🎉 Promo Year End Sale Disc. upto 30%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Paling Menguntungkan

Ada setidaknya 13 ciri-ciri peluang usaha yang paling menguntungkan. Pahami cirinya agar bisa mengambil peluang bisnis yang menjanjikan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 30 March 2023

Ada banyak tujuan yang bisa ditetapkan sebelum mencari peluang usaha. Misalnya saja untuk mendapatkan keuntungan, kekayaan, uang, status sosial, popularitas, kepuasan batin, dan lain sebagainya. Peluang bisnis seharusnya bisa membantu seseorang meraih tujuan tersebut. Kenali ciri-ciri peluang usaha yang menguntungkan

Tidak semua peluang usaha bisa diambil dan dimanfaatkan dengan baik oleh setiap orang. Hal ini karena masing-masing orang mempunyai potensi yang berbeda. Jika peluang usaha tidak sesuai dengan visi, keterampilan, dan kemampuan, bisa jadi peluang itu akan gagal diambil dan dimanfaatkan.

13 Ciri-Ciri Peluang Usaha Potensial yang Harus Pebisnis Pahami

Menurut Populix, kreativitas dan inovasi tidak cukup untuk memperoleh keuntungan melalui peluang usaha. Banyak yang masih keliru saat memilih suatu peluang usaha untuk dijadikan bisnis. Salah satu penyebabnya adalah karena peluang usaha tersebut tidak sesuai dengan kemampuan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami ciri-ciri peluang usaha yang potensial,

Peluang Bisnis Menguntungkan

momen ketika ide bisnis Anda menjadi realita karena berbagai faktor. (Credit: Freepik/Wirestock)

Sebelum memanfaatkan peluang usaha, setiap pebisnis wajib mengetahui beberapa ciri ppeluang usaha yang menguntungkan. Sehingga nantinya pebisnis bisa mendapatkan keuntungan atau meraih tujuan lainnya dengan jauh lebih mudah. Di bawah ini adalah ciri peluang usaha yang menguntungkan.

1. Ide muncul dari diri sendiri

Peluang usaha yang menguntungkan adalah yang idenya muncul dari diri sendiri sehingga bisnis yang dijalankan bisa bertahan untuk waktu yang lama. Ide ini bisa jadi muncul setelah melihat dan memikirkan bisnis orang lain. Bisa jadi Anda akan terinspirasi untuk membuat bisnis serupa yang unik.

2. Realistis atau nyata

Peluang bisnis yang bagus harus bersifat nyata, artinya bisa diwujudkan dan tidak sekedar angan-angan saja. Hal ini bisa dilihat dari modal yang diperlukan untuk membangun bisnis. Apakah bahan bakunya mudah diakses? Kalau modal tidak sesuai kapasitas maka peluang bisnis ini tidak realistis.

3. Mempunyai nilai jual tinggi

Salah satu ciri peluang usaha yang baik adalah mempunyai nilai jual tinggi. Hal ini bisa dilihat melalui beberapa hal seperti seberapa banyak masyarakat memerlukan produk tersebut. Keunikan produk juga mempengaruhi nilai jualnya. Produk yang nilai jualnya tinggi adalah yang bisa menjadi solusi warga.

4. Bukan merupakan bisnis musiman

Bisnis harus bisa berkembang dan juga bertahan di musim apapun. Jika suatu peluang usaha hanya bisa dilaksanakan di waktu tertentu saja, pertimbangkan ulang keputusan untuk mengambil peluang tersebut. Usaha musiman tidak bisa memenuhi kebutuhan dan membantu mencapai tujuan.

5. Bisa memenuhi kebutuhan masyarakat

Yang kelima dari ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Ciri ini seharusnya menjadi suatu alasan untuk memulai dan membangun bisnis. Suatu bisnis yang menyediakan kebutuhan masyarakat akan selalu dicari dan akan selalu menguntungkan.

6. Bahan baku mudah diakses dan jumlahnya banyak

Ketersediaan bahan baku dan kemudahan aksesnya menjadi salah satu hal penting dalam menjalankan suatu bisnis. Bahan baku seharusnya bukan kendala yang dihadapi saat proses produksi. Selain itu, bahan baku seharusnya bisa diakses dengan cepat agar proses produksi terus berlangsung.

7. Mampu beradaptasi

Peluang usaha yang bagus seharusnya bisa beradaptasi di berbagai kondisi. Maksudnya, bisnis ini harus bersifat fleksibel serta bisa diatur sesuai keadaan. Misalnya, ketahui bahan baku yang tersedia dan pengganti yang bisa digunakan saat harga bahan baku utama naik.

8. Bisa dikembangkan

Di waktu mendatang, peluang usaha yang dijalankan harus bisa berkembang sehingga bisnis bisa tetap bertahan melawan persaingan pasar yang ketat. Bisnis yang bagus tidak hanya menyediakan satu atau dua barang saja. Semakin banyak produknya maka semakin banyak pelanggan yang bisa dijangkau.

9. Mampu bertahan untuk waktu yang lama

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah bisa bertahan untuk waktu yang lama. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti strategi pemasaran, layanan, produk, dan sebagainya. Kalau kualitas layanan dan produknya buruk, bisa jadi bisnis tidak bisa berlangsung lama.

10. Tidak menghabiskan seluruh modal

modal memulai usaha

ilustrasi perhitungan modal untuk usaha

 

Peluang usaha apapun membutuhkan modal untuk memulainya atau saat akan mengembangkan bisnis. Pengeluaran modal tetap harus sesuai dengan perhitungan. Jika pengeluaran modal terlalu berlebihan, keuntungan bisa jadi akan gagal didapatkan.

11. Resiko harus bisa ditanggung

Ada dua resiko dalam menjalankan bisnis, yaitu resiko kecil dan besar. Biasanya, bisnis yang resikonya besar bisa memberikan keuntungan yang besar juga. Tapi kalau gagal, kerugiannya juga bisa sangat besar. Perhitungkan kerugian yang mungkin terjadi, lalu cari tahu apakah Anda bisa menanggungnya.

12. Mempunyai kelayakan usaha

Ciri lain peluang usaha yang menguntungkan adalah mempunyai kelayakan usaha. Konsumen akan lebih menyukai produk yang layak. Untuk menentukan kelayakan usaha, pebisnis harus melakukan riset dan memastikan produk yang akan disediakan akan populer di pasar dan banyak diminati.

13. Bisa dikolaborasikan

Usaha yang baik dan menarik adalah yang bisa dikolaborasikan dengan bisnis lain. Konsep penyatuan bisnis ini memang penuh tantangan. Tapi hasilnya bisa lebih menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan pelanggan dari bisnis yang dijalankan oleh partner.

Kenali seluruh ciri-ciri peluang usaha di atas lalu segera ambil dan manfaatkan peluang yang paling menjanjikan. Siapkan diri untuk memulai dan mengembangkan bisnis yang paling menguntungkan.

Sebagai pelaku usaha dengan memiliki pembukuan yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana usaha tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan pada usaha Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri
Baca Juga
Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda
Pemilihan nama brand menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali akan membangun bisnis. Nama sendiri tidak bisa dibuat
Baca Juga
7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektif
Cara mengatur keuangan usaha memang bukan suatu perkara mudah. Pasalnya, urusan keuangan merupakan hal krusial dalam bisnis, karena memiliki peran
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu