Kegunaan Akun Unbilled Receive dan Unbilled Delivery di Beecloud

Wednesday, 21 July 21
Aditya Vahresi
Aditya Vahresi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Hallo Pebisnis,

Dikesempatan kali ini kami membahas Kegunaan akun Unbilled Receive dan Unbilled Delivery , dimana kedua akun ini memiliki perbedaan penggunaan dalam fitur menu Penerimaan Pembelian dan Pengiriman. Berikut penjelasannya

 

Unbilled Receive

Yaitu akun yang berfungsi sebagai akun penampung transaksi yang berasal dari Penerimaan Pembelian, dimana semua transaksi penerimaan Pembelian yang masih belum diinput di pembelian. Bisa dilihat di menu Akuntansi -> Jurnal Umum -> lalu view nota penerimaan pembeliannya, maka nilai akun Unbilled Receive akan tercatat di kolom Kredit, seperti gambar berikut :

Gambar 1 : Jurnal di transaksi penerimaan pembelian

Kenapa Akun Unbilled Receive masuk di Kredit? karena saat penerimaan pembelian, kita tidak mengeluarkan uang untuk melakukan pembelian, tapi barang yang kita pesan di order pembelian sudah kita dapat. Maka dari itu dijurnal ini akun Unbilled Receive di Kredit dan Akun Persediaan Barang Dagang masuk ke Debit

Apabila dari nota penerimaan pembelian tersebut sudah dilakukan pembelian, maka di jurnal umum akan tercatat seperti berikut :

Gambar 2 : Jurnal Unbilled Receive saat input pembelian

Hal tersebut terjadi setelah kita lakukan input pembelian dari nota pengiriman, secara otomatis akun tersebut akan berada di kolom Debit, dan di kolom kredit meyesuaikan apakah pembelian tersebut pembayarannya tunai / hutang, seperti di gambar karena transaksi pembeliannya hutang, maka di kolom kredit tertera akun hutang usaha.

 

Unbilled Delivery

Secara pengertian hampir sama dengan Unbilled Receive, namun akun Unbilled Delivery berkaitan dengn transaksi pengiriman. Bisa dilihat di menu Akuntansi -> Jurnal Umum -> lalu view nota pengirimannya, maka nilai akun Unbilled Delivery akan tercatat di kolom Debit, seperti gambar berikut :

Gambar 3 : Jurnal Unbilled Delivery transaksi Pengiriman

Kenapa Akun Unbilled Delivery masuk di Debit? Penjelasannya hampir sama seperti dengan Akun Unbilled Receive, namun hal ini berkaitan dengan customer yang sudah kita kirim barang yang dia pesan di order penjualan, namun belum terinput di penjualan.

Apabila dari nota pengiriman tersebut sudah dilakukan penjualan, maka di jurnal umum akan tercatat seperti berikut :

Gambar 4 : Jurnal dari transaksi penjualan dengan impor data pengiriman

Hal tersebut terjadi setelah kita lakukan input penjualan dari impor nota pengiriman, secara otomatis akun tersebut akan berada di kolom Kredit, dan di kolom Debit akan menampilkan akun Harga Pokok Penjualan yang sesuai dengan nilai akun Unbilled Delivery.

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :