Logo Bee Web
Panduan Beeaccounting
Dipublish: Friday, 6 March 2020

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Penulis: Aditya Vahresi
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis,

Sudahkah mengetahui cara input pinjaman uang kepada customer Beeaccounting?

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara input pinjaman uang customer di software akuntansi Bee Accounting

A. Membuat / Menyesuaikan Master Mitra Bisnis

1. Langkah pertama adalah pastikan anda telah membuat Mitra Bisnis atas nama customer yang akan melakukan pinjaman uang.
Caranya masuk ke menu [Master] > [Mitra Bisnis] > [Mitra Bisnis]

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 1. Menu Master Mitra Bisnis

2. Isikan data Mitra Bisnis, lalu tambahkan 2 Tipe Mitra Bisnis, yaitu : Supplier & Customer. Klik Save

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 2. Detail Master Mitra Bisnis

B. Membuat Akun Baru Penampung

1. Langkah selanjutnya adalah membuat akun penampung untuk nominal pinjaman uang itu sendiri.
Masuk ke menu [Akuntansi] > [Daftar Akun]

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 4. Menu Daftar Akun

2. Melihat daftar akun klasifikasi yang diinginkan
Diarahkan |Klasifikasi Akun| > Refresh|

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 5. Melihat Daftar Akun Berdasar Klasifikasi Tertentu

3. Setelah itu klik New untuk membuat akun baru.
Isikan data akun baru sebagai berikut :
- No. Akun                    : Nomor urut akun terakhir dari daftar akun dengan klasifikasi Piutang Lainnya
- Nama                           : Pinjaman Uang Kepada Customer
- Klasifikasi Akun    : Piutang Lainnya

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 6. Detail Akun Baru

C. Input Pencatatan Pinjaman uang itu sendiri.

1. Pembayaran
Masuk ke menu [Kas/Bank] - Pembayaran - Pembayaran

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 7. Menu Pembayaran

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 8. Pilih Akun

2. Memilih Akun
Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya, lalu klik Refresh.
Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer, lalu klik OK

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 9. Memilih Akun

3. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pinjaman uang customer, lalu klik tab Cara Pembayaran

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 10. Akun Terpilih

4. Pada tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar lalu isikan detail pembayaran sebagai berikut :
- Cara Bayar          : Cara pemberian pinjaman uang itu sendiri
- Kas/Bank             : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk memberikan pinjaman uang
- Jumlah                 : Nominal pinjaman uang (Misal Rp 1.500.000,-)
- Keterangan         : (Berikan keterangan bila perlu)

Setelah itu klik Save

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 11. Detail Cara Pembayaran

D. Pembayaran / Cicilan Pinjaman

1. Masuk ke menu [Kas/Bank] > [Penerimaan Pembayaran] > [Penerimaan Pembayaran]

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 12. Penerimaan Pembayaran

2. Pilih customer yang ingin melakukan pembayaran, lalu klik Pilih Akun

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 13. Pilih Customer dan Pilih Akun

3. Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya > lalu klik Refresh.
Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer > lalu klik OK

4. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pembayaran/cicilan customer atas pinjaman uang itu sendiri > lalu klik tab [Cara Pembayaran]

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 14. Akun Terpilih

5. Pada tab Cara Pembayaran > klik Cara Bayar lalu isikan detail penerimaan pembayaran/cicilan sebagai berikut :
- Cara Bayar          : Cara penerimaan pembayaran/cicilan dari customer
- Kas/Bank             : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk menampung uang dari pembayaran/cicilan customer
- Jumlah                 : Nominal uang yang diterima (Misal Rp 250.000,-)
- Keterangan         : (Berikan keterangan bila perlu)

Setelah itu klik Save

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 15. Detail Cara Pembayaran

6. Berikut adalah saldo yang tersisa dari akun Pinjaman Uang Kepada Customer.
Saldo yang tercatat sebesar Rp 1.250.000,- hasil dari Pinjaman yang diberikan sebesar Rp 1.500.000,- dikurangi penerimaan pembayaran/cicilan dari customer sebesar Rp 250.000,-

Input Pinjaman Uang kepada Customer - Beeaccounting

Gambar 16. Contoh Laporan Neraca Informasi Saldo Akun Pinjaman

Software Akuntansi

Beeaccounting, software akuntansi berbasis desktop dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Powerful & fleksibel seperti program custom dengan kestabilan software jadi
Setting Cara Minimal Pencarian Huruf POS Kasir Beeaccounting
Hallo Pebisnis, Dalam panduan kali ini akan di jelaskan bagaimana cara setting minimal pencarian item pada POS kasir Beeacounting, Sebagai
Baca Juga
Cara Install Ulang Program Beeaccounting
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Install Ulang Program Beeaccounting. Sebelum dilakukan install ulang pastikan
Baca Juga
Setting Wajib Input Salesman Pada Penjualan Beeaccounting
Halo Pebisnis. Pencatatan Salesman saat penjualan terkadang merupakan hal yang penting dan tidak ingin dilewatkan. Agar tidak terlupa saat melakukan
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu