Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi, dimana itu akan menentukan hak akses dan Role ( Peran ) pada sebuah perusahaan. Pada Beecloud kami sudah memfasilitasi anda dengan pemberian hak akses dan Role pada perusahaan anda.
Sebelum memberi hak akses dan Role pada Beecloud anda, pastikan anda menambahkan user baru atau pengguna baru pada Beecloud anda. Untuk bantuan membuat user baru. (Baca Juga : Cara Menambah Login User Pengguna)
Setelah anda menambahkan User baru sekarang kita setting Hak akses dan Role nya
Gambar 1.a Manajemen Pengguna
Grup disini semacam struktur organisasi pada perusahaan. Misal: Admin,Staff,Kasir, dan Gudang. Untuk menambahkan Grup baru klik |Tambah Baru|
Isikan Kode dan nama Grup ( Disini saya mencontohkan Membuat grup Staff )
Clone disini maksudnya adalah meniru atau cloning hak akses dari Grup lain, disini saya mencontohkan Group Staff akan meniru atau cloning dengan Group ADMIN Jika sudah klik [Simpan]
Maka bisa dilihat Grup Staff yang saya buat tadi muncul pada kolom Daftar Grup. Jika tidak muncul silahkan klik tombol Refresh
Berikutnya kita buat Hak Akses / Priviligenya, Caranya klik |Privilige| lalu Klik tombol |Refresh|
Gambar 5.a Refresh - Privillege
Lalu pada Grup yang baru saja kita buat klik logo Pensil
Disini adalah modul – modul hak akses dan Grup hak akses pada Beecloud.
Misal disini saya contohkan untuk Grup Staf tidak boleh membuka menu Sistem. Pertama – tama klik Sistem pada Modul
Setelah itu dibagian Grup Privilege dengan Keterangan “Aktifkan menu” maksudnya adalah menampilkan menu Sistem. Karena saya tidak ingin menampilkan menu Sistem pada Grup staff saya hilangkan centangnya
Lalu Klik [Simpan]
Gambar 8.a Aktifkan Menu Sistem
Selanjutnya saya ingin Grup Staff tidak boleh melakukan pembelian tanpa ijin. Pertama – tama klik icon ( + ) Disebelah Modul Pembelian
Lalu saya klik pada modul Permintaan Pembelian
Gambar 9.a Edit Modul
Maka muncul Grup Priviligenya dan saya coba hilangkan centang dengan keterangan “Aktifkan menu” karena saya tidak ingin Staff saya membuat Permintaan pembelian setelah itu
Klik [Simpan] lalu Klik [Ok]
Gambar 10.a Aktifkan Menu Permintaan Pembelian
Lakukan hal yang sama pada Order Pembelian (PO) dan Penerimaan Pembelian
Setelah itu pilih Sub Modul Pembelian
Pada Grup Privilege dengan keterangan “Buat Data Baru”
hilangkan centangnya agar Grup Staff tidak dapat melakukan pembelian tanpa ijin
Setelah itu Klik [Simpan] lalu [OK]
Gambar 12.a Modul Pembelian - Privillege
Selanjutnya kita masuk ke Role untuk memberikan peran pada user kita atau karyawan kita. Caranya klik [Role]
Lalu pada pilih salah satu user yang kita berikan peran / role dengan cara klik logo pensil
Gambar 13.a Role - Manajemen Pengguna
Selanjutnya untuk user yang dipilih akan muncul beberapa grup yang telah dibuat. Untuk menentukan Rolenya klik [Logo Panah Kanan]
Setelah itu User tersebut akan mendapatkan Role sesuai yang dipilih
Catatan: Disarankan hanya mempunyai satu Role
Setelah itu klik [Simpan] - lalu [Ok]
Sekarang coba login ke Beecloud dengan user yang telah disettingkan grup staff
Gambar 17.a Login Beecloud
Coba perhatikan tidak ada menu Sistem pada User yang kita beri Grup Staff
Lalu Coba klik Menu Pembelian
Gambar 18.a Menu Pembelian
Tidak ada menu Permintaan Pembelian, Order Pembelian, dan Penerimaan Pembelian
Gambar 19.a Menu Permintaan Pembelian, Order Pembelian, dan Penerimaan Pembelian
Setelah itu coba buat Pembelian dengan cara klik [Pembelian]
Lalu klik[Tambah Baru]
Maka akan muncul peringatan untuk membutuhkan hak akses karena Grup Staff tidak diijinkan membuat pembelian tanpa persetujuan atau approval
Baca juga: Cara Meminta Persetujuan / Aprroval Pada Beecloud