Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Tuesday, 3 October 2023

Cara Input Transaksi Reimburse (Claim) Beecloud 3.0

Penulis: Imron Rosyadi
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis,

Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input transaksi reimburse atau claim. Pada dasarnya reimburse adalah salah satu upaya dari perusahaan untuk menggantikan uang dari karyawan yang digunakan untuk keperluan bisnis. Misal ketika ada karyawan yang sedang dinas keluar kota dan menggunakan uang pribadi terlebih dahulu untuk transport / perjalanan, dan ketika sampai di kantor dilakukan klaim atau reimburse untuk menggantikan biaya perjalanan tersebut.

Untuk contoh jurnal yang terjadi dari sudut pandang perusahaan sebagai berikut :

Kemudian untuk cara inputkan transaksi reimburse / claim pada Beecloud 3.0 ikuti langkah berikut :

  1. Buat akun untuk menampung nominal hutang dan biaya reimburse, untuk cara pembuatan akunnya bisa klik disini.
  2. Buat akun pada klasifikasi "Hutang Lainnya" dengan nama akun "Hutang Reimburse" seperti pada gambar berikut.

    Reim 1

    Gambar 1. Buat Akun Hutang Reimburse.

  3. Buat satu akun lagi dengan klasifikasi "Biaya Operasional" dengan nama akun "Biaya Reimburse" seperti pada gambar berikut.

    Reim 2

    Gambar 2. Buat Akun Biaya Reimburse.

  4. Catat klaim tersebut sebagai hutang terlebih dahulu jika belum dibayarkan. Masuk ke menu [Kas/Bank] > [Pembayaran] klik |Tambah Baru|.

    Reim 3

    Gambar 3. Tambah Baru Pembayaran.

  5. Klik |+ Akun| lalu cari dan pilih akun "Biaya Reimburse" dan masukkan nominalnya.

    Reim 4

    Gambar 4. Tambah Akun Biaya Reimburse.

  6. Buat baris baru dan klik kembali |+ Akun| lalu cari dan pilih akun "Hutang Reimburse" dan masukkan nominalnya dengan tanda minus (-) sebagai lawan dari akun biaya reimburse tadi.

    Reim 5

    Gambar 5. Tambah Akun Hutang Reimburse.

  7. Maka akan terbentuk transaksi pembayaran dari 2 akun tersebut kemudian klik |Simpan|.

    Reim 6

    Gambar 6. Simpan Transkasi Pembayaran.

  8. Jika claim dibayarkan, untuk cara inputnya masuk ke menu [Kas/Bank] > [Pembayaran] > |Tambah Baru|.

    Reim 7

    Gambar 7. Tambah Baru Pembayaran.

  9. Klik |+ Akun| dan pilih akun "Hutang Reimburse", inputkan jumlah bayar dan pilih cara pembayarannya lalu klik |Simpan|.
    Reim 8

    Gambar 8. Tambah Akun.

    Reim 9

    Gambar 9. Cari dan Pilih Akun.

    Reim 10

    Gambar 10. Input Jumlah Pembayaran dan Pilih Cara Pembayaran.

  10. Berikut tampilan pada laporan neraca dan laporan laba ruginya.
    Reim 11

    Gambar 11. Tampilan pada Laporan Neraca setelah Pembayaran.

    Reim 12

    Gambar 12. Tampilan pada Laporan Laba/Rugi.

Panduan Terbaru

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Melihat Transaksi Penjualan Yang Sudah Terhapus Beecloud
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai Cara Cek Detail Transaksi Yang Sudah Terhapus Beecloud. Kegunaan fitur tersebut
Baca Juga
Setting Default Level Harga Pada Beecloud
Hallo Pebisnis.. Pada panduan ini akan dijelaskan cara setting default level harga ketika kita membuat mitra bisnis baru agar otomatis
Baca Juga
Input Barang PID/PID Unik Pada Penerimaan Pembelian
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan di jelaskan cara input barang dengan menggunakan PID/PID Unik melalui penerimaan pembelian. Lalu
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu