Input Pinjaman Uang kepada Customer

Friday, 6 March 20
Zakky Ubaid
Zakky Ubaid
IT Support

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Berikut akan dijelaskan step-by-step cara input pinjaman uang customer di software akuntansi Bee Accounting

1. Langkah pertama adalah pastikan anda telah membuat Mitra Bisnis atas nama customer yang akan melakukan pinjaman uang. Caranya masuk ke menu [Master] – Mitra Bisnis – Mitra Bisnis

2. Isikan data Mitra Bisnis, lalu tambahkan 2 Tipe Mitra Bisnis, yaitu : Supplier & Customer. Klik Save untuk menyimpan data

3. Langkah selanjutnya adalah membuat akun penampung untuk nominal pinjaman uang itu sendiri dengan cara masuk ke menu [Akuntansi] – Daftar Akun

4. Setelah itu klik New untuk membuat akun baru. Isikan data akun baru sebagai berikut :
– No. Akun              : Nomor urut akun terakhir dari daftar akun dengan klasifikasi Piutang Lainnya
– Nama                   : Pinjaman Uang Kepada Customer
– Klasifikasi Akun    : Piutang Lainnya

5. Selanjutnya adalah melakukan pencatatan pinjaman uang itu sendiri. Masuk ke menu [Kas/Bank] – Pembayaran – Pembayaran

6. Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya, lalu klik Refresh. Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer, lalu klik OK

7. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pinjaman uang customer, lalu klik tab Cara Pembayaran

8. Pada tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar lalu isikan detail pembayaran sebagai berikut :
– Cara Bayar          : Cara pemberian pinjaman uang itu sendiri
– Kas/Bank             : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk memberikan pinjaman uang
– Jumlah                 : Nominal pinjaman uang (Misal Rp 1.500.000,-)
– Keterangan         : (Berikan keterangan bila perlu)

Setelah itu klik Save untuk menyimpan data

9. Langkah selanjutnya adalah pencatatan di Bee Accounting ketika customer tersebut melakukan pembayaran/cicilan atas uang yang telah dipinjam. Masuk ke menu [Kas/Bank] – Penerimaan Pembayaran – Penerimaan Pembayaran

10. Pilih customer yang ingin melakukan pembayaran, lalu klik Pilih Akun

11. Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya, lalu klik Refresh. Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer, lalu klik OK

12. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pembayaran/cicilan customer atas pinjaman uang itu sendiri, lalu klik tab Cara Pembayaran

13. Pada tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar lalu isikan detail penerimaan pembayaran/cicilan sebagai berikut :
– Cara Bayar          : Cara penerimaan pembayaran/cicilan dari customer
– Kas/Bank             : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk menampung uang dari pembayaran/cicilan customer
– Jumlah                 : Nominal uang yang diterima (Misal Rp 250.000,-)
– Keterangan         : (Berikan keterangan bila perlu)

Setelah itu klik Save untuk menyimpan data

14. Berikut adalah saldo yang tersisa dari akun Pinjaman Uang Kepada Customer. Saldo yang tercatat sebesar Rp 1.250.000,- hasil dari Pinjaman yang diberikan sebesar Rp 1.500.000,- dikurangi penerimaan pembayaran/cicilan dari customer sebesar Rp 250.000,-

Bagikan jika tutorial ini bermanfaat :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Panduan Yang Mungkin Juga Anda Butuhkan :