Logo Bee Web
Panduan Beecloud
Dipublish: Wednesday, 27 December 2023

Input Pinjaman Uang Kepada Customer Beecloud

Penulis: Anggi Indra
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis,

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Input Pinjaman Uang Kepada Customer Beecloud. Anda tidak perlu catat secara manual apabila ada customer yang meminjam ke Anda.

Berikut ini langkah-langkah input pinjaman uang kepada customer Beecloud :

A. Buat Akun Penampung Piutang

1. Akses menu |Master| > |Akun| > klik filter dan pilih klasifikasi akun "Piutang Lainnya" > Lalu pilih |Cari|.

Akses Master Akun

Gambar 1. Akses Master Akun

Pilih Klasifikasi Akun Piutang Lainnya

Gambar 2. Pilih Klasifikasi Akun Piutang Lainnya

2. Buat akun penampung piutang customer tersebut.

  • Kode Akun: isi kode akun sesuai dengan urutan yang ada diklasifikasi akun tersebut
  • Nama Akun: isi nama akun penampung piutang customer tersebut.
  • Klasifikasi Akun: isi dengan klasifikasi akun "Piutang Lainnya".
Buat Akun Penampung Piutang

Gambar 3. Buat Akun Penampung Piutang

B. Setting Mitra Bisnis sebagai Supplier dan Customer

1. Akses menu |Master| > |Mitra Bisnis| > Pilih salah satu mitra bisnis dengan klik "Icon Pensil" > Pastikan tercentang pada checkbox "Customer" dan "Supplier".

Setting Mitra Bisnis Supplier Dan Customer

Gambar 4. Setting Mitra Bisnis Supplier dan Customer

C. Input Pencatatan Uang Pinjaman Kepada Customer

1. Akses menu |Kas/Bank| > |Pembayaran| > pilih |Tambah Baru| > Pilih mitra bisnis "Anggi Indra" dan atur tanggal transaksi > klik |Pilih Akun|.

Akses Menu Kas Bank

Gambar 5. Akses Menu Kas/Bank

Atur Mitra Bisnis Dan Pilih Akun

Gambar 6. Atur Mitra Bisnis dan Pilih Akun

2. Pilih klasifikasi akun "Piutang Lainnya" > Lalu pilih akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" dengan klik icon centang.

Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

Gambar 7. Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

3. Lalu masukkan "Jumlah Nominal" uang yang dipinjamkan serta "Keterangan" apabila dibutuhkan.

Masukkan Jumlah Nominal Dipinjamkan

Gambar 8. Masukkan Jumlah Nominal Dipinjamkan

4. Lalu pilih tab |Cara Bayar| > Pilih "Cara Bayar" > Pilih kas/bank yang digunakan untuk meminjamkan uang kepada customer tersebut > Lalu klik |Tambah|.

Pilih Cara Bayar

Gambar 9. Pilih Cara Bayar

Pilih Kas Yang Digunakan Meminjamkan

Gambar 10. Pilih Kas/Bank yang Digunakan Meminjamkan

5.  Jika sudah selesai semua, maka bisa klik |Simpan|. Secara otomatis akan tercatat di laporan neraca Anda.

Klik Simpan

Gambar 11. Klik Simpan

D. Input Pengembalian Uang Dari Customer

1. Akses menu |Kas/Bank| > |Penerimaan Pembayaran| > pilih |Tambah Baru| > Pilih mitra bisnis "Anggi Indra" dan atur tanggal transaksi > klik |Pilih Akun|.

Akses Menu Penerimaan Pembayaran

Gambar 12. Akses Menu Penerimaan Pembayaran

Pilih Akun Penerimaan Pembayaran

Gambar 13. Pilih Akun Penerimaan Pembayaran

2. Pilih klasifikasi akun "Piutang Lainnya" > Lalu pilih akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" dengan klik icon centang.

Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

Gambar 7. Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

3. Lalu masukkan "Jumlah Nominal" uang yang dipinjamkan serta "Keterangan" apabila dibutuhkan.

Input Nominal Pengembalian Secara Cicil

Gambar 14. Masukkan Nominal Pengembalian Secara Cicil

4. Lalu pilih tab |Cara Bayar| > Pilih "Cara Bayar" > Pilih kas/bank yang digunakan untuk menampung pengembalian uang dari customer tersebut > Lalu klik |Tambah|.

Pilih Tab Cara Bayar

Gambar 15. Pilih Tab Cara Bayar

Pilih Kas Yang Digunakan Menampung Pengembalian Uang

Gambar 16. Pilih Kas Yang Digunakan Menampung Pengembalian Uang

5.  Jika sudah selesai semua, maka bisa klik |Simpan|. Secara otomatis akan tercatat di laporan neraca Anda.

Klik Simpan Penerimaan Pembayaran

Gambar 17. Klik Simpan

Panduan Terbaru

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Software Akuntansi Online

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Melihat Transaksi Penjualan Yang Sudah Terhapus Beecloud
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai Cara Cek Detail Transaksi Yang Sudah Terhapus Beecloud. Kegunaan fitur tersebut
Baca Juga
Setting Default Level Harga Pada Beecloud
Hallo Pebisnis.. Pada panduan ini akan dijelaskan cara setting default level harga ketika kita membuat mitra bisnis baru agar otomatis
Baca Juga
Input Barang PID/PID Unik Pada Penerimaan Pembelian
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan di jelaskan cara input barang dengan menggunakan PID/PID Unik melalui penerimaan pembelian. Lalu
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu