Logo Bee Web

11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan

Konser di Indonesia sedang ramai-ramainya mulai dari artis lokal hingga Coldplay di Indonesia untuk pertama kalinya, simak peluang bisnisnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 23 May 2023

Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP hingga konser Coldplay yang perdana konser di Indonesia sejak debutnya di tahun 1997.

Hal ini tentu saja menjadi kabar bahagia bagi penggemar, juga perekonomian Indonesia. Dimana banyak pihak yang akan diuntungkan mulai dari promotor hingga pebisnis yang memanfaatkan peluang yang ada.

Konser Coldplay

Potret Konser Coldplay (Credit: Pinterest/ @Mahim)

Yuk. simak beberapa rekomendasi ide bisnis di musim konser yang menguntungkan dan layak dicoba, berikut ini:

1. Jasa Titip Tiket Konser

Ide bisnis di musim konser yang pertama adalah buka jasa titip atau jastip tiket konser, dimana setiap pengadaan konser seorang harus memiliki tiket terlebih dahulu agar bisa masuk dan menikmati pertunjukkan yang ada.

Namun, terkadang banyaknya peminat tiket tersebut susah untuk didapatkan, penggemar harus melakukan war tiket terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses war tiket biasanya banyak penggemar yang menyewa jasa tiket konser ini.

Buka jasa titip tiket konser dengan calo berbeda, jastip tiket konser ini dilakukan oleh pemberi jasa dan pembelinya sebelum proses pembelian tiket dilakukan atau ‘pesan’ terlebih dahulu.

Sedangkan calo, adalah seorang yang menjual tiketnya secara sengaja dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya, biasanya mereka sengaja membeli puluhan tiket khusus untuk dijual belikan, pemasannya sering dilakukan di platform Twitter dengan status ‘wts’ atau want to sell.

Baca Juga: Mengenal WTS, Istilah Jual Beli Online Trend di Twitter

2.  Buka Jasa Travel

Berikutnya adalah buka jasa travel, jasa ini akan sangat dibutuhkan terlebih untuk para calon penonton konser yang berada di luar kota. Mereka biasanya akan mencari jasa travel untuk memudahkan mereka dalam melakukan konser nantinya.

Pastikan Anda memiliki koordinasi yang baik dan pengelolaan yang matang agar customer Anda tidak kecewa dan menggunakan jasa Anda di konser-konser berikutnya.

3. Jual Minuman dan Makanan di Venue

Selain membuka usaha jasa, Anda juga bisa membuka jualan makanan. Ide bisnis ini terbilang cukup rekomen sebab dari ribuan hingga ratusan ribu penonton konser pastinya akan membutuhkan makanan atau minuman.

Banyak juga dari mereka yang datang jauh beberapa jam ke venue sebelum konser benar-benar dimulai, sehingga mereka membutuhkan asupan makanan dan minuman sebagai bekal mereka.

Beberapa promotor konser biasanya membuka kerja sama dengan beberapa pebisnis fnb untuk mengisi stand makanan dan minuman, sehingga Anda bisa melakukan kerja sama agar bisnis bisa dilakukan lebih efisien.

Jika memang tidak berkesempatan melakukan kerja sama, Anda juga bisa menjual produk Anda di luar venue yang tentunya tidak kalah ramai pengunjung.

4. Buka Jasa Penitipan Barang

Konser yang diadakan artis besar tentunya penontonnya tidak hanya berasal dari dalam kota saja, mereka membawa barang bawaan yang biasanya tidak sedikit untuk menginap beberapa hari di luar kota.

Memanfaatkan peluang yang ada, Anda bisa membuka jasa penitipan barang sehingga mereka bisa menonton lebih nyaman dan tenang.

5. Jasa Fotografi

Selanjutnya adalah jasa fotografi, tidak sedikit promotor yang menyediakan stand foto menarik untuk penggemar. Dari sini Anda bisa mencoba menawarkan kemampuan Anda dalam fotografi untuk mengabadikan momen mereka secara lebih profesional.

6. Jualan Merchandise Resmi

Berikutnya adalah jualan merchandise konser, seperti kaos, tas, stiker, lightstick hingga album musik resmi. Produk merch ini akan sangat dicari para penggemar ketika akan datang ke konser.

Diantara beberapa merch yang sudah disebutkan sebelumnya, produk lightstick lah yang biasanya paling populer dan paling dicari, sebab dari lightstick sudah menjadi bagian perlengkapan wajib ketika mendatangi sebuah konser.

Baca Juga: Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP

7. Jualan Perlengkapan Konser

Contoh Merchendise Konser

Contoh Marchandise Konser (Credit: Pinterest/ @NLDL)

Ide bisnis selanjutnya adalah jualan perlengkapan konser, selain merchandise resmi Anda juga bisa berjualan produk perlengkapan konser lainnya.

Contohnya seperti dengan sepatu, baju, banner, hingga tas pvc bening yang diwajibkan beberapa promotor.

Kenapa konser harus pakai tas pvc bening? Karena, dengan tas pvc ini petugas akan lebih mudah dalam mengecek isi dalam tas juga meminimalisir antrian yang mengular.

8. Buka Jasa Sewa Kendaraan

Ide usaha di musim konser selanjutnya adalah membuka jasa sewa kendaraan, memfasilitasi para penggemar yang ingin datang rombongan bersama teman-teman mereka.

Tentu saja tidak sedikit yang membutuhkan kendaraan ketika akan datang ke konser. Sehingga, ide bisnis ini cukup berpeluang menguntungkan.

9. Buka Jasa Penginapan

Selanjutnya adalah membuka jasa penginapan, jasa ini menjadi salah satu jasa yang paling dibutuhkan para penonton konser yang berasal dari luar kota. Penginapan yang Anda tawarkan tidak harus milik Anda sendiri.

Anda bisa merekomendasikan beberapa hotel yang nantinya akan disewakan kepada mereka. Artinya Anda yang nantinya akan menyewa hotel kemudian Anda sewakan kembali kepada customer.

10. Jasa Makeup

Berikutnya adalah membuka jasa make up, tidak sedikit para penggemar yang ingin tampil cantik di depan idola mereka, sehingga mereka membutuhkan jasa make up. Biasanya jasa jenis make up mata yang paling banyak diminati.

Anda memiliki keahlian dalam make up, ide bisnis ini layak untuk dicoba.

11. Buka Jasa Nail Art

Selain make up, penggemar juga biasanya akan mempercantik kuku mereka dengan nail art sebelum konser berlangsung.

Adapun jenis tema nail art yang digunakan adalah tema yang identik dengan idola mereka yang sedang mengadakan konser.

Nah, sekian rekomendasi ide bisnis di musim konser yang menguntungkan. By the way, di konser mana nih Anda akan membuka bisnis ini? konser Coldplay? Kpop? Artis Indonesia?

Sebelum itu, pastikan Anda menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk kelola keuangan bisnis Anda, bisa digunakan di berbagai device, kontrol bisnis dimana saja dan kapan saja.

Beecloud Untuk Catat Keluar Masuk Uang Bisnis

Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya
Apakah Anda sedang berencana untuk menjalankan usaha modal kecil? Jika iya, maka anda berada di tempat yang tepat. Karena dalam
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
7 Tips Memulai Usaha Toko Bangunan untuk Pemula
Peluang usaha toko bangunan terbilang cukup menjanjikan, dimana kebutuhan dalam sektor pembangunan atau perbaikan menjadi kebutuhan banyak kalangan. Bisa untuk
Baca Juga
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah dan Lengkap
Laporan laba rugi adalah bagian laporan keuangan sebuah bisnis yang didasari oleh rangkuman perolehan dalam satu periode. Sehingga, pebisnis wajib
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu