Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Biaya Tetap Adalah Biaya Pasti Dalam Bisnis Minimarket

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 July 2022

Bahasan tentang biaya variabel dan biaya tetap adalah hal yang selalu ada dalam berbagai bisnis. Bagi Anda yang ingin buka minimarket, kedua biaya ini pasti ada. Dalam tiap bisnis, biaya tetap dan variable tentu berbeda bentuknya, tapi jelas sama pentingnya. Pada artikel ini, mari bahas lebih dekat tentang pemahaman biaya tetap minimarket.

Apa itu Biaya Tetap dalam Bisnis Minimarket?

Biaya Tetap Dalam Bisnis Minimarket

Ilustrasi Minimarket Photo by Gabriella Clare Marino on Unsplash 

Biaya tetap merupakan biaya – biaya yang pasti ada pada bisnis dan tidak bisa disingkirkan. Besaran biaya ini bisa berbeda, tapi tidak bisa dibuat nol. Hal – hal ini berhubungan dengan barang modal dan biaya operasi dari usaha minimarket.

Pentingnya Memperhatikan Biaya Tetap

Setelah tahu apa itu biaya tetap dalam minimarket, Anda sekarang harus tahu mengapa hal ini penting. Biaya tetap adalah hal yang harus Anda cover tiap bulannya. Biaya ini harus dipenuhi agar fungsi bisnis tidak terganggu.

Bayangkan jika Anda tidak bayar biaya listrik untuk minimarket. Anda tentu tidak bisa dagang karena kulkas dan komputer kasir tidak dapat digunakan. Untuk minimarket, listrik harus ada dan harus dilunasi tagihannya.

Baca Juga: Biaya Tidak Tetap Adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan Biaya Tetap

Bentuk Biaya Tetap Pada Minimarket yang Harus Anda Tahu

Bagi Anda yang ingin pahami lebih jauh biaya tetap dari minimarket, Anda harus tahu contoh bentuk – bentuknya. Untuk minimarket, biaya tetap yang akan selalu ada adalah hal – hal sebagai berikut:

  • Pajak Property

Biaya pajak tentu tidak bisa disingkirkan. Biaya pajak properti adalah salah satu yang besar bagiannya. Bagi yang menggunakan bangunan toko, Anda harus bayar pajaknya tiap bulan. Jika tidak bayar, property bisa disita dan usaha Anda dapat ditutup dengan mudah. Jadi pastikan sisihkan pemasukan Anda untuk bayar biaya ini.

  • Biaya Sewa

Biaya sewa lebih ditujukan pada minimarket yang tidak gunakan properti milik sendiri. Membeli properti besar untuk toko memang mahal. Jadi beberapa pengusaha memilih sewa. Tempat seperti rumah ruko dapat dijadikan minimarket dengan mudah. Rumah ruko juga umumnya murah biaya sewanya.

  • Gaji Karyawan

gaji karyawan restoran

Ilustrasi Uang dan Dompet 

Gaji karyawan adalah biaya tetap yang harus Anda penuhi. Tanpa karyawan, Anda akan kerepotan mengurus berbagai kebutuhan minimarket. Bayangkan saja soal logistic barang – barang. Mulai dari pesan supply, mengurus drop barang dagangan yang datang, mendata supply, menyusun barang di rak melakukan check kadaluarsa barang lama dan masih banyak lagi.

Jika karyawan tidak dibayar dengan baik, usaha tidak akan berjalan lancar. Bayangkan jika bayak karyawan mundur karena gaji tidak dibayar tepat waktu. Anda sendiri yang akan rugi harus kerjakan banyak hal sendiri. 

  • Tagihan Tetap

Tagihan tetap adalah bentuk biaya tagihan yang datang selalu. Hal ini meliputi listrik dan air pada umumnya. Tanpa bayar kedua hal tersebut, minimarket tidak akan berfungsi. Listrik adalah hal yang lebih utama di sini. Mulai dari lampu, kulkas dan alat kasir hanya akan berfungsi karena listrik. Tanpa bayar biaya tetap ini, semua alat minimarket Anda kemungkinan tidak bisa dipakai.

  • Penyusutan Peralatan

Biaya tetap penyusutan adalah yang paling complex. Hal ini lebih berhubungan dengan perkiraan harga barang modal yang Anda miliki setelah digunakan dalam durasi waktu tertentu. Barang modal yang sering dapat penyusutan antara lain mesin kasir, kulkas, freezer, rak makanan dan kendaraan logistic.

Cara Management Biaya Tetap Minimarket Agar Lancar

peluang besar bisnis toko minimarket

Ilustrasi Produk-produk di Minimarket

Untuk memperlancar management biaya tetap, Anda bisa coba pakai aplikasi untuk kasir minimarket. Aplikasi seperti ini biasanya dipakai bersama aplikasi management dan keuangan juga. Jadi saat melakukan transaksi dengan pembeli, data logistic dan pemasukan secara otomatis terhitung.

Besaran pemasukan nantinya akan langsung masuk pada neraca dan pembukuan. Jika bisa menghitung otomatis, Anda dapat dengan mudah mengatur biaya – biaya usaha minimarket. Baik biaya tetap dan biaya variabel, semua dapat dipantau mudah dengan alat modern ini.

Baca Juga: Biaya dan Beban yang Harus Anda Ketahui Perbedaannya

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bahwa biaya tetap adalah hal yang penting diperhatikan. Konsep ini penting untuk memastikan pemasukan Anda cukup untuk minimal cover biaya tetap. Jika memungkinkan Anda harus punya pemasukan kelebihan biaya tetap plus perkiraan biaya variabel. Karena itu, pastikan dalam strategi bisnis minimarket Anda agar dapat menutup biaya – biaya ini!

Anda bisa menghitung secara manual biaya-biaya yang perlu dihitung. Atau jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah dan menghemat waktu serta tenaga, Anda bisa memanfaatkan bantuan teknologi yaitu software minimarket.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Beeaccounting supaya lebih mudah dalam menghitung biaya tetap maupun biaya tidak tetap. Bahkan untuk laporan keuangan yang Anda butuhkan akan langsung tersaji tampa Anda harus membuatnya secara manual yang membutuhkan banyak waktu serta tenaga.

Banyak biaya tidak langsuung yang perlu dicatat dalam pengeluaran biaya produksi. Hal apapun mulai dari pabrik, gudang penyimpanan, listrik, transportasi, dll. Libatkan juga segala hal yang turut menunjang selesainya proses produksi.

Jika hal tersebut sering kali Anda lewatkan, ada baiknya Anda mulai menggunakan software minimarket untuk pencatatan biaya produksi. Selain it menggunakan software minimarket Beepos juga memudahkan dalam membuat laporan biaya produksi dan laporan keuangan.

Coba gratis 30 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Thumbnail Youtube Minimarket email

Apa itu Retail dan Sejarah Perkembangan Industri Retail di Indonesia
Salah satu bentuk usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah usaha retail. Ada dua bentuk usaha retail yang […]
Baca Juga
Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada […]
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu