🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Monday, 23 January 2023

Cara Membuat Master Produk pada Beecloud 3.0

Penulis: Imron Rosyadi
Cari Panduan Lainnya

Hallo Pebisnis

Sudahkah mengetahui cara membuat Master Produk / Barang pada program Beecloud?

Master Produk adalah dokumen yang menyimpan data-data produk barang pada perusahaan. Master produk dipastikan sudah diinputkan dahulu sebelum memulai input transaksi seperti transaksi pembelian, penjualan atau transaksi pembayaran hutang/ piutang pada program Beecloud.

Untuk menambah produk di Beecloud, melalui menu [Master] > [Produk] > |Tambah Baru| > |Produk|

Produk 1

Gambar 1. Mater Produk.

Pada Master Produk terdapat 5 Tab utama, berikut penjelasannya  :

A. Spesifikasi

Produk 2

Gambar 2. Tab Spesifikasi.

Produk 3

Gambar 3. Tab Spesifikasi.

  1. Kode
    Secara default sistem akan mengisinya dengan isian "AUTO" ini berarti Kode Item yang nantinya akan anda gunakan secara otomatis akan di Generate oleh sistem. Silahkan ganti isian "AUTO" jika ingin membuatk Kode Item sendiri.
    Tips : Jika Anda Membuat Kode Item sendiri lebih baik menggunakan singkatan / inisial dari Nama Barang tersebut, karena akan mempermudah anda dikemudian hari.
  2. Nama Produk
    Diisi dengan Diskripsi atau Nama Produk.
    Tips : Dalam membuat nama barang mohon Diperhatikan urutan penulisannya, karena akan memudahkan anda dalam pencarian produk tersebut. Urutan Penulisan : <Nama Produk / Jenis Produk> <Merk> <Model> <Warna> <Ukuran>
    Contoh : Shampo LifeBoy Merah 25ml (Shampo LifeBoy Merah 25ml)
  3. Kategori Produk
    Diisi dengan kategori produk.
  4. Tipe Produk
    Diisi Tipe Produk / Item : Jasa, Barang Jadi, Paket dll. Silahkan ganti sendiri Tipe produk yang anda inginkan.
    NB : Tipe Produk ini tidak dapat dirubah (locked) setelah master produk sudah anda simpan.
  5. Merk
    Diisi dengan Merk Produk. Untuk menambah / mengubah / menghapus Merk masuk ke [Master] > [Produk] > |Tambah Baru| > |Merk|
  6. Atur Foto
    Untuk menambahkan foto / gambar produk, caranya klik pada tombol |+ Upload| kemudian pilih file gambar produk yang akan diupload.
  7. Satuan-1
    Diisi Satuan Satu / Satuan Terkecil. Secara Default Sistem sudah mengisinya dengan isian "PCS", silahkan ganti jika menginginkan satuan lain.
    NB : Filed ini harus diisi
  8. Barcode Satuan 1
    Diisi kode barcode satuan dari produk.
  9. Satuan Default Pembelian / Penjualan / Stok
    - Satuan Pembelian : Digunakan untuk seting default Satuan Pembelian. Jika anda seting satuan PCS pada field ini maka ketika melakukan transaksi Pembelian untuk produk tersebut secara otomatis satuannya akan terset PCS.
    - Satuan Penjualan : Digunakan untuk seting default Satuan Penjualan. Jika anda seting satuan BOX pada field ini maka ketika melakukan transaksi Penjualan untuk produk tersebut secara otomatis satuannya akan terset BOX.
    - Satuan Stok :
  10. Keterangan
    Diisi dengan keterangan yang terkait dengan Item tersebut.
  11. Checkbox Aktif
    Untuk mengubah status produk tersebut aktif atau tidak aktif.

B. Stok

Produk 4

Gambar 4. Tab Stok.

  1. Gudang
    Dropdown gudang tersebut untuk memilih lokasi gudang mana produk tersebut disimpan.
  2. Tombol Tambah Baris
    Berfungsi untuk menambahkan baris gudang.
  3. Kolom Gudang
    Menampilkan nama gudang untuk menyimpan stok produk tersebut.
  4. Kolom Lokasi
    Menambahkan posisi rak dimana produk tersebut ditempatkan.
  5. Kolom Qty
    Menampilkan jumlah qty produk dalam gudang.
  6. Kolom PID
    Menampilkan PID produk
  7. Kolom HPP
    Menampilkan nilai HPP produk
  8. Kolom Min dan Max
    Menentukan jumlah minimal dan maksimal stok produk pada tiap gudang.

C. Pajak

Produk 5

Gambar 5. Tab Pajak.

  1. Nama Pajak
    Diisi dengan Nama Pajak dari daftar yang sebelumnya sudah dibuat
  2. Perhitungan
    Diisi dengan cara Perhitungan Pajak. Di sistem sudah ditampilan 2 metode: Normal atau Progressive

D. Harga Jual

Produk 6

Gambar 6. Tab Harga Jual.

  1. Mata Uang
    Pilih Mata Uang yang ingin diset harga jualnya IDR atau USD ataukah yang lain.
  2. Level Harga
    Menunjukan Level Harga yang ingin diset. Ini akan bermanfaat ketika anda melakukan penjualan, pada saat anda memilih Customer dan memilih item tersebut maka secara Otomatis harga akan terisi berdasarkan Level Harga Customer tersebut. Untuk merubah / menambahkan / menghapus Level Harga akses ke menu |Master| --> |Level Harga|
  3. Harga PCS
    Diisi dengan harga per PCS atau harga per satuan-1.
  4. Diskon PCS
    Diisi dengan diskon per PCS atau per satuan-1.
  5. Harga Unit 2
    Diisi dengan harga per satuan-2.
  6. Diskon Unit 2
    Diisi dengan diskon per satuan-2.
  7. Harga Unit 3
    Diisi dengan harga per satuan-3.
  8. Diskon Unit 3
    Diisi dengan diskon per satuan-2.

E. Akuntansi

Produk 7

Gambar 7. Tab Akuntansi.

Beecloud adalah Software yang terintegerasi. Sistem Beecloud ini akan bekerja berdasarkan settingan. Salah satu master yang sangat penting untuk Integrasi antar data tersebut adalah Master Item pada Tab Akuntansi.

  1. Pembelian
    Ketika ada proses pembelian atau Penjualan secara otomatis sistem akan memposting akuntansi dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Inventory.

    • Untuk tipe produk barang Jadi, akun pembelian diarahkan ke Akun Persediaan Barang Dagang. Sehingga ketika item tersebut dipilih dalam transaksi pembelian atau penjualan secara Otomatis akun Persediaan Barang Dagang akan bertambah dan berkurang senilai transaksi tersebut.
    • Untuk tipe produk Barang Setengah Jadi, akun pembelian diarahkan ke Akun Persediaan Barang Setengah Jadi.
    • Untuk tipe produk Jasa / atau yang tidak mempengaruhi persediaan seperti Biaya Maintenance, servis dll user dapat mengarahkan Tab Inventory ini ke akun Biaya sesuai dengan yang diperlukan. Sehingga ketika transaksi pembelian atau penjualan yang menggunakan item tersebut secara Otomatis akan memposting ke akun yang telah diset sesuai settingan.
  2. HPP
    Ketika ada proses penjualan produk yang sifatnya mengurangi persediaan secara otomatis sistem akan memposting akuntansi dimana salah satu akun yang digunakan adalah akun HPP dan ini termasuk akun biaya.

    • Untuk tipe produk Barang Jadi, Anda bisa arahkan ke Akun Harga Pokok Penjualan
    • Untuk tipe produk Jasa setingan ini tidak digunakan, sehingga oleh sistem di disable.
  3. Penjualan
    Setingan ini diarahkan ke Akun yang bertipe Pendapatan karena nantinya akan menambah Omset Penjualan anda.

    • Untuk tipe produk Barang Jadi anda bisa arahkan ke Akun Penjualan.
    • Untuk tipe produk Jasa anda bisa arahkan Ke Akun Penjualan Jasa.
      Kenapa dua Akun tersebut perlu dibedakan ?
      Karena akan mempermudah anda dalam pengecekan laporan. jika postingnya terpisah maka anda bisa mengetahui nilai pendapatan penjualan dari masing-masing tipe produk (tidak tertotal).
  4. Retur Penjualan
    Ketika ada Proses Retur Penjualan secara otomatis sistem akan memposting Akuntansi, dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Akun yang sifatnya mengurangi pendapatan. Pada Sistem BeeCloud ini anda harus memilih Akun yang setara Pendapatan, Karena ketika transaksi yang anda lakukan adalah Retur maka secara otomatis Akun tersebut akan mengurangi pendapatan anda meskipun sesungguhnya Akun tersebut termasuk Akun Pendapatan.

Atau bisa lihat versi video untuk lebih jelasnya

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Fungsi Penagihan Pada Menu Penjualan Beecloud
Hallo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Fungsi Modul Daftar Penagihan Pada Menu Penjualan. Dengan menu ini 
Baca Juga
Cara Membuat Master Penagih Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Master Penagih Beecloud. Fitur penagih ini berfungsi sebagai
Baca Juga
Cara Aktifkan PID Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Aktifkan PID Beecloud . PID (Product ID) merupakan serial number
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu