Cara Input Biaya Administrasi Bank
Berikut akan dijelaskan step-by-step cara input Biaya Administrasi Bank di software akuntansi Bee Accounting.
- Buat Mitra Bisnis : Bank yang bersangkutan
– Masuk ke menu [Master] > Pilih [Mitra Bisnis] > Pilih [Mitra Bisnis]. (membuat mitra bisnis baru atas nama bank yang bersangkutan).
– Klik tombol |New| > Pilih |As Supplier|
– Klik tombol |Save| untuk menyimpan data.Gambar 1.a Master > Mitra Bisnis
Gambar 1.b Mitra Bisnis As Supplier
Gambar 1.c Informasi Mitra Bisnis
*Note :
A. Isikan data dari bank yang bersangkutan, sebagai contoh : Bank ABC.
B. Pilih Tipe mitra bisnis, sebagai contoh : Supllier. - Membuat Akun Biaya Administrasi Bank
– Masuk menu [Akuntansi] > Pilih [Daftar Akun]
– Tentukan |Klasifikasi Akun| ke “Biaya Operasional” > Klik tombol |Refresh|
– Tekan tombol |New|
– Isi informasi akun (No. Akun : diisi urutan akun yang udah dibuat sesuai klasifikasi, Nama : nama akun yang dikehendaki, Klasifikasi Akun : sesuai yang diarahkan)
– Klik |Save| untuk menyimpanGambar 2.a Daftar Akun
Gambar 2.b Buat Akun Baru
Gambar 2.c Informasi Akun Baru
- Input Biaya Administrasi Bank
– Masuk ke menu [Kas/Bank] > Pilih [Pembayaran] > Pilih [Pembayaran]
– Klik |New|
– Pilih |Supplier| > Pilih |Akun|
– |Klasifikasi Akun| diarahkan pada “Biaya Operasional” > Klik |Refresh| > Pilih |Akun| yang sesuai > Klik |OK|
– Isi |Jumlah Bayar|
– Klik |Cara Bayar| > Pilih Cara Bayar, Kas/ Bank yang digunakan, memastikan Jumlah Bayar sesuai dengan pembayaran dan Keterangan diisi
– Klik |Save| untuk menyimpanGambar 3.a Kas/Bank > Pembayaran
Gambar 3.b Transaksi Pembayaran Baru
Gambar 3.c Pilih Supplier dan Akun
Gambar 3.d Akun Terpilih
Gambar 3.e Input Jumlah Bayar
Gambar 3.f Cara Bayar
Gambar 3.g Detail Cara Pembayaran
Gambar 3.h Simpan Transaksi Pembayaran
- Tampilan laporan Laba/Rugi
Gambar 4.a Laporan Laba/ Rugi
- Jurnal Umum Transaksi Pembayaran
Gambar 5.a Jurnal Transaksi