⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Thursday, 6 April 2023

Mengaktifkan Setting Harga Termasuk Pajak Beecloud 3.0

Penulis: Bayu Septian
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis,

Pada saat anda membeli suatu barang umumnya anda akan dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Pajak-pajak yang harus kita bayar tersebut telah termasuk dalam harga jual, tetapi ada pula yang belum termasuk dari nilai pajak. Atau bisa kita bagi menjadi :

  1. Barang belum termasuk pajak
    • Contohnya ketika anda membeli barang dengan harga Rp 10.000, harga tersebut adalah DPP (Dasar Pengenaan Pajak). Lalu berapa nilai harga jual dan PPNnya ? berikut rinciannya :
      • DPP = Rp 10.000
      • PPN = Rp 10.000 * 10 % = Rp 1.000
      • Harga Jual = Rp 10.000 + Rp 1.000 = Rp 11.000
  2. Barang sudah termasuk pajak
    • Dengan contoh yang sama yaitu anda membeli barang dengan harga Rp 10.000, harga tersebut adalah harga yang sudah termasuk DPP + PPN. Lalu berapa nilai DPP dan PPNnya ? berikut rincinanya :
      • Harga Jual = Rp 10.000
      • DPP = Rp 10.000 / 1,1 = 9.090,909
      • PPN = Rp 10.000 - Rp 909,09 = Rp 919,191

Berikut adalah contoh dari Transaksi barang sudah termasuk pajak

1

Gb 1. Transaksi Termasuk Pajak

Untuk mengaktifkan harga termasuk pajak tersebut lakukan langkah berikut :

  1. Masuk menu [Pengaturan] -> [Umum] -> [Sistem] pada kolom |Cari|. ketik "Pajak" -> Set ON pada Harga Ternasuk Pajak seperti gambar 2.

    2

    Gb 2. Pengaturan

  2. Maka ketika anda akan membuat transaksi, cekbox harga termasuk pajak akan muncul. Ceklist jika transaksi yang anda buat memang sudah termasuk pajak.

    3

    Gb 3. Tampil Checkbox Harga Termasuk Pajak

Langkah selanjutnya bisa anda lakukan jika vendor/supplier dan pelanggan/customer anda, pada setiap transaksi yang anda buat harga yang diberikan sudah termasuk pajak (Membuat default harga termasuk pajak otomatis ceklist).

Tujuannya tidak lain agar tidak lupa menceklist harga termasuk pajak jika memang pada mitra tersebut harga yang diberikan sudah termasuk pajak.

  1. Buka mitra bisnis yang ingin anda buat default harga termasuk pajaknya terceklist pada [Master] -> [Mitra Bisnis] -> |Edit|. (Baca juga: Cara Membuat Mitra Bisnis )

    4

    Gb 4. Edit Mitra Bisnis

  2. Pada tab "Bank/Pajak" ceklist bagian harga termasuk pajak (Gambar 5). Sekedar info saja, jika anda menceklist harga termasuk pajak otomatis pajak juga akan terceklist. Jika selesai pilih |Simpan|

    5

    Gb 5. Checklist Harga Termasuk Pajak

  3. Selanjutnya bisa anda cek pada saat membuat transaksi misal penjualan, setelah memilih customer otomatis cekbox harga termasuk pajak akan terceklist/centang.

    6

    Gb 6. Sudah Termasuk Pajak

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Cepat Impor BOM Beecloud 3.0
Hallo Pebisnis, Sudahkah mengetahui cara input BoM secara massal / banyak pada Beecloud ? Jika anda merasa kewalahan untuk input
Baca Juga
Edit Dan Hapus Transaksi Penjualan Pada Beecloud Sales Order
Halo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai cara Edit Dan Hapus Transaksi Penjualan Pada Beecloud Sales Order. Untuk
Baca Juga
Perbarui Data Beecloud Sales Order
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara perbarui data Beecloud Sales Order secara manual. Ketika melakukan penambahan atau
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu