Mengapa Beepos Desktop Bisa Cetak Nota Meski Stock Kurang?

Monday, 17 May 21
Zakky Ubaid
Zakky Ubaid
IT Support

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Hallo Pebisnis

Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai kenapa Beepos Desktop bisa input penjualan meski stocknya kurang atau bahkan tidak ada stock sama sekali.

Perlu diketahui bahwa, Beepos dan Beecloud saling terintegrasi. Jadi ketika input penjualan di Beepos Desktop, maka jika sudah melakukan upload transaksi, pada akhirnya penjualan tersebut akan masuk ke Beecloud.

Maksud dari datanya saling terintegrasi adalah, bahwasannya database Beecloud dan Beepos sejatinya tidak sama. Karena database Beepos berada pada komputer kasir, sedangkan database Beecloud berada pada Server BEE.

Jadi mengapa bisa input penjualan di Beepos Desktop meski stock kurang? Hal tersebut dikarenakan ketika simpan transaksi penjualan pada Beepos Desktop, tidak dilakukan Cek Stock terlebih dahulu. Agar penjualannya bisa terinput lebih cepat.

Namun, meski di Beepos bisa cetak nota, pada akhirnya, ketika transaksi tersebut sudah masuk Beecloud, penjualan tersebut tidak akan dianggap sebagai penjualan, jadi kas kasir tidak bertambah dan stock tidak berkurang. Dengan kata lain, transaksinya masih menggantung.

Silahkan cek ilustrasi dibawah ini:

  • Stock Oreo Coklat Cream 29.4 ada 21 PCS.

  • Gambar 1. Cek Stock

  • Kemudian dijual 30 PCS

  • Gambar 2. Jual 30 PCS

  • Penjualan tersebut memang bisa di cetak notanya. Namun, ketika transaksi tersebut masuk Beecloud, maka status transaksinya masih menggantung. Cara cek nya, bisa login ke app.beecloud.id, kemudian masuk menu Sistem – Daftar Syncpool

  • Gambar 3. Daftar Syncpool

  • Transaksi tersebut masih belum dianggap sebagai penjualan. Jika ingin diakui sebagai penjualan, maka bisa tambahkan stocknya terlebih dahulu kemudian proses ulang Daftar Syncpool-nya

  • Panduan lengkap mengenai Proses Daftar Syncpool bisa cek di:
    Rekomendasi Stock Pada Daftar Syncpool

Baca Juga:

Cara Cek Stock Pada Beepos Desktop

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :