🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5+ Ciri Ciri Pasar Monopolistik Lengkap Serta Contohnya

Ciri ciri pasar monopolistik yaitu terdapat diferensiasi produk. Banyak perusahaan menghasilkan produk serupa, tetapi tidak identik!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 23 May 2023

Ciri-ciri pasar monopolistik sangat umum ditemukan dalam berbagai industri, seperti produk perawatan diri, pakaian, makanan, layanan kesehatan, dan lainnya. Jenis pasar ini memfasilitasi perusahaan untuk menciptakan citra merek dan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi produk.

Pasar monopolistik adalah struktur pasar dengan banyak perusahaan yang menghasilkan produk berbeda. Perbedaan produk-produk tersebut bisa berupa kualitas, merek, desain, atau lainnya. Simak uraian berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang pasar monopolistik dan karakteristiknya!

Apa Itu Pasar Monopolistik?

Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah jenis pasar yang fokus pada produsen dibandingkan konsumen (Credit: Freepik.com/ @user7520741)

Pasar monopolistik adalah suatu bentuk struktur pasar di mana terdapat banyak perusahaan yang menghasilkan produk mirip tetapi tetap berbeda/ berdiferensiasi. Diferensiasi produk bisa ditinjau dalam hal kualitas, merek, harga, desain, atau fitur yang lain.

Ciri pasar monopolistik yaitu memfasilitasi perusahaan untuk menciptakan citra merek dan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi produk. Tentunya sebuah perusahaan juga harus mempertimbangkan persaingan yang ketat dari perusahaan lain dengan produk serupa.

Persaingan dari perusahaan yang memiliki produk serupa secara alami membuat setiap perusahaan terdorong untuk terus mengembangkan produk baru. Perusahaan juga harus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan agar tetap menjadi pemain utama di pasar.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik berbeda dengan pasar monopoli maupun pasar persaingan sempurna. Memangnya, apa saja ciri atau karakteristik dari pasar monopolistik? Jika belum tahu, maka berikut karakteristik pasar monopolistik yang perlu diketahui, yaitu:

1.  Diferensiasi Produk

Pasar monopolistik ditandai dengan adanya diferensiasi produk. Setiap perusahaan menciptakan produk yang berbeda dengan ciri khas tertentu untuk menarik pelanggan.

Diferensiasi produk dapat berupa kualitas, merek, desain, atau fitur yang lain. Melalui diferensiasi produk ini, perusahaan dapat membedakan produk mereka dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Baca Juga: Tips dan Cara Meningkatkan Persaingan Usaha Secara Sehat

2. Hambatan Masuk yang Rendah

Ciri pasar persaingan monopolistik yaitu mempunyai hambatan masuk yang rendah. Hal ini berarti perusahaan baru dapat dengan mudah masuk ke dalam pasar dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah ada.

Hambatan masuk yang rendah di pasar monopolistik membuat persaingan menjadi sangat dinamis dan inovatif. Perusahaan harus terus berinovasi untuk mempertahankan keunggulan merek.

3. Kekuatan Pasar yang Terbatas

Perusahaan tidak memiliki kontrol penuh atas harga produk yang dihasilkan. Perusahaan hanya memiliki sedikit kekuatan pengendalian harga karena adanya ciri khas dan diferensiasi pada produk yang ditawarkan sehingga membuat pelanggan tertarik.

4.  Persaingan yang Ketat

Perusahaan dalam pasar monopolistik memang memiliki produk yang berbeda, tetapi persaingan masih sangat ketat. Setiap perusahaan berusaha untuk menarik pelanggan dengan diferensiasi produk mereka.

Persaingan yang ketat mendorong setiap perusahaan untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produknya. Pelanggan punya banyak pilihan di dalam pasar monopolistik sehingga bisa beralih ke merek mana pun dengan bebas.

Oleh sebab itu, manajemen bisnis perlu dilakukan mencoba memulai scale up bisnis secara berkala, tentunya dengan analisa keuangan bisnisnya. Sebab, scale up tidak bisa dilakukan tanpa analisa.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, mudahkan proses analisa bisnis dengan fitur didalamnya, dilengkapi dengan beragam jenis laporan keuangan yang memudahkan Anda dalam manajemen bisnis. Simak informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

5. Tidak Ada Produk dengan Substitusi Sempurna

Tidak adanya produk yang memiliki substitusi sempurna juga termasuk ciri-ciri pasar monopolistik. Kondisi ini berarti pelanggan tidak dapat dengan mudah mengganti produk satu perusahaan dengan produk dari perusahaan lain yang menjual produk serupa.

Setiap produk di pasar monopolistik mempunyai keunggulan dan kelebihan tertentu. Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan karena dapat mempertahankan pelanggan yang setia.

6. Adanya Keuntungan Monopoli Jangka Pendek

Perusahaan dalam pasar monopolistik dapat memperoleh keuntungan monopoli jangka pendek. Sayangnya, keuntungan ini tidak dapat bertahan lama karena persaingan yang ketat dengan perusahaan lain.

7.  Adanya Iklan dan Promosi yang Intensif

Ciri-ciri pasar monopolistik yaitu sering melakukan iklan dan promosi yang intensif untuk menarik pelanggan dan mempromosikan diferensiasi produk mereka. Iklan dan promosi ini bisa meningkatkan kesadaran pelanggan tentang merek dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi

Contoh Pasar Monopolistik

Terdapat banyak perusahaan yang menawarkan produk serupa di pasar monopolistik. Masyarakat jadi memiliki lebih banyak pilihan untuk dibeli. Berikut ini adalah beberapa contoh persaingan monopolistik yang erat dengan kehidupan sehari-hari!

1. Industri Makanan

Industri makanan adalah salah satu contoh yang baik dari pasar monopolistik. Perusahaan makanan menjual produk makanan yang mirip seperti cokelat, keju, roti, dan lain-lain.

Setiap perusahaan memiliki merek, kualitas, dan desain yang berbeda pada produk-produk tersebut. Contohnya seperti Cadbury dan Nestle, dua merek coklat yang saling bersaing.

2. Industri Pakaian

Banyak perusahaan pakaian yang menjual produk serupa, tetapi setiap perusahaan mempunyai merek, kualitas, dan desain sendiri. Misalnya, merek-merek terkenal seperti Nike, Adidas, dan Puma, yang keseluruhannya memproduksi sepatu.

Setiap merek memiliki ciri khas yang berbeda dan unik. Nike terkenal dengan sepatu olahraga, Adidas dengan desain yang stylish, sedangkan Puma dengan desain klasik.

3.  Industri Produk Perawatan Diri

Industri produk perawatan pribadi, seperti sabun, sampo, dan pasta gigi juga merupakan representasi pasar monopolistik. Misalnya, merek sabun Dove dan Lux, terkenal dengan kualitasnya yang lembut pada kulit, sementara merek Lifebuoy terkenal dengan efektivitasnya dalam membunuh bakteri.

Ciri-ciri pasar monopolistik yang paling utama adalah terdapat diferensiasi produk. Perusahaan bisa menghasilkan produk serupa, tetapi tetap memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan satu sama lain.

Diversifikasi: Pengertian, fungsi, Jenis dan Strateginya
Dalam dunia bisnis istilah diversifikasi adalah bukan hal asing lagi, yang mana merupakan sebuah strategi optimasi yang digunakan untuk menekan
Baca Juga
Domestic Market Obligation Adalah & Bagaimana Cara Kerjanya?
Halo semua, kali ini saya akan membahas tentang domestic market obligation (DMO). Ada yang tahu apa itu Domestic Market Obligation
Baca Juga
Mengenal Indeks Harga Konsumen, Fungsi dan Informasi Lainnya
Indeks harga konsumen atau ihk adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat umum,
Baca Juga
Harga Keseimbangan (Equilibrium Price), Rumus dan Contohnya
Harga ekonomi yang juga disebut dengan ekuilibrium menjadi fokus utama dalam menjaga stabilitas ekonomi. Harga keseimbangan mencerminkan titik temu antara
Baca Juga
Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, Metode Analisis
Financial ratio analysis atau analisis rasio keuangan adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia bisnis terutama bagi investor dan pihak manajemen.
Baca Juga
Contoh Barang Inferior, Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya
Barang inferior adalah jenis produk atau barang yang mengalami penurunan permintaan ketika pendapatan konsumen meningkat. Dalam konteks ekonomi, barang ini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu