhatian konsumen di antara produk-produk lainnya.

5. Pilih Gambar yang Menarik

Gambar pada kemasan produk dapat membantu menyampaikan pesan kepada konsumen dengan cepat dan efektif.

Pilihlah gambar yang relevan, menarik, dan mampu memperkuat pesan yang ingin disampaikan oleh produk Anda. Pastikan gambar tersebut jelas dan berkualitas tinggi.

6. Cantumkan Informasi Produk

Kemasan produk juga harus berfungsi sebagai sumber informasi yang jelas dan lengkap tentang produk. Sertakan informasi seperti nama produk, deskripsi, instruksi penggunaan, komposisi, tanggal kedaluwarsa, dan label keamanan jika diperlukan.

Informasi yang jelas dan mudah dibaca akan membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik.

Contoh Desain Kemasan Produk Kekinian

Berikut ini adalah beberapa contoh desain kemasan produk yang kekinian dan dapat memberikan daya tarik kepada konsumen:

 

1. Standing Pouch

Standing pouch merupakan desain kemasan produk simple yang dapat berdiri sendiri dan sering digunakan untuk makanan ringan, minuman, atau produk-produk dengan tekstur cair.

desain kemasan produk Standing Pouch Pastik

Bungkus Produk Standing Pouch Pastik (Credit: flexypack)

Desainnya yang praktis dan modern membuatnya populer di kalangan konsumen yang aktif dan membutuhkan kemasan yang mudah dibawa dan digunakan.

2. Flat Bottom Pouch

Flat bottom pouch adalah kemasan yang memiliki dasar datar, sehingga dapat berdiri dengan stabil. Kemasan ini sering digunakan untuk makanan kering, seperti kopi, makanan ringan, atau makanan siap saji.

desain Kemasan produk Flat Bottom Pouch

kemasan Flat Bottom Pouch (Credit: longdapac)

Desainnya yang elegan dan memberikan kesan premium membuat produk terlihat lebih menarik di rak dan menarik perhatian konsumen.

3. Box Karton

Box karton merupakan pilihan kemasan yang serbaguna dan ramah lingkungan. Kemasan berbentuk kotak ini dapat digunakan untuk berbagai jenis desain kemasan produk makanan, kemasan produk minuman, atau produk elektronik. Desainnya yang dapat dicetak dengan berbagai macam motif dan warna memberikan fleksibilitas dalam menciptakan tampilan yang menarik.

4. Berbahan Plastik

Kemasan berbahan plastik tetap menjadi pilihan yang populer karena sifatnya yang ringan, fleksibel, dan tahan terhadap kelembaban. Desain kemasan plastik dapat beragam, mulai dari kemasan botol, sachet, hingga blister pack.

desain Kemasan Produk Dari Plastik

Kemasan Produk dari Plastik (Credit: asiabaru)

Kelebihan kemasan plastik adalah kemampuannya untuk menampilkan produk dengan jelas dan melindungi produk dari kerusakan.

5. Aluminium Foil

Kemasan dengan aluminium foil sering digunakan untuk kemasan produk makanan atau desain kemasan produk minuman yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap cahaya, oksigen, dan kelembaban.

desain kemasan produk Keripik Dari Aluminium Foil

Contoh Kemasan Keripik dari Aluminium Foil (Credit: ud-adhika)

Aluminium foil memberikan keunggulan dalam menjaga kesegaran produk dan melindungi dari paparan elemen yang dapat merusak kualitas produk. Kemasan aluminium foil yang elegan dan modern juga dapat menarik perhatian konsumen.

6. Plastik Doff

Plastik doff adalah jenis kemasan plastik yang memiliki tekstur matte atau tidak mengkilap. Desain dengan plastik doff memberikan kesan elegan dan modern.

Kemasan ini sering digunakan untuk produk kosmetik, produk perawatan tubuh, atau produk-produk dengan segmentasi yang lebih premium.

Dengan memilih desain kemasan produk yang kekinian dan sesuai dengan karakteristik produk Anda, Anda dapat meningkatkan daya tarik produk dan menarik perhatian konsumen.

Selain itu, pastikan desain kemasan juga mencerminkan identitas merek Anda agar dapat memperkuat kesan positif dan membedakan produk Anda dari pesaing.

Prinsip dalam Desain Kemasan

Dalam merancang desain kemasan produk yang sukses, ada beberapa prinsip yang perlu Anda perhatikan:

1. Kesederhanaan, Bukan Kompleks

Desain kemasan yang sederhana cenderung lebih efektif daripada desain yang rumit. Kesederhanaan dalam desain kemasan dapat memudahkan konsumen dalam memahami pesan yang ingin disampaikan oleh produk Anda.

2. Kejujuran

Desain kemasan harus jujur ​​dan sesuai dengan produk yang sebenarnya. Jangan menciptakan desain yang menyesatkan konsumen atau membuat mereka memiliki ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan.

3. Autentik

Desain kemasan harus mencerminkan identitas merek Anda secara autentik. Pastikan desain tersebut konsisten dengan citra merek dan memberikan kesan yang konsisten kepada konsumen.

4. Unik dan Menarik

Ciptakan desain kemasan yang unik dan menarik agar produk Anda dapat membedakan diri dari pesaing di pasaran. Desain yang unik akan memperkuat daya tarik visual dan membuat konsumen penasaran untuk mencoba produk Anda.

5. Food Safety

Desain kemasan juga harus memperhatikan aspek keamanan pangan. Pastikan kemasan produk memenuhi persyaratan keamanan pangan, seperti segel keamanan dan label yang jelas tentang bahan-bahan yang digunakan.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, desain kemasan memegang peranan yang penting dalam mengoptimalkan daya tarik dan keberhasilan penjualan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah merancang desain kemasan yang efektif, memilih jenis kemasan yang tepat, serta menerapkan prinsip-prinsip desain yang sesuai, Anda dapat menciptakan kemasan produk yang menarik, informatif, dan membedakan merek Anda dari pesaing.

Desain kemasan yang baik akan memberikan kesan positif kepada konsumen dan meningkatkan peluang kesuksesan penjualan produk Anda. Dengan demikian, penting untuk menganggap desain produk sebagai salah satu elemen krusial dalam strategi pemasaran Anda.

Dan sebagai pebisnis, jangan hanya memikirkan branding sehingga mengabaikan keuangan bisnis Anda, perlu adanya pembukuan yang baik dan tertata. Sebab, dari pembukuan tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana bisnis Anda akan mendapatkan untung.

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Namun, apabila pembukuan secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian ROI Adalah: Faktor , Rumus, dan Contohnya
Menjalankan bisnis memang bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Menghitung Return on
Baca Juga
Peran dan Tugas Consignee dalam Penerimaan Barang
Consignment atau konsinyasi adalah suatu sistem bisnis di mana pihak yang menyediakan barang (consignor) menyerahkan barang kepada pihak yang akan
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Tahapan & Manfaatnya
Segala sesuatu yang berkaitan dengan rancangan konsep, maksud atau tujuan, hingga strategi pemasaran bisa disebut sebagai proses bisnis. Setiap proses
Baca Juga
Value Chain Penting untuk Bisnis? Ini Penjelasannya
Dalam dunia bisnis, memenangkan pasar dan mengalahkan kompetitor adalah cara agar bisnis dapat terus berkembang. Value chain yang berarti rantai
Baca Juga
Contoh Studi Kelayakan Bisnis dan Penjelasannya
Contoh Studi Kelayakan Bisnis sebenarnya harus diketahui oleh seluruh pengusaha sebelum membangun sebuah perusahaan. Bisnis ini sebenarnya merupakan salah satu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu