Cara input Grup, Privilege, Dan Role

Tuesday, 17 March 20
Teguh Sup
Teguh Sup

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi, dimana itu akan menentukan hak akses dan Role   ( Peran ) pada sebuah perusahaan. Pada Beecloud kami sudah memfasilitasi anda dengan pemberian hak akses dan Role pada perusahaan anda.

Sebelum memberi hak akses dan Role pada Beecloud anda, pastikan anda menambahkan user baru atau pengguna baru pada Beecloud anda. Untuk bantuan membuat user baru. (Baca Juga : Cara Menambah Login User Pengguna)

Setelah anda menambahkan User baru sekarang kita setting Hak akses dan Role nya

  1.  Pertama – tama klik menu [Sistem]  > [Manajemen Pengguna]  > |Grup|

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 1.a Manajemen Pengguna

  2. Grup disini semacam struktur organisasi pada perusahaan. Misal: Admin,Staff,Kasir, dan Gudang. Untuk menambahkan Grup baru klik |Tambah Baru|

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 2.a Tambah Baru – Group

  3. Isikan Kode dan nama Grup ( Disini saya mencontohkan Membuat grup Staff )
    Clone disini maksudnya adalah meniru atau cloning hak akses dari Grup lain, disini saya mencontohkan Group Staff akan meniru atau cloning dengan Group ADMIN Jika sudah klik [Simpan]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 3.a Simpan – Group

  4. Maka bisa dilihat Grup Staff yang saya buat tadi muncul pada kolom Daftar Grup. Jika tidak muncul silahkan klik tombol Refresh

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 4.a Group Baru

  5. Berikutnya kita buat Hak Akses / Priviligenya, Caranya klik |Privilige| lalu Klik tombol |Refresh|

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 5.a Refresh – Privillege

  6. Lalu pada Grup yang baru saja kita buat klik logo Pensil

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 6.a Edit Privillege

  7. Disini adalah modul – modul hak akses dan Grup hak akses pada Beecloud.
    Misal disini saya contohkan untuk Grup Staf tidak boleh membuka menu Sistem. Pertama – tama klik Sistem pada Modul

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 7.a Edit Modul Sistem – Privillege

  8. Setelah itu dibagian Grup Privilege dengan Keterangan “Aktifkan menu” maksudnya adalah menampilkan menu Sistem. Karena saya tidak ingin menampilkan menu Sistem pada Grup staff saya hilangkan centangnya
    Lalu Klik [Simpan]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 8.a Aktifkan Menu Sistem

  9. Selanjutnya saya ingin Grup Staff tidak boleh melakukan pembelian tanpa ijin. Pertama – tama klik icon ( + ) Disebelah Modul Pembelian
    Lalu saya klik pada modul Permintaan Pembelian

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 9.a Edit Modul

  10. Maka muncul Grup Priviligenya dan saya coba hilangkan centang dengan keterangan “Aktifkan menu” karena saya tidak ingin Staff saya membuat Permintaan pembelian setelah itu
    Klik [Simpan]  lalu Klik [Ok]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 10.a Aktifkan Menu Permintaan Pembelian

  11. Lakukan hal yang sama pada Order Pembelian (PO) dan Penerimaan Pembelian

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 11.a Modul Order Pembelian dan Penerimaan Pembelian

  12. Setelah itu pilih Sub Modul Pembelian
    Pada Grup Privilege dengan keterangan “Buat Data Baru”
    hilangkan centangnya agar Grup Staff tidak dapat melakukan pembelian tanpa ijin
    Setelah itu Klik [Simpan]  lalu [OK]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 12.a Modul Pembelian – Privillege

  13. Selanjutnya kita masuk ke Role untuk memberikan peran pada user kita atau karyawan kita. Caranya klik [Role]
    Lalu pada pilih salah satu user yang kita berikan peran / role dengan cara klik logo pensil

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 13.a Role – Manajemen Pengguna

  14. Selanjutnya untuk user yang dipilih akan muncul beberapa grup yang telah dibuat. Untuk menentukan Rolenya klik [Logo Panah Kanan]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 14.a Pengarahan Group – Role

  15. Setelah itu User tersebut akan mendapatkan Role sesuai yang dipilih

    Catatan: Disarankan hanya mempunyai satu Role

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 15.a Group Terpilih – Role

  16. Setelah itu klik [Simpan]  – lalu [Ok]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 16.a Simpan Pengaturan – Role

  17. Sekarang coba login ke Beecloud dengan user yang telah disettingkan grup staff

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 17.a Login Beecloud

  18. Coba perhatikan tidak ada menu Sistem pada User yang kita beri Grup Staff
    Lalu Coba klik Menu Pembelian

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 18.a Menu Pembelian

  19. Tidak ada menu Permintaan Pembelian, Order Pembelian, dan Penerimaan Pembelian

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 19.a Menu Permintaan Pembelian, Order Pembelian, dan Penerimaan Pembelian

  20. Setelah itu coba buat Pembelian dengan cara klik [Pembelian]
    Lalu klik[Tambah Baru]

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 20.a Tambah Baru – Transaksi Pembelian

  21. Maka akan muncul peringatan untuk membutuhkan hak akses karena Grup Staff tidak diijinkan membuat pembelian tanpa persetujuan atau approval

    Cara input Grup_Privilige_dan_Role

    Gambar 21.a Autentikasi Hak Akses

     

Baca juga: Cara Meminta Persetujuan / Aprroval Pada Beecloud

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :