Cara Melakukan Tutup Buku Tahun

Monday, 23 December 19
Afif Billah
Afif Billah
Muchammad afif billah | [email protected] | Terus lah berusaha hingga orang lain berkata "Sekarang Kamu Sombong YA "

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tutup Buku Tahunan berfungsi untuk menutup transaksi – transaki yang telah diinput pada periode tahun yang akan ditutup. Setelah dilakukan tutup buku tahun, maka transaksi – transaksi pada periode tahun tersebut tidak dapat diedit, void (hapus), dan membuat transaksi baru.
Berikut cara untuk melakukan tutup buku tahun :

  1. Buka Menu [Akuntansi] – [Tutup Buku Tahun]

    Gb 1. Menu Akuntansi

  2. Berikut tampilan halaman tutup buku tahun

    Gb 2. Menu Tutup Buku Tahun

    Tools Tutup Buku Tahun :
    1). Kolom Periode Tutup Buku Tahun : Sebelum melakukan proses tutup buku user harus mengisi periode tutup buku tahun pada kolom periode tutup buku. Periode ini menentukan waktu dimana transaksi – transaksi akan dikunci (lock). (Ditunjuk oleh arah panah A)

    2). Kolom Depresiasi Aset Tetap : Apabila user memiliki data harta tetap dan perlu diadakan depresiasi setiap bulannya maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini sebelum melakukan proses tutup buku, maka secara otomatis program akan memproses depresiasi pada seluruh akun harta tetap yang telah terinput. (Ditunjuk oleh arah panah B)

    3). Kolom Revaluasi Kurs : Apabila user sering menggunakan mata uang asing dalam setiap transaksi, dan perlu diadakan proses revaluasi mata uang asing pada setiap bulannya maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini dan kemudian mengisi nilai kurs yang berlaku pada tabel rate hari ini. (Ditunjuk oleh arah panah C)

    4). Kolom Kunci Transaksi Bulan yang ditutup : Apabila user menginginkan data yang sudah di tutup buku tahun tidak dapat diedit, void (hapus), dan membuat transaksi baru, maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini. apabila tidak di centang maka data masih akan tetap bisa di edit. (Ditunjuk oleh arah panah D)

    5). Posting Laba Ditahan : Apabila user menginginkan laba ditahan akan terhitung secara otomatis ketika tutup buku tahunan, maka user harus memberikan tanda cek pada kolom ini. (Ditunjuk oleh arah panah E)

  3. Selanjutnya klik ‘Proses

    Gb 3. Tombol Proses Tutup Buku tahun

  4. Silahkan Konfirmasi dengan klik ‘Ya

    Gb 4. Konfirmasi Tutup Buku Tahun

  5. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi sebagai berikut

    Gb 5. Notifikasi Success

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :