Web Logo Bee
Panduan Beecloud

Tutup Buku Bulan

Penulis: Bayu Septian
Cari Panduan Lainnya
Dipublish Tgl: Monday, 23 December 2019

Tutup Buku Bulanan berfungsi untuk menutup transaksi – transaki yang telah diinput pada bulan/periode yang akan ditutup. Setelah bulan/periode ditutup buku bulan, maka transaksi – transaksi pada bulan/periode tersebut tidak dapat diedit, void (hapus), dan membuat transaksi baru.
Selain itu, juga berfungsi untuk depresiasi aset dan revaluasi kurs
Cara untuk tutup buku bulan sebagai berikut :

  1. Klik menu [Akuntansi] - [Tutup Buku Bulan]

    Gb 1. Menu Akuntansi

  2. Berikut tampilan halaman Tutup Buku Bulan

    Gb. 2 Menu Tutup Buku Bulan

    Tools Tutup Buku Bulan :

    • Kolom Periode : Sebelum melakukan proses tutup buku, Anda harus mengisi periode tutup buku bulan pada kolom periode tutup buku.
      Periode ini menentukan waktu dimana transaksi – transaksi akan dikunci (lock).
      Catatan Penting: Pastikan awal periode adalah awal bulan, dan akhir periode adalah akhir bulan.
      Cth: jika ingin tutup bulan Mei, maka awal perioe = 1 Mei 2021, akhir periode = 31 Mei 2021. Maka tidak bisa input/edit/void transaksi 1 Mei 2021 kebelakang.

    • Kolom Depresiasi Aset Tetap : Apabila user memiliki data Aset tetap dan perlu diadakan depresiasi setiap bulannya maka harus memberikan tanda cek pada kolom ini sebelum melakukan proses tutup buku, maka secara otomatis program akan memproses depresiasi pada seluruh akun Aset tetap yang telah terinput.
      Catatan Penting: Apabila Januari, Februari, Maret, April belum pernah tutup buku (dengan kata lain belum depresiasi pada bulan-bulan tersebut), dan Anda langsung tutup buku bulan Mei, maka otomatis aset akan terdepresiasi 5x (Januari - Mei)

    • Kolom Revaluasi Kurs : Apabila user sering menggunakan mata uang asing dalam setiap transaksi, dan perlu diadakan proses revaluasi mata uang asing pada setiap bulannya maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini dan kemudian mengisi nilai kurs yang berlaku pada tabel rate hari ini.
    • Kolom Kunci Transaksi Bulan yang ditutup : Apabila user menginginkan data yang sudah di tutup buku bulan tidak dapat diedit, void (hapus), dan membuat transaksi baru, maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini.
  3. Selanjutnya klik 'Proses'

    Gb 3. Tombol Proses Tutup Buku Bulan

  4. Silahkan Konfirmasi dengan klik 'Ya'

    Gb 4. Konfirmasi tutup buku bulan

  5. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi sebagai berikut

    Gb 5. Notifikasi Success

Software Akuntansi Online

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Disable Hak Akses Untuk Melihat HPP Pada Beecloud
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara disable hak akses melihat HPP pada Beecloud, sehingga tidak bisa melihat […]
Baca Juga
Setting Ukuran Kertas Pada Sales Order Mobile
Hallo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan Setting Ukuran Kertas Pada Sales Order Mobile. Untuk bisa mencetak nota dari […]
Baca Juga
Penerimaan Pembayaran Dengan Multi Cara Bayar Beecloud
Hallo Pebisnis.... Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Penerimaan Pembayaran Dengan Multi Cara Bayar Beecloud. Sehingga customer mempunyai banyak […]
Baca Juga
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu