🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Foto Produk: Tips Terlihat Profesional untuk UKM

Dalam artikel ini, akan dibahas tips memotret produk dengan kamera ponsel untuk meningkatkan kualitas foto/ gambar produk UKM
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 13 March 2023

Saat ini, bisnis tidak hanya bisa dijalankan secara konvensional, namun juga melalui media online. Saat menjalankan bisnis online, Anda memerlukan foto/gambar produk yang baik untuk menampilkan produk Anda pada calon pembeli.

Sebagai pebisnis UKM, pasti Anda ingin produk yang Anda jual mendapat perhatian yang lebih besar dari konsumen, bukan? Salah satu cara untuk memperkuat daya tarik produk Anda adalah dengan menggunakan foto yang menarik perhatian.

Apa yang Dimaksud dengan Foto Produk?

Foto produk adalah gambar yang menampilkan produk Anda dengan jelas dan detail, sehingga konsumen dapat melihat dengan jelas bagaimana bentuk, warna, dan fitur dari produk yang Anda jual.

Dalam dunia bisnis online, foto produk memiliki peran yang sangat penting karena ini adalah satu-satunya cara bagi konsumen untuk melihat produk yang akan mereka beli secara online.

Dengan memiliki foto yang baik, konsumen akan lebih mudah memahami produk Anda, dan dengan demikian, lebih memilih produk Anda daripada produk pesaing Anda. Selain itu, foto juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Apa Itu Foto Produk

ilustrasi foto produk (Credit: Unsplash)

Bahkan menurut ukmindonesia.id Ketika berbelanja online, konsumen tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produk yang kita tawarkan sehingga membutuhkan suatu gambar untuk melihat produk yang akan dibeli. Semakin menarik foto yang ditampilkan, semakin tertarik konsumen untuk mencari tahu tentang produk itu. Itulah sebabnya Sahabat Wirausaha perlu mempelajari cara dan trik mengambil foto yang menarik agar jualan online semakin laris.

Tips Foto Produk Agar Menarik Bermodal HP

Terkadang membuat foto produk yang menarik tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti pencahayaan, latar belakang, sudut pengambilan gambar, dan lain sebagainya.

Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang baik, sehingga foto yang dihasilkan tidak menarik perhatian konsumen.

Nah, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips berguna untuk membantu Anda dalam membuat foto produk yang menarik dan memikat konsumen.

1. Gunakan Kamera HP

Jika Anda hanya memiliki kamera ponsel, jangan khawatir! Anda masih bisa mengambil foto yang menarik dengan menggunakan kamera HP yang ada pada ponsel Anda.

Kamera Hp Untuk Foto Produk

Kini resolusi kamera HP terbilang sangat bagus untuk digunakan foto produk (Credit: Unsplash)

Pastikan HP yang Anda gunakan memiliki kamera dengan resolusi yang cukup tinggi dan kemampuan untuk menghasilkan gambar yang jernih.

2. Setel Setting Kamera Ponsel

Agar foto Anda terlihat menarik, Anda perlu mengatur setting kamera ponsel dengan benar. Pastikan Anda menggunakan mode HDR atau mode Pro jika tersedia, dan atur kualitas gambar ke mode terbaik yang tersedia.

Selain itu, pastikan Anda menetapkan fokus pada produk agar gambar tetap tajam dan jelas.

3. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Jangan tergoda untuk menggunakan fitur zoom pada kamera Anda untuk mengambil foto. Penggunaan fitur zoom dapat mengurangi kualitas gambar dan membuatnya tampak kabur atau pecah.

Lebih baik mendekatkan kamera Anda ke produk atau menggunakan lensa yang lebih dekat agar gambar produk tetap tajam dan detail.

4. Atur Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor penting dalam mengambil foto produk yang menarik. Pastikan Anda mengambil gambar di tempat yang cukup terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang dapat membuat bayangan pada produk.

Jika memungkinkan, gunakanlah lampu studio atau lampu sorot untuk menambahkan cahaya pada produk Anda.

5. Ciptakan Efek Bokeh

Efek bokeh dapat membuat foto produk Anda terlihat profesional dan menarik perhatian konsumen. Untuk menciptakan efek bokeh, Anda dapat menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga atau memanfaatkan fitur portrait mode pada kamera HP Anda.

Pastikan fokus tetap pada produk dan latar belakang menjadi blur secara alami.

6. Hindari untuk Menggunakan Flash

Menggunakan flash dalam pengambilan foto produk dapat membuat gambar terlihat terlalu terang dan overexposed. Oleh karena itu, disarankan untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang cukup dari sumber cahaya alami atau lampu studio.

Jika memang tidak ada sumber cahaya yang memadai, cobalah untuk menyesuaikan ISO dan aperture pada kamera ponsel Anda untuk menghasilkan pencahayaan yang sesuai.

7. Ambil Foto dari Berbagai Angle

Agar foto Anda lebih menarik, Anda perlu mengambil gambar dari berbagai sudut. Cobalah untuk mengambil foto dari atas, bawah, samping, atau sudut diagonal untuk memberikan perspektif yang berbeda pada produk Anda. Dengan begitu, konsumen dapat melihat produk secara lebih detail dan menarik.

8. Gantungkan Produk Agar Terlihat Lebih Menarik

Jika produk yang akan difoto adalah produk yang bisa digantung, maka gantungkan produk tersebut agar terlihat lebih menarik. Dengan begitu, konsumen dapat melihat produk secara keseluruhan dan lebih mudah membayangkan produk tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Siapkan Tripod Ponsel Jika Diperlukan

Jika Anda ingin mengambil foto dengan sudut atau posisi yang sulit dijangkau, disarankan untuk menggunakan tripod ponsel. Dengan menggunakan tripod ponsel, Anda dapat menghindari goyangan yang dapat menyebabkan gambar menjadi blur atau tidak stabil.

Pastikan tripod ponsel yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik agar dapat membantu Anda mengambil foto yang menarik.

10. Gunakan Psikologi Warna

Psikologi warna adalah ilmu yang mempelajari bagaimana warna dapat mempengaruhi emosi dan perilaku manusia. Dalam fotografi produk, Anda dapat menggunakan psikologi warna untuk menarik perhatian konsumen.

Psikologi Warna Untuk Brand

Misalnya, warna merah dapat memberikan kesan kuat dan berani, sementara warna biru memberikan kesan tenang dan stabil. Pastikan untuk memilih warna yang tepat untuk produk Anda dan memadukannya dengan latar belakang dan aksesoris yang digunakan.

11. Setiap Varian Produk Harus Dilengkapi Gambar

Jika Anda memiliki beberapa varian produk, pastikan untuk menyertakan gambar untuk setiap varian produk tersebut. Hal ini dapat membantu konsumen untuk memilih produk yang tepat dan membandingkan perbedaan antar varian produk.

Dengan menyertakan gambar untuk setiap varian produk, konsumen dapat melihat perbedaan warna, ukuran, dan fitur yang berbeda-beda.

12. Edit Foto agar Terlihat Menarik

Setelah mengambil foto produk, Anda dapat mengedit foto agar terlihat lebih menarik dan menonjolkan keunggulan produk. Namun, pastikan untuk tidak mengedit foto terlalu berlebihan sehingga produk terlihat tidak realistis.

Gunakan fitur edit yang sederhana dan cermat dalam mengedit foto produk Anda, seperti penyesuaian kecerahan dan kontras, crop, dan adjust warna. Ingatlah bahwa konsumen harus melihat produk yang sesuai dengan kenyataan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengambil foto yang menarik meskipun hanya menggunakan kamera HP. Pastikan Anda mengambil gambar dengan cermat dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai teknik untuk menghasilkan foto yang semakin baik dan menarik. Selamat mencoba!

Fungsi Foto Produk

Foto produk yang baik sangat penting untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Selain itu, foto produk juga memiliki berbagai fungsi penting bagi bisnis Anda.

Dalam paragraf ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi penting dari foto produk dalam bisnis Anda:

1. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Foto produk yang baik dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda. Konsumen akan lebih percaya pada bisnis Anda jika Anda menyediakan gambar produk yang berkualitas dan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang produk yang ditawarkan.

Dengan memiliki foto yang baik, konsumen akan lebih mudah untuk memahami produk yang ditawarkan dan mengetahui keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing. Hal ini dapat membantu meningkatkan citra bisnis Anda di mata konsumen.

2. Melejitkan Nilai Jual

Foto produk yang menarik dapat meningkatkan nilai jual produk Anda. Konsumen akan lebih tertarik pada produk Anda jika foto pada produk Anda menarik dan memberikan gambaran yang jelas tentang produk tersebut.

Kenali Perbedaan Omset Profit serta Cara Meningkatkan Omzet Profit Bisnis Anda

Kenali Perbedaan Omset Profit serta Cara Meningkatkan Omzet Profit Bisnis Anda

Dengan memiliki foto yang menarik, Anda dapat meningkatkan daya tarik produk Anda dan membuat konsumen lebih ingin membeli produk tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis Anda.

3. Identitas yang Melekat

Foto produk juga dapat membantu menciptakan identitas yang melekat pada bisnis Anda. Dengan memiliki foto yang konsisten dan memiliki gaya yang khas, konsumen dapat mengenali produk Anda dengan mudah dan membedakan produk Anda dari produk pesaing.

Hal ini dapat membantu menciptakan identitas yang kuat dan memudahkan konsumen untuk memilih produk Anda. Selain itu, foto produk yang baik juga dapat membantu menciptakan kesan profesional dan serius pada bisnis Anda, yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Anda.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud adalah software akuntansi online berbasis cloud yang bisa membantu bisnis online Anda tetap teratur terutama menyangkut keuangan. Anda bisa intip omset setiap saat, laporan laba rugi, neraca, cashflow rapi jadi gak perlu repot pembukuan. Anda bisa fokus dengan pemasaran bisnis Anda.

Coba gratis Beecloud dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Artikel Terkait

10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien
Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia
Baca Juga
9 Tips Buat Label Makanan Keren Sesuai BPOM
Memiliki label makanan pada produk yang makanan yang diproduksi memang menjadi impian bagi semua pebisnis makanan, apalagi saat ini banyak
Baca Juga
Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital
Media sosial atau sosial media menjadi sebuah platform sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk hiburan atau untuk perkembangan
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Tahapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain), Komponen dan Prinsipnya
Rantai pasok adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai tahap, entitas, dan proses yang saling terkait dalam mengantarkan produk atau
Baca Juga
Tips Sukses Bisnis Online dengan Sistem Pre Order
Dalam bisnis online, kata PO atau pre order sudah menjadi salah satu kata yang paling terkenal. Model bisnis dengan sistem
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu