Setting Hak Akses pada Menu Beepos Desktop

Friday, 24 April 20
Bayu Septian
Bayu Septian
Terus Belajar dan Tumbuh

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Hallo Sahabat Bee. .

Siapa sih yang ga mau tokonya aman? pasti semua menginginkan tokonya aman dari kecurangan karyawan, untuk membuat toko aman memang banyak cara salah satunya bisa menunjuk salah satu penanggung jawab toko agar dapat mengawasi operasional kasir, apakah pengawasan tersebut cukup? tentu saja tidak, nah disini saya akan menunjukan bagaimana cara membatasi akses user kasir agar tidak semena-mena dalam melakukan pekerjaannya, Langsung cek Tutorial dibawah.

  1. Login pada Beecloud (menggunakan akun utama) Lalu masuk pada menu Sistem > Manajemen Pengguna
    Setting Hak Akses pada Menu Beepos
  2. Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan untuk mengatur user anda(manajemen pengguna), masuk pada tab ROLE tujuannya adalah untuk cek role pada user kasir tersebut, seperti gambar dibawah ini, role dari user franklin adalah SALE (Penjualan).

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 2. ROLE

  3. Karena kita sudah mengetahui ROLE dari user franklin, selanjutnya kita masuk pada tab PRIVILEGE ,pada role SALE klik logo pensil seperti gambar dibawah ini.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 3. Privilege

  4. Selanjutnya akan muncul beberapa folder, folder-folder tersebutlah yang mengatur hak akses menu pada tiap-tiap menu yang berada pada beecloud dan beepos. Karena disini kita akan memberikan batasan akses pada menu Beepos Desktop, Klik icon “+” disamping folder Kasir.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 4. Folder Menu

  5. Jika muncul beberapa sub folder seperti dibawah ini, tinggal kita pilih menu apa yang akan kita batasi aksesnya untuk user kasir tersebut, disini saya akan memberikan contoh untuk membatasi akses pemberian diskon. Maka bisa diklik folder Penjualan Kasir.

    Catatan: Jika belum muncul menu menunya, maka bisa klik Copy terlebih dahulu

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 5. Kumpulan menu pada penjualan kasir

  6. Gambar diatas (Gambar 5) menunjukan beberapa menu yang bisa kita batasi, untuk membatasi akses bisa menghilangkan ceklist pada masing2 menu sesuai dengan yang kita kehendaki, disini saya akan membatasi akses pemberian diskon pada user kasir, maka saya hilangkan ceklist pada menu Edit Diskon lalu klik Simpan.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 6. Hilangkan Ceklist pada menu yang akan dibatasi aksesnya

  7. Jika pada tahap ini selesai, buka Beepos Desktop, lalu lakukan Syncron Data, jika syncron data sudah selesai dan berhasil, lanjutkan dengan login menggunakan user yang sudah dibatasi akses sebelumnya.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 8. Syncron Data

  8. Sekarang kita akan mencoba apakah pembatasan akses menu tadi sudah berjalan pada beepos desktop, karena tadi yang saya batasi adalah pemberian diskon, maka saya akan mencari 1 item untuk dijual lalu klik pada menu DISC ITEM.

    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 9. DISC ITEM

  9. Jika pembatasan akses menu berhasil maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.
    Setting Hak Akses pada Menu Beepos

    Gambar 10. Permintaan Persetujuan

    Namun jika pembatasan akses diatas belum berhasil, coba cek kembali settingan pada langkah nomor 5, cek pada folder menu, apakah sudah sesuai seperti yang saya jelaskan atau belum.

    Jika masih belum jelas, silahkan menghubungi tim Support kami agar dapat dipandu, Sekian dari saya. Let’s Bee Free 😉

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :