Panduan Tentang Sinkronisasi Data di Beepos Desktop

Wednesday, 23 October 19
Teguh Sup
Teguh Sup

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Dalam Beepos Desktop, terdapat sistem yang sudah tersusun dengan tujuan agar bisa lakukan transaksi kasir offline maupun online. Hal ini termasuk kelebihan Beepos dimana jika internet Anda trouble, maka Beepos masih bisa digunakan. Pada umumnya aplikasi kasir yang offline akan menyimpan data penjualan yang sudah dilakukan. Lalu bagaimana dengan Beepos?

  1. Sistem Beepos ketika online maupun offline akan menyimpan data penjualannya pada menu Daftar Sinkronisasi.
  2. Gambar 1.a Daftar Sinkronisasi

  3. Bila dalam keadaan offline, maka transaksi belum tersinkron dan statusnya adalah Ready. Dan apabila keadaan online maka secara otomatis daftar transaksi akan tersinkron atau terupload pada backend dan bila berhasil tersinkron maka statusnya adalah Synced.

  4. Gambar 2.a Data belum terupload

    Gambar 2.b Data sudah terupload

    Pada defaultnya data penjualan tersebut akan secara otomatis terupload dalam waktu 30 Menit dalam 1 paket. Maksudnya adalah bila dalam waktu 30 menit terdapat 20 transaksi, maka 20 transaksi tersebut akan menjadi 1 paket untuk di upload pada backendnya. Maksimal transaksi dalam 1 paket adalah 50 transaksi, apabila dalam 30 menit transaksi Anda mencapai 75 transaksi, maka akan menjadi 2 paket yang akan di upload pada backendnya.

  5. Sinkronisasi dapat dilakukan secara manual apabila Anda ingin meng-upload transaksi yang sudah dilakukan tanpa harus menunggu 30 menit. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl + B untuk membuka daftar sinkronisasi lalu tekan F5 untuk memulai proses sinkron.

  6. Gambar 3.a Sinkronisasi Manual

    Ketika Anda sudah menekan tombol F5, apabila sukses sinkron maka status akan berubah menjadi Synced.

  7. Untuk mengecek transaksi yang sudah terupload silahkan login di backend-nya yaitu http://app.beecloud.id, lalu silahkan buka menu |Sistem| – |Daftar Syncpool|

  8. Gambar 4.a Daftar syncpool

  9. Terdapat beberapa paket yang sudah di upload sebelumnya, silahkan Anda klik tombol mata untuk melihat isi paket tersebut.

  10. Gambar 5.a Melihat isi paket

    Gambar 5.b Daftar transaksi

  11. Namun yang masuk pada daftar syncpool adalah transaksi yang masih diakui sebagai “Draft” yang berarti belum ada omset yang Anda terima. Pada sistem sudah secara otomatis akan memposting transaksi tersebut menjadi penjualan real dalam waktu 2 menit setelah data transaksi masuk pada Daftar Syncpool.

  12. Gambar 6.a Memposting daftar syncpool

  13. Setelah selesai memposting, maka data tersebut sudah masuk pada Daftar Penjualan.
  14. Gambar 7.a Daftar penjualan

    Selamat Mencoba ^^

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :