Home » Support » Layanan Support » Cara Input Pinjaman Uang dari Pemilik (Owner) dan Cara Mengembalikannya Beeaccounting
Halo Pebisnis,
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mnegenai Cara Input Pinjaman Uang dari Pemilik (Owner) dan Cara Mengembalikannya Beeaccounting. Apabila dalam usaha/bisnis Anda ada memakai uang pribadi sebagai modal dan nantinya akan dikembalikan. Maka hal tersebut dapat diimplementasikan pada Beeaccounting.
Berikut ini langkah-langkah cara input pinjaman uang dari pemilik (owner) dan cara mengembalikannya Beeaccounting :
Input Pinjaman Uang dari Pemilik (Owner)
Masuk menu |Akuntansi| > |Daftar Akun| > |Klik New|
Gb 1. Akses Menu Daftar Akun
Gb 2. Klik New Daftar Akun
Lalu isikan beberapa poin seperti Kode Akun, Nama Akun dan Klasifikasi Akun
- Kode Akun : kode akun bisa diisi sesuai keinginan atau isi kode sesuai contoh berikut.
- Akun : untuk nama akun Optional
- Klasifikasi Akun : set klasifikasi akun sesuai contoh Apabila sudah terisi maka klik |Simpan|
Gb 3. Buat Akun Penampung Hutang Sementara
Kemudian akses menu |Kas/Bank| > |Penerimaan pembayaran| > |Penerimaan pembayaran| > Klik |New|
Gb 4. Akses Penerimaan Pembayaran
Langkah selanjutnya pilih customer (Anda bisa gunakan CASH) atau bisa dibuatkan customer atas nama owner Anda > Lalu klik |Pilih Akun|
Gunakan filter search akun, dengan isi klasifikasi "Hutang Lainnya" > Lalu klik |Refresh| > Pilih akun "Hutang Temporary" dengan klik akun > Lalu klik |OK|
Gb 6. Cari Akun Hutang Temporary
Kemudian masukan jumlah yang akan di terima pada kolom jumlah bayar, jika sudah tekan |Enter|
Gb 7. Inputkan Jumlah Penerimaan Uang
Klik tab |Cara Pembayaran| > Pilih |Cara Bayar|
Gb 8. Masuk Tab Cara Pembayaran
Input Cara Bayar dengan menggunakan tunai/transfer bank > Pilih akan dimasukkan ke kas/bank tujuan > Isi keterangan jika diperlukan > Klik |OK|
Gb 9. Input Jumlah Nominal Uang Diterima
Jika sudah klik |Save|
Gb 10. Klik Save Penerimaan Pembayaran
Cara Mengembalikan Pinjaman Modal Pemilik (Owner)
Masuk menu |Kas/Bank| > |Pembayaran| > |Pembayaran| > Klik |New|
Gb 11. Akses Pembayaran
Langkah selanjutnya pilih supplier (Anda bisa gunakan CASH) atau bisa dibuatkan supplier atas nama owner Anda > Lalu klik |Pilih Akun|
Gb 12. Pilih Akun Pembayaran
Gunakan filter search akun, dengan isi klasifikasi "Hutang Lainnya" > Lalu klik |Refresh| > Pilih akun "Hutang Temporary" dengan klik akun > Lalu klik |OK|
Gb 13. Cari Akun Hutang Temporary
Kemudian masukan jumlah yang akan di terima pada kolom jumlah bayar, jika sudah tekan |Enter|
Gb 14. Inputkan Jumlah Pembayaran
Klik tab |Cara Pembayaran| > Pilih |Cara Bayar|
Gb 15. Tab Pembayaran
Input Cara Bayar dengan menggunakan tunai/transfer bank > Pilih akan dibayarkan menggunakan kas/bank yang mana > Isi keterangan jika diperlukan > Lalu klik |OK|
Beeaccounting, software akuntansi berbasis desktop dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Powerful & fleksibel seperti program custom dengan kestabilan software jadi
Hallo Pebisnis. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara untuk mengubah setting enable Department pada Beeaccounting. Master Departemen digunakan sebagai
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.