Web Logo Bee
Panduan Beecloud

Cara input De-Produksi Beecloud

Penulis: Rizky Kurniawan
Cari Panduan Lainnya
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 3 April 2020

Hallo Pebisnis,

Sudahkah mengetahui cara input de-produksi pada program Beecloud?

Dalam hal produksi barang bisa dilakukan dengan banyak cara yaitu dari beberapa bahan baku menjadi satu barang hasil produksi atau malah dari hanya satu bahan baku menjadi beberapa barang hasil produksi yang bisa kita sebut proses De-Produksi.

Dalam software akuntansi BeeCloud semua hal tersebut bisa dilakukan. Pada kesempatan kali ini akan kami tunjukkan cara melakukan proses De-Produksi , Berikut kami berikan tutorial atau cara penginputan cara De-Produksi pada program:

  1. Pertama kita harus membuat item yang akan dilakukan proses De-Produksi, kali ini kita akan membuat item kabel sebagai bahan baku yang bisa dijadikan beberapa kabel lain sebagai barang hasil produksi.
    • Masuk ke menu [Master] >  [Item] > [Tambah Baru]
    • Buat Item dengan klasifikasi BARANG JADI.
    • Disini kita buat 4 jenis barang yaitu Kabel 1000 Meter (Sebagai Bahan Baku), Kabel 500 Meter (Sebagai Barang Hasil De-produksi), Kabel 200 Meter (Sebagai Barang Hasil De-produksi), Kabel 100 Meter (Sebagai Barang Hasil De-produksi). Setelah selesai bisa di Simpan.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 1. Master Item

  2. Kemudian kita melakukan proses pembuatan B.o.M. (Bill of Material) yang bisa juga dibilang komposisi dari barang yang akan dilakukan produksi atau De-produksi.
    • Melalui menu [Produksi] > [Bill of Material] > [Tambah Baru]

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 2. BOM (Bill Of Material)

    • Setelah masuk bisa dipilih Tipe dari produksi tersebut menjadi De-Produksi, kemudian dipilih Nama dari bahan baku tersebut yang akan dilakukan De-Produksi, dan masukkan Jumlah dari barang yang akan di De-Produksi.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 3. Input BOM (Bill Of Material) Baru

    • Selanjutnya inputkan hasil dari seluruh barang hasil produksi tersebut di kolom ‘Cari Item’. Saat selesai memilih seluruh item bisa dicek terlebih dahulu item yang memang digunakan. Setelah selesai bisa di Simpan.
  3. Setelah selesai membuat B.o.M. maka bisa dilakukan proses De-Produksi yang diinginkan sesuai dengan B.o.M. yang telah dibuat.
    • Untuk penginputannya bisa dilakukan seperti cara berikut : [Produksi] > [Produksi B.O.M] > [Tambah Baru]

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 4. Produksi BOM

    • Setelah masuk ke menu Produksi B.o.M. maka langkah awal bisa diinputkan Customer, kemudian pilih Tipe menjadi De-Produksi, selanjutnya  masukkan B.o.M. pada tombol Kaca Pembesar, pilih B.o.M. yang telah dibuat dan juga masukkan jumlah produksi yang akan dibuat, misalkan ingin membuat 3 hasil produksi maka diinputkan angka 3 pada window baru yang keluar namun jika hanya 1 saja bisa langsung klik tombol OK.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 5. Form Produksi BOM

    • Disana bisa dicek juga hasil produksi yang sesuai dari bahan baku B.o.M. yang dibuat berikut kolom – kolom yang ada.
      Terdapat kolom Persentase yang harus kita set. Disini kita buat 3 item dengan hasil harus menjadi 100% yang akan mempengaruhi HPP pada masing – masing item tersebut. Contoh : jika saya punya kabel 1000 meter tersebut seharga Rp. 100.000 maka dari 3 item tersebut harus sesuai dengan logika, jadi kita buat yang kabel 500 meter sebesar 50%, kabel 200 meter sebesar 40%, dan kabel 100 meter sebesar 10%.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 6. Hasil Produksi dan Prosesntase HPP

  4. Meskipun telah selesai melakukan proses De-Produksi, tetapi barang – barang yang ada belum masuk kedalam stok barang.
    • Untuk membuat barang - barang tersebut masuk kedalam stok kita maka bisa dilakukan dengan masuk ke menu [Produksi] > [Produksi B.o.M.] kemudian klik ikon / gambar pensil untuk editing yang selanjutnya akan diteruskan pada form ‘Update Produksi B.o.M’.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 7. Tutup Produksi

    • Lakukan proses Tutup Produksi dengan klik tombol |Tutup Produksi| agar hasil dari produksi bisa masuk kedalam stok dan selanjutnya bisa kita lakukan proses transaksi lain – lain.
  5. Untuk hasil akhirnya bisa kita lihat pada menu [Stok] > [Lihat Stok].
    • Bisa dilihat bahwa stok kabel 1000 Meter telah berkurang dan stok kabel yang lain telah bertambah sesuai dengan hasil De-Produksi yang dilakukan.

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 8. Liha Stock

    • Berikut Laporan dari Detail Produksi yang telah dilakukan

      Cara input De-Produksi Beecloud

      Gambar 9. Detail Produksi

Software Akuntansi Online

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Impor Transfer Stok Pada Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Impor Transfer Stok Pada Beecloud. Transfer stok adalah proses […]
Baca Juga
Melihat Laporan Riwayat Keluar Masuk Nilai Kas/Bank - BC
Hallo Pebisnis, Jika anda ingin melihat laporan riwayat transaksi keluar masuk dari kas / bank yang anda miliki, anda bisa […]
Baca Juga
Daftar Menu Hilang di Beecloud
Halo Pebisnis Apakah anda mengalami kendala daftar semua menu hilang saat login di Beecloud ? Lakukan langkah berikut untuk solusi […]
Baca Juga
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu