🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Proposal Usaha, Cara, Kerangka dan Tips Membuatnya

Ketahui contoh proposal usaha serta cara, kerangka dan juga tips membuatnya agar Anda bisa membuat proposal lebih menarik.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 25 February 2023

Salah satu dokumen yang dipakai oleh orang lain untuk melakukan pengajuan permohonan tentang dana dari investor adalah proposal usaha dan contoh proposal bisnis ini bisa Anda pelajari disini. Jenis proposal ini sangat penting untuk dipelajari.

Anda harus bisa membuat proposal usaha dengan baik supaya para investor tertarik menanamkan modalnya di perusahaan. Selain itu, proposal ini bisa membuat Anda merencanakan usaha dengan lebih efisien serta mudah.

Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik

Oleh karena contoh proposal bisnisitu sangat penting dan selalu dipakai dalam proses bisnis, Anda bisa mencari tahu cara-cara membuat proposal usaha tersebut. Berikut ini cara-caranya.

1. Beri Informasi Penting Tentang Usaha

Informasi ini berisi identitas apa saja yang ada di dalam usaha Anda. Anda harus memberi informasi secara detail dan mudah dipahami oleh investor.

Ada beberapa unsur penting yang perlu Anda cantumkan seperti latar belakang usaha, alamat fisik, serta pengantar. Anda juga bisa menambahkan visi, misi, serta prospek bisnis ke depan.

2. Jelaskan Kelebihan dari Usaha Anda

Tiap usaha ada kelebihan serta kekurangan. Namun, Anda perlu memastikan usaha yang dimiliki bisa lebih unggul daripada kompetitor lain untuk menarik minat investor.

Ada beberapa hal yang perlu Anda isi dan jelaskan dalam contoh proposal bisnis. Di antaranya penghargaan yang didapat, pengalaman, sert testimoni pelanggan sebelumnya. Selain itu, bisa menambahkan kelebihan dari sisi produksi, efisiensi, hingga hasil.

Cara Membuat Proposal Yang Baik

Ilustrasi Membuat Proposal Usaha Yang Baik (Sumber: Freepik.com)

3. Beri Penawaran yang Bagus untuk Konsumen

Penawaran dalam bisnis perlu dilakukan. Hal ini membuat investor menganalisa apakah kita sebagai pembisnis bisa menjadi rekan yang dipercaya, bertalenta, atau tidak.

Anda perlu menambahkan keterangan tentang pembagian keuntungan yang akan didapat oleh investor secara jelas serta sesuai PUEBI. Setelahnya, periksa kembali kelengkapan dari proposal usaha. Pastikan semua unsur-unsur yang ada dalam proposal usaha sudah lengkap.

Kerangka Proposal Usaha

Dalam contoh proposal usaha ada 5 bab yang ada dalam kerangka proposal usaha. Di antaranya bab 1 ada pendahuluan, bab 2 ada tinjauan umum, bab 3 ada kegiatan operasional, bab 4 ada rancangan biaya serta pendapatan, hingga bab 5 ada penutup.

BAB I: Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang latar belakang Anda memilih usaha yang dibangun. Penjelasan ini penting supaya investor bisa paham dasar serta urgensi dari bisnis. Anda wajib menjelaskan gagasan secara orisinil serta kreatif.

Hal ini berguna untuk menarik pihak yang mempelajari proposal secara cepat. Contoh proposal produk yang berisi pendahuluan ini juga mencantumkan visi, misi, serta tujuan bisnis sesuai identitas bisnis. Pastikan tujuan bisnis tidak sama persis dengan pesaing.

Jika usaha Anda bersifat offline, cantumkan waktu pelaksanaan usaha sama seperti jam kerja kantoran. Jika usaha bersifat online, rata-rata waktu pelaksanaan usaha bisa hingga 24 jam.

BAB II: Tinjauan Umum Bisnis Anda

Tujuan dari bagian tinjauan umum dalam contoh proposal bisnis yaitu menjelaskan gambaran bisnis serta strategi yang digunakan untuk memasarkannya. Jenis analisis seperti SWOT bisa Anda gunakan.

Kepanjangan dari analisis ini yaitu Strength, Weakness, Opportunity, serta Threat.

Setelahnya, Anda perlu mencatumkan 5 aspek pada bagian tinjauan umum ini. Di antaranya, profil bisnis, struktur kepemilikan beserta kepegawaian bisnis, lokasi bisnis, strategi pemasaran, dan analisis SWOT.

BAB III: Kegiatan Operasional Bisnis Anda

Bagian 3 ini membahas tentang cara perusahaan dalam mengelola usaha. Produk yang hendak dijual juga termasuk dalam bab ini. Pastikan Anda membuat kegiatan operasional secara sederhana tapi mencakup semuanya supaya tidak bertele-tele.

Hal ini dikarenakan mayoritas contoh proposal usaha pada bagian tersebut membutuhkan isi yang terperinci serta panjang. Tujuan dari penulisan bab kegiatan operasional adalah membantu investor serta klien memahami usaha yang berjalan setiap hari.

Tidak hanya bab 2, bab 3 juga ada aspek yang perlu dicantumkan. Diantaranya bahan pembuatan untuk proses produksi, peralatan, sistem kegiatan operasionalnya, hingga gambaran proses produksi barang.

Ilustrasi Menulis Proposal Bisnis

Ilustrasi Menyusun Proposal (Sumber: Freepik.com)

BAB IV: Rancangan Biaya beserta Pendapatan

Bagian proposal usah yang memerlukan ketelitian tinggi Anda yaitu rancangan biaya beserta pendapatan. Jika tidak teliti, investor serta klien menjadi ragu untuk menjalin kerja sama. Pada bagian proposal ini, Anda perlu mencantumkan rincian modal awal.

Selain itu, cantumkan juga biaya operasional serta gaji atau pendapatan yang diperoleh perusahaan secara terperinci dalam contoh proposal usaha. Anda harus jujur dengan kondisi keuangan ini agar dana yang sudah masuk dapat digunakan secara maksimal.

Ada 4 aspek yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya, pendapatan, modal, perhitungan harga jual produk, serta laba rugi bisnis.

Berkaitan dengan pencatatan biaya operasional, Anda bisa mencatatnya menggunakan software akuntansi online Beecloud. Cara ini sangat mudah dilakukan karena software tersebut sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk memasukkan data keuangan secara rutin dan otomatis menghasilkan laporan keuangan.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Anda hanya perlu membuat kategori biaya operasional seperti biaya listrik, biaya gaji, biaya bahan baku, dan lain-lain, kemudian memasukkan data keuangan sesuai kategori tersebut ke dalam software akuntansi. Setelah itu, software akan secara otomatis menghitung dan menyusun laporan keuangan yang berisi informasi tentang biaya operasional yang telah dikeluarkan.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memantau pengeluaran bisnis dan membuat keputusan keuangan yang lebih tepat.

BAB V: Penutup pada Proposal Usaha

Pada bab ini berisi tentang rangkuman inti dari 4 bab sebelumnya. Ini dikarenakan penekanan urgensi pembangunan bisnis belum sepenuhnya membuat investor yakin. Sebaiknya, Anda simpulkan dengan kalimat yang persuasif serta tegas supaya mendapatkan kesan baik.

Contoh Proposal Usaha

Proposal memiliki beragam jenisnya dalam bisnis, 2 diantaranya adalah proposal usaha makanan serta proposal penjualan. Masing-masing proposal ini memiliki struktur atau outlinenya sendiri.

a. Struktur Proposal Usaha Makanan Untuk Bisnis Anda

Proposal Bisnis Makanan

Contoh Proposal Usaha Makanan (Sumber: slidesharecdn.com)

Ada 5 bagian yang perlu Anda cantumkan dalam proposal usaha makanan ini. Bagian pertama ada pendahuluan yang berisi latar belakang, visi, misi, serta tujuan dibentuknya bisnis Anda. Bagian kedua ada pembahasan yang berisi nama produk, strategi, serta analisis SWOT.

Bagian ketiga dalam contoh proposal usaha makanan ada kegiatan produksi. Bagian ini perlu Anda cantumkan proses produksi, bahan, alat, serta biaya tidak terduga. Lalu, di bagian keempat ada biaya seperti modal usaha, harga jual produk, hingga perhitungan untung rugi.

Selanjutnya, di bagian kelima ada penutup beserta kesimpulan. Anda juga dapat meminta saran pada pihak yang terkait di bab ini tentang proposal yang telah dibuat.

b. Struktur Proposal Penjualan Untuk Bisnis Anda

 

Contoh Dokumen Jualan

Proposal Usaha Jualan (Sumber: slidesharecdn.com)

Proposal usaha berbeda dengan proposal penjualan. Manfaat utama dari proposal penjualan yaitu meyakinkan calon konsumen bahwa produk atau layanan Anda bisa menjadi solusi terbaik untuk mereka.

Ada beberapa struktur atau outline yang ada pada contoh proposal penjualan. Di antaranya judul, halaman depan, cover letter, background dari perusahaan Anda, tantangan, tujuan, solusi, harga, timeline, studi kasus, testimoni dari yang sudah ada, hingga tanda tangan.

Baca Juga: Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya

Tips Buat Proposal Usaha Menarik dan Unik

Setelah Anda mencari tahu dan mempelajari proposal usaha, penting juga untuk membuat proposal tersebut menarik. Tujuannya yaitu investor tertarik untuk memberikan dananya pada usaha Anda serta bisa menarik calon investor lainnya.

a. Sampaikan Ide Usaha se-Orisinal Mungkin

Orisinal berarti asli. Ide usaha yang orisinal berarti ide tersebut bisa berbeda dengan yang lain serta memiliki keunikannya sendiri. Hal ini membuat pelanggan menjadi loyal karena produk Anda yang unik.

Anda bisa memenangkan kompetisi bisnis karena tidak harus menurunkan harga. Oleh karena itu, jika ide usaha sudah orisinal, Anda bisa langsung mempraktikkan hal-hal yang ada pada contoh proposal usaha di proposal usaha Anda.

Di tengah pasar yang semakin hari semakin kompetitif, orisinalitas membuat bisnis Anda dapat dikenali dan diingat konsumen. Perusahaan Anda bisa menjadi terobosan oleh yang lain hingga mendapat banyak penghargaan.

b. Buat Bab Penutup yang Menarik

Meskipun bab penutup berada di bagian akhir, bab ini juga berperan penting. Anda harus dapat membuat kata-kata yang meyakinkan. Selain itu, cantumkan lampiran tentang biodata pemilik, surat izin, serta sertifikat usaha.

Kesimpulan

Proposal usaha merupakan elemen penting serta selalu digunakan dalam dunia bisnis agar bisa menarik minat investor. Tidak hanya proposal, akuntansi juga penting dalam bisnis. Anda bisa mencoba mempelajarinya akuntansi di software akuntansi bernama Beeaccounting.

Namun, sebelum mempelajari akuntansi lebih mendalam, Anda bisa pahami struktur proposal usaha secara mendalam. Ada struktur dalam contoh proposal usaha yang bisa Anda pelajari untuk dipraktikkan di penjelasan ini.

Mengenal Strategi Komunikasi Mudahkan Proses Pemasaran
Dalam dunia bisnis strategi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis
Baca Juga
Contoh Rencana Bisnis: Fungsi, Komponen, & Langkah Membuat
Banyak orang yang memulai bisnis tanpa mempertimbangkan secara matang strategi, potensi, dan juga tantangan yang harus dihadapi. Hal ini membuat
Baca Juga
Mengenal Visual Merchandising, Strategi Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising salah satu strategi sekaligus  menyajikan produk secara menarik dan memikat pelanggan agar dapat memperkuat brand hingga meningkatkan penjualan,
Baca Juga
10 Tips Membuat Booklet yang Efektif untuk Bisnis
Apakah Anda tahu apa itu booklet? Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, banyak bisnis yang mengandalkan strategi
Baca Juga
Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing
Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing,
Baca Juga
Apa itu Model Bisnis? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya
Menentukan model bisnis sebelum membuka usaha adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha, dimana dengan menentukan modelnya terlebih
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu