Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Monday, 26 February 2024

Cara Input Konsinyasi Keluar Beecloud 3.0

Penulis: Imron Rosyadi
Cari Panduan Lainnya

Hallo Pebisnis

Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input konsinyasi keluar pada Beecloud 3.0. Maksud konsinyasi keluar disini adalah jika anda titipkan produk anda ke toko lain untuk dijual.

Sebagai contoh kasus, disini ada produk Tas Bee yang anda titipkan ke toko CV. Grup Utama sejumlah 10 PCS untuk dijual. Untuk harga jual produk tersebut normalnya dijual dengan harga 110.000/pcs, namun karena anda titip jual ke CV. Grup Utama maka anda hanya meminta sebesar 90.000/pcs sebagai pendapatan anda.

Untuk cara inputkan konsinyasi keluar pada Beecloud 3.0 bisa ikuti langkah berikut :

  1. Tambah level harga baru untuk produk yang dititipkan / produk konsinyasi.
    Kons 1

    Gambar 1. Buat Level Harga Baru.

    Jika muncul pesan notifikasi perbarui level harga maka klik |Ya, Perbarui|.

    Kons 2

    Gambar 2. Perbarui Level Harga.

    Baca juga : Membuat Level Harga Baru Beecloud 3.0

  2. Buat mitra bisnis customer baru untuk nama toko yang menerima produk konsinyasi tersebut lalu pada kolom level harganya silahkan pilih level harga konsinyasi yang sudah dibuatkan sebelumnya dan selebihnya bisa sesuaikan data customer tersebut.
    Kons 3

    Gambar 3. Buat Mitra Bisnis Customer Baru.

    Baca juga : Input Data Mitra Bisnis Customer Beecloud 3.0

  3. Setting harga jual produk bisa dari menu [Master] > [Produk] > [Daftar Harga] kemudian filter berdasarkan level harga dan cari produk konsinyasi lalu setting harga jualnya pada level harga konsinyasi.
    Kons 4

    Gambar 4. Filter Berdasarkan Level Hagra dan Gudang.

    Kons 5

    Gambar 5. Sesuaikan Harga Jual.

  4. Tambahkan master gudang baru sesuai dengan nama customer untuk cek stok produk konsinyasi pada masing-masing gudang. Master gudang baru ini berfungsi untuk menampung stok produk yang dititipkan ke customer.
    Kons 6

    Gambar 6. Tambah Master Gudang.

    Baca juga : Membuat Master Gudang Beecloud 3.0

    Catatan : Disarankan jika ada 5 toko yang anda titip jual, maka inputkan juga 5 master gudang untuk masing-masing toko tersebut agar dapat melihat stok yang tersisa dari tiap toko.

  5. Inputkan produk yang dititipkan pada masing-masing gudang dengan cara melakukan transfer stok dari gudang utama ke gudang konsinyasi. Pastikan gudang tujuan diarahkan ke master gudang konsinyasi yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya.
    Kons 7

    Gambar 7. Transfer Stok ke Gudang Tujuan.

    Baca juga : Cara Melakukan Transfer Stok Antar Gudang Beecloud 3.0

  6. Jika barang sudah laku terjual dan anda sudah menerima pembayaran dari customer anda, maka inputkan penjualan tersebut pada menu [Penjualan] > [Penjualan] > |Tambah Baru| dan pastikan nama customer dan gudang yang dipilih sesuai dengan gudang konsinyasinya.

    Kons 8

    Gambar 8. Input Penjualan.

  7. Jika produk yang anda titipkan sudah dikembalikan oleh customer silahkan masuk ke menu [Stok] > [Transfer Stok] untuk lakukan pemindahan stok dari gudang konsinyasi ke gudang utama. Untuk gudang asal isikan nama master gudang konsinyasi yang dibuat berdasarkan langkah ke 4 diatas.

    Kons 9

    Gambar 9. Transfer Stok Kembali ke Gudang Asal.

  8. Jika ada produk yang tidak bisa dijual kembali misalkan karena rusak, kadaluarsa, dll. Anda bisa inputkan dari menu [Stok] > [Stok Keluar] > |Tambah Baru|. Silahkan pilih akun persediaan untuk menampung nominal kerugiannya, dan pastikan pilih gudang yang sesuai juga (dari gudang konsinyasi).
    Kons 10

    Gambar 10. Stok Keluar.

    Baca juga : Stok Keluar dan Cara Penggunaannya Beecloud 3.0

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Tutup Order Penjualan Beecloud
Halo Pebisnis, Apakah anda pernah ketika sudah inputkan order penjualan dari customer namun ternyata dicancel atau batal order? atau ketika
Baca Juga
Fungsi Penagihan Pada Menu Penjualan Beecloud
Hallo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Fungsi Modul Daftar Penagihan Pada Menu Penjualan. Dengan menu ini 
Baca Juga
Cara Membuat Master Penagih Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Master Penagih Beecloud. Fitur penagih ini berfungsi sebagai
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu