Sering kali kita menjumpai beberapa Supplier mengirimkan barang yang sudah kita order sebelumnya tanpa menerbitkan tagihan, sehingga kita hanya menerima barang yang sudah kita order namun tidak dengan tagihannya.
Nah.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Invoice tagihan (Invoice pembelian) dengan melanjutkan transaksi dari modul Penerimaan Pembelian.
Berikut Langkah - Langkah Pembuatan Invoice Pembelian setelah Barang Diterima BeeAccounting :
A. Input Order Pembelian
Pada Tanggal 20-10-2021,masuk menu Pembelian– Order Pembelian.Kemudian klik Tambah Baru. Input order penjualan sesuai kebutuhan. Contoh seperti pada foto berikut:
Gambar 1. Transaksi Order Pembelian
Jika sudah diinput sesuai kebutuhan, maka klik Simpan.
Pada tanggal 25-10-2021 Masuk menu [Pembelian– Penerimaan Pembalian],kemudian klik |Tambah Baru| – |Pilih Supplier| – |Impor Data| – |Impor Order Pembelian(P.O)| – |Simpan|.Contoh seperti pada foto berikut:
Gambar 2. Transaksi Penerimaan Pembelian
Jika sudah diinput sesuai kebutuhan qty yang dikirim, dan sudah klik Simpan.Otomatis stock akan bertambah
Pada tanggal 28-10-2021 Masuk menu [Pembelian – Pembelian],kemudian klik |Tambah Baru|
Selanjutnya |Pilih Customer| – |Impor Data|
Pilih |Impor Pengiriman| Gambar 3. Impor Penerimaan Pembelian
Pilih Nomor Pengiriman, |OK| Gambar 4. Pilih Nomor Penerimaan Pembelian
Detail Item Penjualan yang akan difakturkan,|Save| untuk menyimpan Pembelian
Gambar 5. Detail Penerimaan Pembelian Dilanjutkan Pembelian
Catatan :
Qty pada Menu Pembelian tidak dapat dirubah kembali,Qty tersebut mengikuti dari menu Penerimaan Pembelian
Selesai
Input transaksi penerimaan pembelian menjadi pembelian sudah selesai.
Gambar 6. Input Transaksi Berhasil
Perhatian :
Mungkin dalam berjalannya waktu terdapat gambar atau alur yang tidak sesuai dengan Beecloud/Beepos/Beeaccounting yang anda gunakan, hal ini disebabkan karena adanya update pada program, Laporkan pada kami jika anda menemukan adanya ketidak sesuaian.
Software Akuntansi
Beeaccounting, software akuntansi berbasis desktop dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Powerful & fleksibel seperti program custom dengan kestabilan software jadi
Jam Operasional: senin - jumat jam 09.00 - 16.00 wib
Siap Mengubah Cara Anda Mengelola Bisnis
Sejak 2010, Bee telah berdedikasi untuk membantu Pengusaha di seluruh Indonesia dalam mengatasi tantangan laporan akuntansi dan keuangan. Kami siap mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.
Bee.id adalah brand dari PT BITS Miliartha, perusahaan penyedia software akuntansi terbaik dan aplikasi pembukuan usaha untuk membantu pemilik bisnis dan akuntan mengelola keuangan secara lebih cepat, mudah, dan akurat. Sebagai solusi akuntansi UMKM yang telah digunakan ribuan pengguna di seluruh Indonesia, Bee siap bantu bisnis Anda berkembang lebih efisien. Coba sekarang! Gratis Trial atau jadwalkan Demo Gratis bersama Tim Bee.