Logo Bee Web

SPG Adalah: Perbedaan Sales, Jenis, Fungsi dan Tugasnya

Pengertian SPG atau Sales Promotion Girl sebagai ujung tombak promosi produk. Menarik untuk dipelajari peran pentingnya dalam pemasaran.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 23 February 2023

Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan menggunakan jasa SPG. Yang mana pengertian SPG adalah singkatan dari sales promotion girls.

Seperti namanya, pekerja SPG adalah seorang wanita yang ditugaskan untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Apa sebenarnya fungsi spg bagi bisnis dan seberapa besar pengaruh mereka? Simak selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Sales Promotion Girl? Pengertian SPG Adalah ...

SPG adalah singkatan dari sales promotion girl, seorang perempuan dengan kriteria tertentu yang bekerja untuk mempromosikan produk secara langsung dan biasanya ada di lokasi ramai seperti pusat perbelanjaan, pasar sampai lokasi wisata yang berpotensi dikerumuni orang banyak.

Dengan tujuan agar produk yang merek bawa bisa dikenal sekaligus dibeli oleh konsumen. Sehingga mampu meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Oleh sebab itu, seorang SPG harus memiliki sifat percaya diri dan juga memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni agar konsumen tertarik untuk membeli.

Menggunakan jasa profesi SPG ini juga menjadi upaya sebuah perusahaan menerapkan strategi marketing personal selling dengan bertatap muka secara langsung dengan calon pembeli, lalu membuat presentasi dan menjawab pertanyaan konsumen secara langsung dan mengadakan transaksi pemesanan.

Cara pemasaran ini masih sering digunakan oleh beberapa brand ternama dalam melakukan pemasaran produk. Seperti mudah dikenal, lebih dekat dengan konsumen juga masih terbilang efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Perbedaan Sales Dan Spg

Foto Ilustrasi Sales Wanita (Sumber: Freepik.com)

Perbedaan SPG dengan Sales

Dari penjelasan singkat di atas mungkin beberapa diantara Anda para pembaca merasa jika Sales Promotion Gir dan Sales adalah hal yang sama. Nyatanya keduanya adalah hal yang berbeda meskipun tugas dan fungsinya adalah mempromosikan produk sekaligus menjualnya.

Hal yang membedakan SPG dan Sales secara umum hanyalah definisi dan karakteristiknya. Jika SPG khusus dikerjakan oleh perempuan maka sales lebih bebas dan tidak ada Batasan jenis kelamin. Selain itu, persyaratan bekerja menjadi SPG juga lebih spesifik dibandingkan dengan sales.

Jenis-Jenis SPG

Pahami beberapa jenis SPG berikut ini, sebelum menerapkannya pada bisnis Anda. Dengan harapan mendapatkan hasil yang optimal. Berikut diantaranya:

1. SPG Event

Jenis pertama adalah SPG Event, dimana pekerja SPG tidak bekerja secara permanen dan hanya dilakukan ketika ada sebuah event tertentu dan orang ini akan bekerja selama acara berlangsung saja.

Sales Promotion Girl jenis ini cocok untuk pebisnis yang sedang menghadiri sebuah pameran atau sebagai sponsor dari event tertentu untuk memanfaatkan jasa mereka untuk melakukan promosi dan penjualan.

2. SPG Reguler

Berikutnya adalah SPG Reguler, dimana pekerja SPG ini merupakan seorang pekerja tetap yang dikontak oleh sebuah perusahaan. Mereka harus benar-benar paham mengenai produk secara mendetail agar memudahkan proses promosi dan penjualan mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Untuk melihat perbedaan lebih lengkap, bisa baca artikel SPG Event dan SPG Reguler, Kenali Perbedaannya dari Highlight.id

Tugas Spg Sales Promotion Girl

Ilustrasi SPG sedang Melayani Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Fungsi dan Tugas SPG Bagi Bisnis

Berikut beberapa fungsi dan tugas dari SPG bagi perusahaan/ bisnis :

1. Media Promosi

Tugas pertama seorang SPG adalah untuk mempromosikan produk, promosi yang dilakukan SPg bersifat persuasif, artinya harus dilakukan langsung di panagan sesuai dengan target siapa konsumennya.

Sehingga skill komunikasi sangat penting dikuasai oleh seorang SPG. Selain menggunakan komunikasi langsung SOG juga biasanya bertugas untuk membagikan brosur, memberikan tester produk dan sejenisnya.

Dengan menggunakan jasa SPG pebisnis bisa menggunakan beragam media promosi sekaligus. Sehingga, produk yang dipasarkan mudah diingat dan dikenal calon konsumen.

Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

2. Memperkenalkan Produk Langsung Kepada Konsumen

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika SPG bertugas untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen dan wujud dari promosi SPG ini adalah dengan memperkenalkan produk dengan mendeskripsikannya secara jelas dan detail.

Agar calon konsumen mengetahui apa sebenarnya produk yang Anda jual dan bisa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan tadi.

3. Melakukan Penjualan

Selanjutnya adalah melakukan penjualan, setelah mereka melakukan promosi maka tujuan akhirnya adalah penjualan. Selain sales SPG juga bisa menjadi alternatif cara untuk meningkatkan penjualan bagi pebisnis.

4. Mencatat penjualan

Jika ada penjualan yang terjadi di SPG, mereka wajib mencatat penjualan tersebut. Dari catatan penjualan inilah nantinya pebisnis akan tahu bagaimana performa seorang SPG dilihat dari seberapa banyak produk yang berhasil terjual.

Selain itu, catatan ini juga berfungsi sebagai kontroling dan informasi keuangan penting bagi perusahaan yang nantinya akan dianalisis dalam laporan keuangan pada setiap akhir periode akuntansi.

5. Merchandising

Berikutnya adalah merchandising yang mana SPG bertanggung jawab untuk menata display produk agar selalu terlihat rapi dan menarik dimata konsumen dan menjadikan mereka nyaman jika ingin memulai transaksi dan sejenisnya.

Sangking pentingnya merchandising, beberapa perusahaan secara khusus memberikan standar tentang bagaimana penataan produk yang tepat dan SPG harus mengikuti standar tersebut.

6. Menjaga Kepercayaan Konsumen

Berikutnya adalah menjaga kepercayaan konsumen. Selain melakukan promosi dan penjualan seorang SPG juga bertugas dalam membangun kepercayaan konsumen kepada produk yang ditawarkan. Dengan terbangunnya rasa kepercayaan ini maka peluang konsumen akan melakukan repeat order juga semakin tinggi.

7. Memastikan Stok dan Rotasi Stok

Selanjutnya adalah memastikan stok dan rotasi stok. Selain berkaitan dengan konsumen tugas SPG ternyata juga melakukan pemantauan terhadap stok. Hal ini khususnya untuk SPG yang bertugas di toko-toko agar proses operasional mereka bisa berjalan lancar.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Jasa SPG

Setelah mengenal apa itu SPG, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda benar-benar menggunakan jas SPG sebagai media promosi dan penjualan produk, yakni:

1. Produk yang Dijual

Pertama yang harus diperhatikan adalah memahami korelasi produk yang Anda jual dengan sistem promosi SPG. Sebab, hal ini akan mempengaruhi bagaimana konsumen Anda akan merespon tawaran dari Anda nantinya.

2. Memahami Target Pasar

Selanjutnya adalah, seorang pebisnis sudah seharusnya memahami siapa target pasar yang dituju baik akan ataupun tidak menggunakan jasa SPG nantinya. Jika menggunakan jasa SPG hal ini menjadi satu tingkat lebih penting.

Dimana PSG akan turun langsung dilapangan dan bertemu banyak orang, jika tidak di area target pasarnya maka kemungkinan besar operasional SPG tidak akan menghasilkan hasil yang optimal.

Dan Pebisnis dan SPG hanya akan membuat anggaran dan waktu mereka untuk melakukan promosi yang sia-sia. Contohnya saja, SPG bertugas untuk mempromosikan kaos tebal namun ditempatkan didaerah gurun pasir yang panas dan sejenisnya.

Baca Juga: 13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris

3. Sudah Memiliki Manajemen Bisnis yang Matang

Terakhir adalah pebisnis sudah memiliki manajemen bisnis yang matang. Hal ini karena menggunakan jasa Sales Promotion Girl termasuk memakan anggaran besar. Sehingga manajemen bisnis ini perlu dikelola lebih matang terlebih dahulu, baik urusan produk, strategi sampai laporan keuangan.

Sebab dari manajemen yang matang dan laporan keuangan yang jelas seorang pebisnis akan lebih mudah menentukan langkah yang akan diambil di masa depan untuk kepentingan bisnis berdasarkan dengan angka bukan hanya rekaan saja.

Untuk itu dibutuhkan sebuah software akuntansi seperti Beecloud. Software ini dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam memanajemen keuangan dan anggaran secara efektif. Penggunaan software akuntansi dalam mengontrol anggaran sangat penting bagi perusahaan, karena dengan software tersebut perusahaan dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penggunaan anggaran secara real time dan akurat.

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari pemborosan anggaran, mengambil keputusan bisnis yang tepat, serta memaksimalkan keuntungan yang dapat diperoleh.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mesin Kasir Digital yang Punya Banyak Manfaat Untuk Toko Anda
Mesin kasir digital merupakan barang yang wajib dimiliki oleh pemilik toko atau minimarket sebagai alat bantu transaksi penjualan. Mesin kasir
Baca Juga
Mengenal Tugas dan Kewajiban Kasir Toko Baju
Saat Anda berbelanja di sebuah toko minimarket, toko kelontong dan toko lainnya, Anda pasti akan menjumpai seorang kasir toko baju.
Baca Juga
Omnichannel: Pengertian, Jenis, Cara Menjalankan, dan Fungsi
Sebuah strategi dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan berkualitas tinggi di berbagai saluran media komunikasi merupakan omnichannel atau omni channel.
Baca Juga
DSO Adalah: Rumus, Indikator dan Cara Meningkatkannya
DSO adalah singkatan dari Days Sales Outstanding, sebuah rasio keuangan yang memainkan peran kritis dalam mengukur efisiensi manajemen piutang usaha
Baca Juga
Peran dan Tugas Consignee dalam Penerimaan Barang
Consignment atau konsinyasi adalah suatu sistem bisnis di mana pihak yang menyediakan barang (consignor) menyerahkan barang kepada pihak yang akan
Baca Juga
Aplikasi Pos Android: Pelayanan Lebih Cepat dan Perhitungan Akurat
Aplikasi pos android memang sebuah sistem yang dibutuhkan banyak usaha saat ini. Teknologi tersebut dibutuhkan untuk mempermudah transaksi harian yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu