Logo Bee Web
Panduan Beepos
Dipublish: Friday, 24 April 2020

Setting Hak Akses pada Menu Beepos Desktop

Penulis: Bayu Septian
Cari Panduan Lainnya

Hallo Sahabat Bee. .

Siapa sih yang ga mau tokonya aman? pasti semua menginginkan tokonya aman dari kecurangan karyawan, untuk membuat toko aman memang banyak cara salah satunya bisa menunjuk salah satu penanggung jawab toko agar dapat mengawasi operasional kasir, apakah pengawasan tersebut cukup? tentu saja tidak, nah disini saya akan menunjukan bagaimana cara membatasi akses user kasir agar tidak semena-mena dalam melakukan pekerjaannya, Langsung cek Tutorial dibawah.

  1. Login pada Beecloud (menggunakan akun utama) Lalu masuk pada menu [Sistem] > [Manajemen Pengguna]

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 1. Meru Sistem dan Manajemen Pengguna.

  2. Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan untuk mengatur user anda (manajemen pengguna), masuk pada tab [ROLE] tujuannya adalah untuk cek role pada user kasir tersebut, seperti gambar dibawah ini, role dari user franklin adalah SALE (Penjualan).

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 2. Tab Role.

  3. Karena kita sudah mengetahui ROLE dari user franklin, selanjutnya kita masuk pada tab [PRIVILEGE], pada role SALE klik logo pensil untuk edit setting hak akses role tersebut seperti gambar dibawah ini.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 3. Tab Privilege

  4. Selanjutnya akan muncul beberapa folder, folder-folder tersebutlah yang mengatur hak akses menu pada tiap-tiap menu yang berada pada beecloud dan beepos. Karena disini kita akan memberikan batasan akses pada menu Beepos Desktop, Klik icon "+" disamping folder Kasir.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 4. Folder Menu.

  5. Jika muncul beberapa sub folder seperti dibawah ini, tinggal kita pilih menu apa yang akan kita batasi aksesnya untuk user kasir tersebut, disini saya akan memberikan contoh untuk membatasi akses pemberian diskon. Maka bisa diklik folder Penjualan Kasir.

    Catatan: Jika belum muncul menu menunya, maka bisa klik tombol Copy terlebih dahulu

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 5. Tipe Akses pada Modul Penjualan Kasir.

  6. Untuk membatasi akses bisa menghilangkan ceklist pada masing-masing menu sesuai dengan yang kita kehendaki, disini saya akan membatasi akses pemberian diskon pada user kasir, maka saya hilangkan ceklist pada menu Edit Diskon lalu klik |Simpan|. Setiap perubahan setting hak akses pastikan simpan perubahan tersebut.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 6. Hilangkan Ceklist pada Menu yang Akan Dibatasi Aksesnya.

  7. Jika pada tahap ini selesai, buka Beepos Desktop, lalu lakukan Sinkron Data, jika sinkron data sudah selesai dan berhasil, lanjutkan dengan login menggunakan user yang sudah dibatasi akses sebelumnya.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 8. Sinkron Data pada Beepos Desktop.

  8. Sekarang kita akan mencoba apakah pembatasan akses menu tadi sudah berjalan pada beepos desktop, karena tadi yang saya batasi adalah pemberian diskon, maka saya akan mencari 1 item untuk dijual lalu klik pada menu [DISC ITEM].

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 9. Input Diskon Item pada Saat Input Transaksi Penjualan.

  9. Jika pembatasan akses menu berhasil maka akan muncul notifikasi hak akses seperti gambar dibawah ini.
    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 10. Permintaan Persetujuan Hak Akses.

    Namun jika pembatasan akses diatas belum berhasil, coba cek kembali settingan pada langkah nomor 5, cek pada folder menu, apakah sudah sesuai seperti yang saya jelaskan atau belum.

    Jika masih belum jelas, silahkan menghubungi tim Support kami agar dapat dipandu, Sekian dari saya. Let's Bee Free ?

Software Kasir Online

Beepos, aplikasi kasir online yang didesain untuk keamanan & kecepatan. Didesain bersama seorang kasir yang berpengalaman 11 tahun
Daftar Transaksi, Void dan Reprint Transaksi Penjualan Kredit Beepos Desktop
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara melihat daftar transaksi, void transaksi dan reprint/print ulang transaksi Penjualan Kredit
Baca Juga
Tampilkan Rekap Cara Pembayaran Beepos Desktop
Halo Pebisnis, Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara untuk menampilkan rekap cara pembayaran pada Beepos Desktop. Rekap cara pembayaran
Baca Juga
Cara Melihat Analisa Sesi dan Detail Pendapatan Shift Kasir Sebelumnya
Halo Pebisnis Pada panduan kali membahas Cara Melihat Analisa Sesi dan Detail Pendapatan Shift Kasir Sebelumnya, Klik menu Analisa, lalu Klik
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu